Alasan Emas 24 Karat Harus Digunakan atau Tidak

Kita sering mendengar istilah emas 24 karat untuk menggambarkan nilai emas yang paling mahal. Secara definisi emas 24 karat artinya emas dengan komposisi yang terdiri hanya dari emas tulen. Hal ini menghasilkan tampilan yang lebih cerah dan memiliki warna kuning yang sangat kuat.

Emas 24 karat bukanlah emas yang cocok digunakan sebagai perhiasan, hal ini dibuktikan dengan emas yang banyak kita temui di pasaran bukanlah emas 24 karat, melainkan 14 atau 18 karat. Jika Anda masih berhasrat untuk membeli emas 24 karat, kami akan coba memperingatkan Anda tentang hal apa saja yang harus perhatikan sebelum membeli emas jenis ini sehingga Anda mudah untuk memutuskan apakah emas 24 karat layak digunakan atau tidak.

  • Pahami Dulu Apa itu Emas 24 Karat

Perlu diketahui bahwa emas memiliki tingkatan. Tingkatan ini didasarkan pada tingkat kemurniannya. Emas dengan tingkat kemurnian paling tinggi tentu adalah emas 24 karat. Emas 24 karat adalah jenis emas yang paling murni tanpa ada campuran bahan lain.

Tingkat kedua yang paling sering kita temui di pasaran adalah emas 18 karat. 6 karat sisanya diganti dengan campuran bahan logam lainnya sebagai atribut pendukung terciptanya sebuah perhiasan.

Tingkatan ketiga dan seterusnya yang tersebar di pasaran adalah 14 karat dan 10 karat. Tingkatan ini berdasarkan dengan perhitungan yang sama dengan emas 18 karat yang kami jelaskan di atas.

Tingkatan ini berpengaruh kepada tampilan emas itu sendiri. Semakin tinggi tingkatannya maka warna kuningnya akan semakin kuat. Jika kita memperhatikan perhiasan emas di toko perhiasan maka kita akan menyadari bahwa perhiasan-perhiasan tersebut memiliki kuning yang tidak terlalu cerah atau kuat. Hal ini dikarenakan mayoritas di toko perhiasan bukan emas 24 karat.

  • Emas 24 karat Akan Menguras Isi Dompet Anda

Sudah jelas bahwa semakin besar kemurnian emas tersebut maka semakin mahal pula harganya. Bagi Anda yang memang merupakan “maniac” emas hal ini tentu bukan masalah, namun bagi Anda yang bukan penggila emas atau kolektor dan Anda hanya menggunakan emas untuk perhiasan Anda sehari-hari maka mengeluarkan uang untuk emas 24 karat ada sesuatu yang mubadzir.

Hal ini dikecualikan jika Anda berpikir ingin menjadi investor yang berani berinvestasi dengan modal tinggi untuk emas 24 karat. Dengan penjelasan mengenai harga ini rasanya Anda sudah bisa mempertimbangkan apakah emas 24 karat layak digunakan atau tidak.

  • Warna yang Terlalu Cerah

Emas 24 karat menampilkan warna yang sangat cerah. Emas ini memberikan warna kuning yang begitu kuat. Permasalahnnya adalah manakala kita mencoba melakukan mix and match antara pakaian dan emas 24 karat justru itu akan membuat penampilan kita tidak elegan.

  • Perhiasan Emas yang Ideal Harus Dicampur Dengan Elemen Lain

Perhiasan emas yang selama ini kita lihat di pasaran dan dipakai oleh mayoritas orang adalah perhiasan emas ditambah elemen logam lain untuk memperindah dan memperkuat konstruksi emas tersebut. Campuran bahan lain ke dalam emas telah terbukti menyempurnakan keindahan sebuah perhiasan emas.

Oleh karena itu, jika kita mendambakan perhiasan emas yang indah maka emas impian kita tersebut harus dicampur dengan unsur logam lainnya seperti perak, palladium, dll.

  • Tidak Tahan Lama

Tanpa unsur logam lain seperti yang kita jelaskan di atas, emas 24 karat murni adalah perhiasan emas yang sangat rentan untuk tergores. Emas 24 karat juga tidak kokoh sehingga mudah patah atau berubah bentuk. Emas 24 karat murni tidak mendapat sokongan kekuatan dari bahan logam lainnya yang membuat emas ini tidak memiliki kemampuan bertahan seperti emas campuran yang ada di pasaran. Sehingga dari sisi ini emas 24 karat tidak cocok untuk menjadi perhiasan diri yang kita gunakan sehari-hari.

Apakah Emas 24 Karat Memiliki Kegunaan ?

Kita sudah membahas bahwa emas 24 karat tidak cocok untuk digunakan sebagai perhiasan. Lalu, apakah emas 24 karat tidak memiliki kegunaan atau manfaat sama sekali ?

Kami telah menyinggung sedikit pada penjelasan di atas bahwa emas 24 karat cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi. Investasi tersebut dapat berupa emas batangan. Anda juga dapat memilih emas 24 karat apabila Anda membutuhkan perhiasan emas dengan warna terang dan mencolok untuk acara-acara tertentu. Maka dalam hal-hal tersebut emas 24 karat bisa digunakan.

Demikian penjelasan kami khusus mengenasi emas 24 karat, apakah layak atau tidak untuk digunakan. Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi faktor pemilihan perhiasan emas, sehingga setiap orang akan memiliki pilihan idealnya masing-masing. Pemilihan emas ideal ini dipengaruhi oleh faktor keuangan, selera, kecocokan kulit, bahkan juga acara yang hendak didatangi, sangat beragam.

Jika Anda memiliki keuangan yang memadai dan berkeinginan untuk memiliki perhiasan yang ideal tapi bukan emas 24 karat, maka pilihan kami jatuh pada emas 18 karat. Harganya memang lebih mahal dari pada 10 atau 14 karat, tetapi tampilan yang dihasilkan jauh lebih baik. Tapi jika keuangan Anda belum cukup maka 10 atau 14 karat boleh menjadi pilihan yang ideal.

Chat Whatsapp