Apa yang Perlu Dilakukan Ketika Cincin Kawin Anda Hilang?

Saat sudah menikah cincin kawin merupakan salah satu hal yang sangat berarti dan menjadi simbol cinta bagi para pasangan. Umumnya cincin nikah juga memiliki makna dan arti sendiri yang mana di dalamnya terdapat harapan khusus untuk pasangan suami istri.

Cincin nikah sendiri sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun-temurun sejak zaman Romawi Kuno. Cincin kawin bukan hanya digunakan untuk jangka pendek, akan tetapi digunakan untuk waktu yang lama bahkan bisa untuk selamanya.

Sehingga dibutuhkan perawatan khusus untuk menjaga bentuk dan kilau pada cincin, agar tidak mudah rusak. Begitu juga dalam penyimpanannya harus sangat diperhatikan agar cincin tidak mudah hilang, hal ini karena cincin nikah membutuhkan perhatian khusus untuk menjaganya. 

Mitos Jika Cincin Kawin Hilang 

Saat cincin pernikahan hilang baik salah satu ataupun keduanya sering kali dikaitkan dengan beberapa hal oleh masyarakat. Tidak sedikit orang yang mengatakan jika cincin nikah hilang merupakan tanda yang berkaitan dengan hubungan pernikahan.

Bahkan banyak yang mengatakan hubungan pernikahan yang berlangsung akan segera berakhir, atau adanya musibah lain yang menimpa. Namun hal itu tentu hanya mitos yang berlaku dan tidak perlu untuk dipikirkan lebih dalam.

Tidak ada kaitan atau hubungannya antara cincin nikah yang telah hilang dengan kondisi rumah tangga Anda yang akan berantakan. Hal ini tentu tergantung dengan bagaimana sikap Anda dan pasangan dalam menjaga rumah tangga, sementara cincin hanyalah simbol cinta dalam pernikahan. 

Yang Perlu Dilakukan Saat Kehilangan Cincin

Seiring berjalannya waktu mungkin sebagian orang banyak yang mengalami kehilangan cincin nikah karena berbagai faktor. Terlebih jika hubungan pernikahan sudah berlangsung lama, tentu akan lebih sering mengalami kehilangan cincin. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan saat cincin kawin Anda hilang. 

  • Jangan Panik dan Fokus Mencari 

Banyak yang merasa panik saat cincin pernikahan mereka hilang dan merasa takut terutama bagi para pengantin baru yang tidak sengaja menghilangkan cincin tersebut. Hal pertama yang dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik, rasa panik hanya akan membuat Anda stres dan tidak bisa berpikir dengan jernih.

Untuk itu cobalah tenang dan mulai fokus mencari cincin yang hilang kembali dengan sebaik mungkin. Biasanya cincin hilang karena Anda lupa menaruhnya, atau terlepas saat melakukan aktivitas tertentu. Cobalah untuk mencari cincin di tempat terakhir Anda merasa menggunakannya dengan fokus dan teliti. 

  • Telusuri Pada Area Tertentu

Jika sudah mencari di tempat terakhir Anda melakukan aktivitas dan melihat cincin Anda namun tetap tidak ada maka cobalah untuk mencari di tempat lain. Mungkin saja cincin Anda jatuh di tempat lain yang mungkin terlupakan oleh Anda, meminta bantuan orang lain juga diperlukan untuk membantu menemukan cincin.

sehingga perlu untuk Anda mencarinya di tempat lain seperti bawah meja, kotak sampah, kamar mandi dan sebagainya. Terkadang seseorang melupakan tempat-tempat lain yang tidak sempat di telusuri, mengingat cincin adalah benda kecil yang bisa jatuh ke tempat tak terjangkau saat beraktivitas seperti saluran air saat mencuci piring.

  • Klaim Asuransi 

Jika cincin Anda masih tidak dapat ditemukan walaupun sudah dicari, maka sebaiknya ajukan klaim asuransi pada cincin Anda. Asuransi merupakan solusi terbaik untuk mencegah dan mengatasi kehilangan cincin nikah, Anda bisa mendaftarkannya segera jika belum memiliki asuransi.

  • Mengganti Cincin 

Hubungi toko perhiasan tempat Anda membeli cincin tersebut, mungkin saja mereka masih memiliki desain yang sama. Tidak sedikit yang memilih untuk mengganti cincin saat hilang dengan model yang sama persis, atau bahkan mengganti dengan model baru. 

Chat Whatsapp