Bacalah Artikel Ini, Bagi Anda yang Masih Bingung Memilih Cincin Pernikahan

Setiap pasangan yang akan menikah tentunya akan mulai sibuk menentukan desain serta pilihan cincin nikah yang tepat. Hal ini karena  cincin merupakan suatu hal penting yang mana didalamnya terdapat janji setia pasangan suami istri, serta menjadi bukti ketulusan serta cinta. Selain itu cincin juga menjadi tanda ikatan pernikahan yang suci. 

Menentukan cincin pernikahan diperlukan banyak pertimbangan, hal ini karena banyak pasangan yang sulit dalam menentukan cincin yang tepat. Mulai dari desain cincin, bahan logam mulia pada cincin dan hal lainnya, sehingga Anda perlu mengetahui lebih dulu beberapa hal penting sebelum membeli atau memesan cincin. 

Bahan Utama Pembuatan Cincin 

Ada banyak jenis bahan logam mulia yang bisa Anda pilih untuk membuat cincin pernikahan yang tepat. Umumnya cincin kawin menggunakan emas kuning dengan kandungan emas murni yang berbeda-beda diantaranya adalah emas 18 karat, 22 karat, dan sebagainya. Cincin  emas murni juga memiliki kualitas yang baik, karena memberikan kesan yang prestis. 

Emas putih juga banyak digunakan sebagai cincin kawin, selain warnanya yang terlihat putih bersinar, cincin dari emas putih juga lebih kuat. Cincin emas putih bisa bertahan lama dan mempertahankan bentuk serta kilaunya karena terdapat kandungan rhodium yang membuatnya lebih cantik. Anda juga bisa memilih cincin perak sebagai cincin untuk nikah. 

Jika cincin perak dikenal sebagai perhiasan yang mudah pudar rusak, kini seiring berjalannya teknologi perhiasan perak dikembangkan lebih baik. Adanya lapisan rhodium yang membantu cincin tersebut tetap berkilau dan tahan lama, sehingga cincin perak juga menjadi salah satu cincin nikah populer. Hal ini karena rhodium mampu mengatasi sifat asli yang dimiliki perak. 

Sementara itu cincin emas merah muda atau yang biasa disebut rose gold  memiliki daya tarik yang berbeda, salah satunya adalah keunikan pada warnanya. Warna cincin emas ini juga berasal dari perpaduan antara emas murni dan tembaga, sehingga menghasilkan warna yang berbeda. Cincin ini banyak dipilih karena memiliki kesan elegan dan menawan. 

Desain Cincin Kawin Modern 

Tidak hanya menentukan bahan logam mulia pada pembuatan cincin yang akan Anda pilih, namun Anda juga perlu mempertimbangkan desain cincin. Mengingat bahwa cincin selalu memiliki tren yang berubah-ubah seiring berjalannya waktu, membuat Anda akan lebih sulit dalam memilihnya. Berikut adalah beberapa desain cincin yang banyak diminati. 

  • Desain Solitaire 

Desain pada cincin ini memiliki arti khusus yaitu ikatan cinta yang satu untuk selamanya, hal ini ditunjukkan dari bentuk cincin yang mengerucut dengan batu permata di ujungnya. Desain batu permata yang ada diujung cincin diartikan sebagai kuatnya ikatan cinta pada pasangan tersebut. Bentuk permata pada desain solitaire juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. 

  • Eternity 

Desain ini berasal dari negara Mesir, dengan bentuk desainnya yang mewah namun tidak berlebihan membuatnya menjadi cincin nikah yang populer. Cincin ini juga memiliki arti dari lambang cinta yang tinggi, bentuknya sendiri terkesan mewah. Ada dua desain pada cincin ini yaitu full eternity dan half  yang tentunya menarik perhatian Anda. 

Pada desain full eternity memiliki desain batu permata yang menyeluruh di bagian cincin tersebut. Sementara pada desain half cincin tersebut mempunyai hiasan batu permata yang hanya setengah bagian pada cincin. Hal ini tentu sangat berbeda dari desain lainnya, cincin eternity juga memiliki kesan mewah yang membuat tampak glamour saat dipakai. 

Chat Whatsapp