Bagaimana Jika Cincin Kawin Anda Hilang?

Cincin dalam pernikahan menjadi bukti terikatnya sepasang anak manusia dalam hubungan yang berisi janji suci sepasang suami-istri. Oleh sebab itu, tidak heran jika mayoritas pasangan suami istri membuat aturan untuk tidak melepaskan cincin kawin mereka ketika beraktifitas.

Hal ini berhubungan dengan mitos cincin kawin yang beredar di masyarakat. Bahwasanya apabila Anda melepas cincin kawin, berarti memberi kesempatan bagi orang lain memasuki kehidupan pernikahan Anda. Padahal, ini tidak 100% benar, justru dengan melepas cincin pada saat beraktifitas dapat mengurangi resiko rusaknya cincin tersebut.

Namun, bagaimana jika cincin kawin tersebut justru hilang karena kita lepas saat beraktifitas? Apakah artinya Anda akan kehilangan pasangan hidup Anda? Tenang, jangan dulu memasang mode panik. Meski hilangnya cincin kawin juga termasuk masalah besar, tetapi harus Anda ingat

bahwa hubungan adalah tentang komitmen, bukan sekedar ikatan berlambang perhiasan.

Fokus Untuk Menemukan Cincin Kawin Anda

Ketika Anda telah mengetahui jika cincin kawin Anda hilang, hal pertama yang harus dilakukan yaitu ambil napas dalam-dalam serta tenangkan diri. Sebab jika Anda panik, justru akan semakin sulit menemukan cincin tersebut. Hal-hal  yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan cincin kawin Anda kembali yaitu:

  • Mengingat dan Menelusuri Kegiatan Anda Sebelumnya

Saat Anda menyadari bahwa cincin kawin Anda telah hilang, maka coba telusuri tempat-tempat yang Anda gunakan untuk beraktifitas sebelumnya. Periksa barang-barang di sekitar dengan teliti. Ukuran cincin yang terbilang kecil, memerlukan kejelian dalam mencarinya.

Coba ingat setiap tempat dan kegiatan yang Anda lakukan. Sebab selama Anda belum berpindah lokasi, maka kemungkinan besar cincin tersebut juga masih berada di sana.

  • Gunakan Jasa Tenaga Ahli

Apabila Anda telah menemukan keberadaan cincin Anda yang hilang, tetapi berada di tempat yang sulit dijangkau seperti pipa pembuangan wastafel misalnya, maka segera hubungi tenaga ahli di bidang tersebut. Anda dapat menghubungi teknisi saluran air untuk membantu.

Dengan menggunakan bantuan dari ahlinya cincin Anda berhasil didapatkan kembali, tanpa harus merusak barang lain ataupun cincin itu sendiri.

  • Hubungi Toko Perhiasan

Segala macam cara sudah Anda lakukan untuk menemukan kembali cincin kawin yang hilang, akan tetapi tidak membuahkan hasil. Solusi terakhir yang mungkin dapat menjadi pilihan yakni menghubungi atau datang ke toko perhiasan dimana Anda membeli cincin kawin tersebut.

Anda dapat meminta dibuatkan ulang cincin yang sama persis, atau jika ready dengan model yang sama Anda dapat langsung membelinya. Meski harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, setidaknya Anda mendapatkan kembali cincin kawin yang hilang meski melalui pembuatan maupun pembelian ulang.

Tips Agar Cincin Kawin Tidak Hilang

Meski mitos tentang hilangnya cincin kawin tidak sepenuhnya benar, akan tetapi jauh lebih baik jika kita dapat melakukan pencegahan dari kemungkinan hilangnya  benda berharga tersebut. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai tindakan pencegahan diantaranya:

  • Tetap memakainya saat beraktifitas, tetapi memberi perawatan berkala untuk menjaga kualitas perhiasan
  • Menyiapkan kotak  perhiasan khusus untuk menyimpan saat tidak digunakan
  • Meletakkan kotak perhiasan di dalam brankas atau lemari khusus
  • Memperbaiki ukuran cincin, agar tidak longgar dan mudah terlepas
  • Masukkan cincin kawin Anda dalam daftar barang berharga yang Anda asuransikan

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika cincin kawin Anda hilang, serta tips pencegahannya. Semoga dapat memberi manfaat dan solusi yang terbaik. Sekali lagi, cincin kawin hanyalah sebuah simbol. Salah satu benda berharga yang harus Anda jaga, tetapi hubungan pernikahan adalah hal yang utama untuk Anda jaga dengan benar selamanya.

Chat Whatsapp