Bagusnya Cincin Nikah Palladium Daripada Cincin Silver

Palladium merupakan salah satu bahan pada cincin kawin yang memiliki sifat unik. Karena keunikannya, cincin palladium terkadang tidak tersedia di toko emas offline dan hanya bisa dibeli secara online. Dari segi tampilan palladium memang memiliki kesamaan dengan bahan silver atau perak. Anda mungkin sulit membedakannya jika belum pernah melihat cincin palladium sebelumnya.

Meskipun demikian, palladium cenderung memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan perak meskipun permukaannya sama-sama mengkilap. Itulah kenapa pada cincin palladium biasanya dilapisi dengan Rhodium untuk menghasilkan warna putih yang lebih cerah.

Salah satu kelebihan cincin palladium dibandingkan cinin perak adalah teksturnya yang kuat dan keras, lebih kuat dari cincin perak dan tentunya lebih awet saat dipakai.

Keunggulan Cincin Palladium

  • Lebih Mahal tapi Murah

Mengapa mahal tapi murah? Dari segi harga memang cincin palladium lebih mahal dibandingkan cincin emas apalagi perak. Meskipun demikian harga tersebut sebanding dengan kualitas cincin palladium yang sangat keras dan kuat.

Jika dibandingkan dengan cincin perak, tentu cincin palladium lebih awet dan nyaman saat dipakai. Itulah kenapa harganya yang mahal sebenarnya bukan tanpa alasan namun karena adanya kualitas yang lebih baik pada cincin tersebut.

  • Tahan Lama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cincin palladium memiliki tekstur yang kuat dan keras, sebenarnya keunggulan dari kerasnya cincin tersebut membuat palladium lebih tahan lama saat dipakai. Palladium bersifat anti korosi dan karat, tidak seperti cincin perak yang mudah berubah warna.

Memakai cincin palladium meskipun dalam jangka waktu yang lama tidak akan membuat warnanya pudar atau berubah. Itulah kenapa palladium sangat pas dijadikan bahan untuk cincin kawin yang biasanya dipakai seumur hidup.

  • Perawatannya Mudah

Sifat anti karat dan anti korosi pada cincin palladium membuat cincin ini lebih mudah dirawat karena tidak mudah berubah warna atau kusam. Cincin perak yang mudah berubah warna memerlukan perawatan yang lebih banyak dibandingkan palladium.

Anda hanya perlu membersihkan cincin palladium dengan membersih khusus palladium atau menggunakan campuran air hangat dan sabun.

  • Tidak Menimbulkan Alergi

Palladium merupakan logam yang memiliki sifat anti alergi atau hypo-allergenic sehingga memakainya tidak akan menimbulkan gejala alergi seperti kemerahan atau gatal-gatal terutama untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Palladium vs Perak, Manakah yang Lebih Baik?

Palladium dan perak memiliki sifat yang berlawanan sehingga harga dari keduanya pun cukup jauh berbeda. Cincin palladium cenderung lebih mahal sedangkan cincin perak lebih ekonomis. Itulah kenapa cincin perak sering dijadikan pilihan oleh pasangan yang memiliki budget terbatas.

Jika palladium sangat keras dan kuat, perak justru tergolong sebagai logam yang lunak. Perak mudah sekali tergores dan rusak permukannya sedangkan palladium sangat kokoh. Itulah alasan mengapa perak dilapisi dengan berbagai finishing agar permukaannya tidak mudah tergores.

Meskipun demikian, sifat perak yang lunak membuatnya mudah dibentuk menjadi beragam model cincin kawin sehingga lebih membuat Anda leluasa dalam memilih. Sifat palladim yang sangat keras membuatnya sulit dibentuk sehingga model cincin palladium pun terbatas.

Tidak hanya itu saja, cincin perak lebih mudah untuk dijual kembali di toko emas sedangkan cincin palladium tidak. Toko emas biasanya tidak melayani jual beli cincin palladium karena mungkin peminatnya belum terlalu banyak dan bahan ini termasuk jenis bahan unik yang tidak semua orang mengetahuinya.

Chat Whatsapp