Belajar Memilih Cincin Tunangan dan Nikah di Sini

Suatu pertunangan atau pernikahan tidak komplit jika pasangan pengantin tidak menyiapkan suatu cincin pernikahan. Benda inilah yang nantinya akan menjadi suatu tanda simbolis bahwa keduanya ini sudah memantapkan hati. Sejatinya, cincin pertunangan dan juga pernikahan hanya ada sekali seumur hidup. Berikut ini akan diulas berbagai tips dalam memilih cincin pernikahan atau pertunangan.

Jenis Cincin dan Budget Anggaran yang Telah Disiapkan

Pada umumnya, calon pengantin perempuan akan lebih menyukai perhiasan berlian dari pada laki-laki. Oleh sebab itu, ada beberapa alternatif yang cincin yang bisa dibuat bisa dengan bermata berlian, ataupun dengan mata batu dan lain sebagainya. Untuk Anda dan pasangan ingin membeli jenis cincin apa tetunya bergantung dengan budget yang disiapkan.

Jenis Model Cincin dengan Mata Berlian

Ada dua macam jenis mata berlian yang biasanya dijual. Pertama, round atau yang berbentuk bulat. Model seperti ini, akan menunjukan kesan klasik. Kedua, princess cut atau kotak. Kesan yang diberikan ini akan memberikan kesan mewah namun tegas.

Ukuran Berlian yang Diinginkan dan Ada Ukuran Jelasnya

Misalnya emas, berlian pun juga memiliki berat dan karat (carat weight) tersendiri. Berlian yang memiliki bentuk round ataupun princess cut, mempunyai standar berat yang tidak sama.

Ukuran Cincin yang Harus Diketahui

Kalau kamu sedang mengunjungi toko perhiasan, alangkah baiknya jika kamu langsung mengukur jarimu dan pasangan. Pada umumnya, petugas akan memakai finger sizer. Alat ini terbentuk dari sekumpulan cincin yang memiliki aneka ukuran. Kamu hanya harus mencoba untuk menemukan ukuran yang pas.

Bila kamu tidak ada waktu ke toko perhiasan, maka cobalah untuk mengukur sendiri dengan menggunakan bantuan kertas. Potong selembar kertas akan memberikan bentuk pita dengan ukuran 7×100 milimeter. Lingkarkan saja kertas itu di dasar jari yang mau diukur. Bila buku jarimu besar, lingkarkan saja kertas tersebut di bawah buku jari saja.

Minta pasangan untuk menarik kedua ujung pita kertas tersebut. Hal ini memiliki fungsi untuk  meyakinkan bila kertas akan mengikat kuat jari, namun tetap tidak terlalu panjang dan ketat. Dengan pulpen, gunakanlah garis lurus di sepanjang kertas, tepatnya di bagian atas jari. Lepas kertas dan ukurlah semua  jarak kedua garis yang dibuat tadi, dengan memakai penggaris dalam satuan milimeter. Pastikanlah dengan mengukurnya dengan benar sebab lebih atau kurang dari 1 mm saja, sudah akan berbeda.

Lepas kertas itu dan ukurlah dengan menggunakan jarak dengan dua garis di kertas dengan penggaris. Pastikan untuk  mengukurnya dalam satuan millimeter. Hasil pengukuran juga tidak boleh ditambah atau dikurangi.

Para penjual cincin pada umumnya cukup tinggal mengkonversikannya ke ukuran tersebut ke dalam standar ukuran cincin yang digunakan. Sebab, ada beberapa versi dari berbagai negara mengenai International Ring Size Chart.

Jenis Logam Apakah yang Akan Digunakan

Ada tiga pilihan logam yang dapat dipilih untuk lingkar cincin. Ketiganya yaitu adalah emas, perak, dan platinum. Untuk cincin emas, masih dapat terbagi menjadi tiga jenis. Jenisnya yaitu adalah rose gold, yellow gold, dan white gold. Sedangkan untuk platinum, ada jenis logam yang  kini cukup terkenal, namanya yaitu adalah palladium.

Cincin palladium berasal dari logam mulia Platinum Group Metal. Warnanya putih dan juga berkilau alami dan tingkat perkerasannya sangat tinggi. Bagi yang tidak mau memanfaatkan cincin emas sebab dilaranga agama, cincin ini sah-sah saja digunakan. Ketika cincin palladium dibuat, kadarnya tidak sampai 100 persen. Sifatnya yang terlalu keras, akan membuat cincin ini sebaiknya dicampur dengan bahan lainnya.

Selain itu, masih ada cincin yang berbahan logam tungsten carbide, zirconium hitam, dan titanium. Semuanya mempunyai keindahan dan kekurangannya masing-masing. Sesuaikanlah dengan keperluanmu dan pasangan.

Jenis Finishing Cincin Apa yang Ingin Digunakan

Finishing cincin yang bisa kamu pilih, ada tiga jenis. Pertama, glossy. Efek glossy yang didapatkan, akan seolah-olah dapat dimanfaatkan untuk bercermin. Kedua, satin. Finishing ini mempunyai efek berkilau, tetapi lebih buram jika dibandingkan dengan glossy. Ketiga yaitu, sandblast yang logamnya tidak mempunyai efek berkilau.

Demikianlah tips dalam memilih cincin pertunangan dan juga pernikahan.

Chat Whatsapp