Berapa Ideal Berat Cincin Kawin?

Saat memilih cincin kawin, pada umumnya Anda dan pasangan dihadapkan pada besar gram yang akan dipilih untuk dijadikan sebagai cincin kawin. Mungkin terdengar sepele, namun berat mahar cincin kawin juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pemakaian cincin saat beraktivitas sehari-hari.

Sehingga Anda dan pasangan harus mengetahui berapa gram berat mahar cincin kawin yang ideal agar lebih nyaman saat Anda memakainya.

Berat Gram Idealnya Cincin Kawin

Tidak ada aturan baku yang mengatakan berapa pastinya besar gram pada cincin kawin. Hal tersebut hanya berpengaruh langsung terhadap berapa besarnya berat mahar cincin kawin berdasarkan cincin kawin emas yang memiliki berat sebesar 3,5 gram.

Aturan pada cincin kawin sebesar 3,5 gram yang dapat dipakai secara umum sudah menjadi besaran angka yang tepat. Hal ini dikarenakan beratnya yang cukup ringan segingga tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berat 3,5 gram bukan menjadi sebuah patokan yang harus Anda ikuti, Anda dapat memilih cincin kawin yang memiliki berat di bawah angka tersebut karena hal itu tergantung pada budget serta kemampuan masing-masing.

Apabila Anda dan pasangan sudah termasuk ke dalam orang yang tidak suka membersihkan cincin atau perhiasan lainnya, maka berat 3,5 gram menjadi berat yang ideal dan cukup untuk dimiliki. Anda dapat memilih berbagai model cincin yang Anda inginkan dengan menyesuaikan berat cincin itu sendiri.

Jadi kesimpulannya bahwa cincin kawin yang ideal dan lebih dari cukup adalah sebesar 3,5 gram namun angka tersebut tidak bisa menjadi patokan untuk mereka yang lebih menyukai cincin kawin yang lebih berat atau lebih ringan.

Aturan Berat Cincin Kawin Sebagai Mahar Pernikahan

Memiliki berat cincin kawin yang ideal sebenarnya bergantung kepada ajaran serta budaya dan agama di setiap adat. Misalnya dalam agama Islam dianjurkan untuk menggunakan mahar pernikahan yang bisa saja berupa cincin kawin atau mas kawin.

Dalam aturannya, biasanya cincin yang dipakai nanti tidak boleh terbuat dari bahan dasar emas karena dalam agama Islam hukumnya haram. Namun jangan sedih, karena selain berbahan dasar emas, ada juga bahan dasar lain yang boleh dipakai dan tidak kalah menarik daripada bahan dasar emas.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin Kawin

Kadar Karat

Karat yang ada dan dimiliki oleh sebuah emas hanya berkisar pada maksimal 24 karat saja. Anda hanya perlu menghitung berapa besaran kadar emas dengan cara yaitu membagi sebuah kadar emas dengan 24 karat yaitu kadar karat maksimal yang dimiliki emas.

Bahan Baku

Dalam bahan baku memiliki pengaruh yang besar terhadap kisaran harga pada cincin kawin, pada umumnya yakni cincin yang berbahan emas. Namun banyak banyak cincin lain yang dapat Anda pilih misalnya perak, karena perak memiliki harga yang jauh lebih murah dari pada emas.

Jadi Anda dapat menentukan bahan apa yang hendak Anda pilih sesuai dengan ketersediaan budget yang Anda miliki.

Kadar Bahan

Kandungan bahan pada cincin juga memiliki pengaruh terhadap harga pada cincin itu sendiri. Sama dengan perhitungan pada berat cincin, semakin besar persentase logam murni pada cincin, maka harganya akan lebih mahal.

Desain dan Model

Cincin kawin memiliki desain yang berbeda-beda. Ada yang memiliki bentuk batik, polos bergelombang bahkan inisial nama. Hal ini yang membuat desain dan model cincin menjadi faktor penentu harga cincin per gram.

Berat pada Cincin

Gramasi cincin dapat dibuat sebagai penentuan harga cincin per gramnya. Sebab semua tergantung kepada ukuran di setiap masing-masing cincin emas tersebut.

Chat Whatsapp