Berapa Idealnya Cincin Kawin Emas?

Apabila kamu sedang mencari cincin kawin emas untuk dijadikan sebagai cincin kawin bersama pasanganmu nanti, tentunya ada aspek berupa berapa gram berat cincin yang akan kamu pilih. Hal tersebut tentunya harus juga untuk kamu perhatikan. Sebelum melanjutkan pembahasan tentang berapa idealnya cincin kawin emas, berikut telah kami rangkum beberapa penjelasan pendukung yang harus kamu perhatikan juga.

  • Aturan Berapa Gram Cincin Kawin

Tidak pernah ada aturan baku yang mengatakan berapa pastinya besargram pada cincin kawin. Hal ini tentu saja juga berpengaruh langsung terhadap berapa besarnya berate mas dan bentuk dari cincin tersebut. Secara umum, biasanya cincin kawin emas memiliki berat sebesar 3,5 gram.

Aturan cincin kawin sebesar 3,5 gram yang biasa dipakai secara umum telah menjadi besaran angka yang tepat. Hal ini dikarenakan beratnya yang cukup ringan sehingga tidak akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Kembali lagi, 3,5 gram ini bukanlah sebuah patokan yang harus kamu ikuti. Kamu bisa memilih cincin kawin emas yang memiliki berat di bawah angka tersebut karena hal itu tergantung pada budget serta kemampuan masing-masing. Seperti misalnya, pada cincin yang memiliki berat 2 gram akan menghasilkan bentuk cincin dengan model tipis dan ringan.

  • Hubungan Besar Gram dengan Kadar Emas dalam Cincin

Kerap kali banyak orang yang tidak menggubris hal penting yang satu ini ketika membeli cincin kawin. Kebanyakan dari mereka hany melihat cincin dari segi tampilannya yang tampak mewah, elegan, ataupun glamor. Mereka tidak menyadari bahwa besarnya kadar emas juga memiliki peranan penting dalam dunia perhiasan.

Kadar emas adalah suatu jumlah emas yang terkandung di dalam sebuah perhiasan. Kita ambil contoh, ada sebuah perhiasan yang dikatakan mengandung 80% emas. Hal ini berarti bahwa 80% dari suatu kandungan dalam perhiasaan tersebut adalah logam mulia berupa emas. Sedangkan sisnya yang sebanyak 20%, merupakan kandungan bahan lainnya yang sudah menjadi campuran contohnya nikel dan tembaga.

Emas sendiri memiliki tingkatan karat yang berbeda yaitu 24 karat, 22 karat, 18 karat, sampai 9 karat yang paling kecil. Tentu saja semakin kecil kadar karat, semakin murah harganya, namun juga semakin rendah kualitas pada cincinnya.

Selain itu, pertimbangan berupa cocok tidaknya cincin tersebut dipakai dalam kegiatan sehari-hari juga berhubungan dengan kadar karat. Apabila kamu memilih membeli cincin kawin emas 24 karat, rasanya bukanlah pilihan yang benar karena akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Jadi, sebelum membeli cincin emas, ada baiknya kamu pertimbangkan kadar karat dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki dan tentunya sesuaikan dnegan kebutuhan kamu masing-masing.

  • Kadar Emas untuk Cincin Kawin

Kadar emas untuk cincin kawin juga bukan merupakan patokan yang harus kamu utamakan. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kadar emas disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing. Seperti pada contoh emas 24 karat, yang memang tidak cocok untuk kamu pakai di kegiatan sehari-hari.

Kesimpulannya, tidak pernah ada aturan baku yang mengatakan dengan pasti patokan kadar emas yang dipakai pada cincin kawin. Kadar emas hingga berat yang ada pada cincin kawin disesuaikan dengan kemampuan pada masing-masing pengantin.

Itulah beberapa penjelasan mengenai berapa idealnya aspek-aspek pada cincin kawin emas. Dari penjelasn yang sudah dijabarkan di atas, sekarang kamu sudah mengetahui bahwa memang tidak ada kadar ideal pada cincin kawin yang benar-benar pas, aturan baku tentang kadar emas untuk cincin kawin. Karena dua hal tersebut memang akan bergantung pada ketersediaan budget dan kemampuan maing-masing pasangan pengantin.

Chat Whatsapp