Berat Cincin Kawin Emas yang Tepat Sasaran. Inilah Aturannya

Ketika memilih untuk membeli cincin kawin, ada beberapa hal yang harus benar-bemar diperhatikan. Terutama salah satunya adalah berat cincin kawin emas itu sendiri. Jadi, berapa berat yang seharusnya digunakan pada sebuah cincin kawin?

Berat Cincin Kawin yang Ideal

Tidak pernah ada aturan baku yang mengatakan berapa pastinya besargram pada cincin kawin. Hal ini tentu saja juga berpengaruh langsung terhadap berapa besarnya berate mas dan bentuk dari cincin tersebut. Secara umum, biasanya cincin kawin emas memiliki berat sebesar 3,5 gram.

Aturan cincin kawin sebesar 3,5 gram yang biasa dipakai secara umum telah menjadi besaran angka yang tepat. Hal ini dikarenakan beratnya yang cukup ringan sehingga tidak akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Kembali lagi, 3,5 gram ini bukanlah sebuah patokan yang harus kamu ikuti. Kamu bisa memilih cincin kawin emas yang memiliki berat di bawah angka tersebut karena hal itu tergantung pada budget serta kemampuan masing-masing. Seperti misalnya, pada cincin yang memiliki berat 2 gram akan menghasilkan bentuk cincin dengan model tipis dan ringan.

Aturan Berat Cincin Kawin Sebagai Mahar Pernikahan

Sebuah cincin kawin sendiri sebenarnya bergantung kepada ajaran serta budaya dan agama dari setiap adat. Misalkan saja, dalam agama islam dianjurkan untuk menggunakan mahar pernikahan yang bisa saja berupa cincin kawin atau mas kawin. Untuk cincin kawin sendiri, diperuntukkan sebagai persembahan dari pengantin pria kepada pengantin wanitanya.

Dalam aturannya, biasanya cincin yang dipakai nanti tidak boleh terbuat dari bahan dasar emas karena dalam agama islam hukumnya haram. Tak perlu sedih, karena selain berbahan dasar emas, ada juga bahan dasar lain yang boleh dipakai dan tidak kalah menarik daripada bahan dasar emas. Seperti titanium, perak, palladium, dan platina.

Seperti pembahasan di poin sebelumnya bahwa tidak ada aturan khusus yang mengatur tentang berapa berat cincin kawin untuk dijadikan sebagai mahar dalam pernikahan. Hal ini kembali disebabkan karena semuanya tergantung dengan adanya budget dan kemampuan pada masing-masing pengantin.

Bahan Cincin Kawin yang Tepat
  • Emas Kuning

Emas kuning memang selalu menjadi tren dan incaran banyak pasangan pengantin. Selain memiliki warna kuning yang cantik. Cincin ini merupakan cincin yang tidak mudah tergeser dengan perkembangan zaman. Karena meskipun sudah banyak jenis bahan cincin yang sudah mulai bermunculan, tapi peminat emas kuning ini tidak pernah berkurang.

  • Emas Putih

Jika mencari cincin dengan kesan elegan dan mewah, cincin emas putih adalah jawaban yang paling cocok. Sama halnya dengan cincin emas kuning,emas putih ini juga masih memiliki banyak peminat meskipun seiring berjalannya waktu telah hadir banyak sekali jenis bahan cincin yang muncul.

  • Perak

Cincin berbahan dasar perak selalu menjadi incaran banyak orang. Mengapa demikian? Karena memiliki banyak keunggulan dari emas. Yaitu, harganya yang sangat jauh lebih murah dan juga sudah memiliki tekstur lunak sehingga sangat mudah untuk dibentuk. Namun, ada juga beberapa aspek yang perlu untuk kamu ketahui, yaitu bahwa bahan dasar perak memang sangat mudah untuk tergores, jadi bahan ini memerlukan perawatan lebih ekstra untuk menjaganya.

  • Palladium

Jenis logam mulia satu ini juga memiliki jumlah peminat yang memang tidak kalah banyak. Kelebihannya yaitu memiliki ketahanan yang amat kuat, tidak mudah untuk tergores, dan juga sangat tahan lama menjadikan aspek penting mengenai mengapa orang-orang banyak yang mengincar cincin dengan bahan ini.

Itulah dia beberapa aturan yang bisa kamu lakukan dalam menentukan berapa idealnya berat cincin kawin emas yang tepat sasaran. Kesimpulannya, memang tidak ada aturan khusus yang mengikat dan mengatur tentang hal tersebut. Karena semuanya bergantung pada budget dan kebutuhan sendiri.

Chat Whatsapp