Berbagai Jenis dan Kisaran Harga Mas Kawin

Tentunya bagi Anda yang akan menikah akan sedikit bingung saat menentukan mahar yang akan diberikan. Pada dasarnya tidak ada standar minimum atau maksimum.

Karena itu, Anda tidak perlu khawatir tentang berapa biaya mahar. Namun, menikah dan saling memberi mahar adalah salah satu simbol cinta yang paling mulia.

Tentu saja, Anda harus membayar mahar yang bernilai tinggi untuk mengikat ikatan cinta lebih kuat. Di bawah ini adalah beberapa barang yang termasuk dalam kategori logam mulia dan permata yang biasa digunakan sebagai mahar.

  • Uang

Uang untuk mahar sangat umum. Biasanya koin dihias dengan berbagai desain yang unik dan menarik. Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan uang dari negara lain dan uang yang sesuai dengan tanggal pernikahan.

Jumlah yang digunakan sebagai mahar sangat bervariasi. Namun, membentuk dekorasi mahar biasanya membutuhkan keahlian sendiri. Anda dapat melakukannya sendiri atau meminta bantuan seseorang.

Kisaran harga penggunaan uang ini untuk membuat jasa mas kawin sangat bervariasi. Biaya layanan disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan paket yang diberikan. Kisarannya dari Rp 300.000 hingga Rp 1,5 juta.

Anda bisa memilih desain yang menurut Anda sesuai dengan tema pernikahan, atau mengajukan desain, kemudian orang yang menyediakan jasa akan melengkapi desain mahar dengan uang.

  • Perhiasan

Barang yang juga sangat umum sebagai mahar selanjutnya adalah perhiasan. Beberapa orang menggunakan satu set perhiasan yang lengkap, termasuk kalung, anting, cincin, liontin, gelang dan jenis perhiasan lainnya.

Set perhiasan mahar ini juga menggunakan desain yang unik. Dari kalung, gelang, liontin, anting-anting hingga cincin, penataannya membuat mereka terlihat begitu mewah saat diberikan kepada pengantin wanita pada saat pernikahan.

Harga mahar perhiasan jenis ini tentunya berbeda-beda tergantung bahannya. Ada perhiasan yang menggunakan emas, platinum dan rose gold. Beberapa orang menggunakan berbagai logam mulia atau bahkan mencampurnya dengan berlian.

Selain itu, harga perhiasan juga akan disesuaikan dengan desainnya. Perhiasan yang sulit dibuat tentu saja lebih mahal. Oleh karena itu, harga perhiasan harus mempertimbangkan tidak hanya nilai bahannya, tetapi juga desain yang digunakan.

Jenis perhiasan tertentu dan perkiraan harganya relatif sama. Dari cincin, kalung, liontin, anting-anting, hingga gelang, ada standar yang sama dalam bahan dan desain.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat cincin dan yang biasa digunakan sebagai mahar adalah emas, emas putih dan emas merah, perak, tungsten, platina, titanium, zirkonium dan paladium.

Untuk cincin yang terbuat dari emas, platinum, dan rose gold, harganya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 3 juta, atau bahkan lebih tinggi. Sedangkan untuk bahan lainnya, kisaran harga cincin bisa lebih murah.

Dengan kata lain, harga termurah sekitar Rp 300.000 hingga Rp 2 juta. Jika berlian yang digunakan, harga cincin ini akan jauh lebih mahal. Anda bisa mendapatkan cincin berlian ini, harganya berkisar antara 2 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Kisaran harga cincin ini juga berlaku untuk jenis perhiasan lainnya. Namun, untuk gelang dan kalung, harganya pasti akan relatif mahal. Ini karena total beban kalung dan gelang pasti lebih besar dari pada cincin.

  • Emas Batangan

Emas batangan juga bisa digunakan sebagai mahar. Jenis emas batangan ini memiliki harga standar, tanpa memperhatikan desain dan bentuknya. Karena ada emas dalam bentuk emas batangan, atau emas dalam bentuk koin.

Harga emas batangan ini bisa berfluktuasi sesuai dengan harga emas dunia. Emas juga dijadikan sebagai alat investasi yang semakin menarik saat ini. Bahkan ditilik dari banyaknya investor yang menggunakan emas sebagai alat investasi, harga mahar emas batangan sudah naik sebesar 4,76%.

Selain itu, harga emas sangat stabil dan risiko depresiasi akibat inflasi sangat kecil. Jadi emas memang merupakan alat investasi yang bisa menggantikan dowry atau mahar. Jadi, kisaran harga emas batangan murni 24 karat yang bisa Anda gunakan sebagai mahar.

Chat Whatsapp