Bingung Pilih Cincin Kawin Emas Kuning Atau Putih? Simak Ulasan Ini

Emas kuning dan emas putih adalah dua jenis bahan yang paling banyak dipakai untuk cincin kawin karena peminatnya yang cukup banyak. Meskipun keduanya sama-sama berasal dari emas, namun kedua bahan tersebut memiliki perbedaan yang bisa dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan.

Kelebihan Cincin Emas Kuning

Emas yang berwarna kuning lebih cocok dipakai oleh orang Indonesia yang rata-rata tone kulitnya pun kekuningan. Kombinasi tersebut dapat membuat emas kuning tampak lebih indah saat dipakai dan tidak terlihat pucat. Selain itu emas kuning juga cenderung tidak menimbulkan alergi pada kulit karena dibuat dari bahan campuran tembaga dan zinc.

Ketahanan emas kuning pun lebih baik karena tidak mudah pudar seperti emas putih. Harganya pun lebih murah dan tersedia berbagai macam pilihan dengan jumlah karat yang berbeda agar bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Emas kuning cenderung tidak membutuhkan perawatan khusus karena lapisannya yang tidak mudah pudar sehingga lebih menghemat biaya. Ditambah lagi tampilan emas kuning yang cenderung klasik dan elegan membuat logam mulia ini masih menjadi primadona. Tidak heran jika emas kuning cukup banyak peminatnya di Indonesia.

Kekurangan Cincin Emas Kuning

Meskipun memiliki banyak kelebihan, emas kuning juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya adalah kurang cocok dipakai oleh mereka yang berkulit pucat. Sifat emas kuning yang tidak memudar juga bukan berarti bahwa emas kuning tidak membutuhkan perawatan sama sekali.

Anda tetap harus memolesnya secara rutin agar warna emas tetap cerah dan tidak semakin pudar. Selain itu, emas kuning memiliki karakter yang cukup lunak jika dibandingkan dengan logam mulia lainnya. Tidak heran jika cincin emas kuning lebih mudah tergores atau penyok karena memang ketahanannya cukup lemah.

Bahkan semakin rendah kandungan emas maka semakin rendah pula kualitasnya. Jika Anda membeli emas dengan harga murah karena jumlah karatnya yang sedikit maka Anda pun harus bersiap dengan kualitasnya yang tidak begitu memuaskan.

Kelebihan Cincin Emas Putih

Emas putih memiliki kesan minimalis yang indah karena warnanya yang tidak terlalu mencolok. Jenis emas ini sangat cocok dipakai oleh wanita yang tidak terlalu menyukai tampilan berlebihan. Itulah kenapa emas putih sangat pas dipakai di segala acara baik itu formal maupun informal. Bahkan, Anda pun bisa memakainya saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

Warna putih pada emas yang terlihat sederhana membuat cincin emas putih bisa dipakai oleh semua kalangan baik anak-anak, remaja, dewasa hingga orangtua tanpa terlihat aneh. Tidak hanya dari segi penampilan, emas putih juga lebih unggul dari emas dari segi ketahanan permukaannya.

Cincin emas putih tidak mudah tergores karena permukaannya dilapisi dengan Rhodium serta dibuat dengan bahan campuran nikel sehingga menghasilkan warna putih yang berkilau. Adanya bahan tambahan tersebut membuat permukaan emas putih tidak mudah pudar ataupun tergores.

Kekurangan Cincin Emas Putih

Nikel yang digunakan sebagai campuran cincin emas putih dapat memicu alergi pada kulit yang sensitif. Selain itu lapisan Rhodium yang digunakan pada permukaan emas putih harus dirawat dengan cara melakukan pemolesan ulang minimal setahun sekali agar warna tetap cemerlang dan bersinar.

Dengan mengetahui beberapa kekurangan dan kelebihan dari emas kuning dan putih, setidaknya Anda memiliki beberapa pertimbangan mengenai jenis emas apa yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda. Dengan begitu Anda tidak akan menyesal dengan pilihan yang sudah diambil.

Chat Whatsapp