Butuh Perawatan Intens Saat Memiliki Cincin Palladium?

Cincin yang terbuat dari palladium memiliki karakter lebih baik daripada emas kuning. Cincin palladium pun jauh lebih kuat dan awet dari emas kuning. Walaupun kualitas dari cincin palladium berada di bawah cincin platinum.

Dengan karakter palladium yang jauh lebih baik dan berkualitas, membuat cincin in tidak begitu memerlukan perawatan yang sangat intensif. Bahkan tanpa perawatan sekalipun, cincin ini akan awet. Baik dari segi warna dan bentuk cincin itu sendiri.

Walaupun tidak memerlukan perawatan yang intensif, tetapi penyimpanan cincin palladium harus diperhatikan. Meskipun cincin palladium mempunyai kualitas material yang baik, namun memiliki beberapa kelemahan yang mungkin dapat membuat cincin ini mudah rusak.

Tips Menyimpan Dan Memakai Cincin Palladium

Dalam menyimpan cincin palladium, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Untuk poin pertama yaitu tempat penyimpanan cincin. Cincin palladium harus disimpan di tempat yang kering dan bersih jika tidak digunakan.

Kondisi tempat penyimpanan juga harus diperhatikan. Pastikan suhu ruangan / laci ataupun lemari memiliki suhu rendah. Usahakan suhu berada di bawah 30° Celsius.

Hindari penyimpanan di ruangan dengan suhu tinggi. Hal ini membuat dikarenakan cincin palladium mempunyai ketahanan panas yang sangat buruk. Jika cincin diletakkan di suhu yang panas, maka ketahanan cincin akan menurun. Tekstur cincin akan berubah menjadi lembek. Bentuk cincin pun akan sedikit berubah.

Sedangkan untuk penyimpanan di suhu rendah, akan membuat ketahanan cincin meningkat. Cincin pun akan jauh lebih kuat dan padat. Jadi tidak mudah penyok ataupun berubah bentuk.

Dengan kelemahan cincin palladium ini, mungkin membuatnya cukup sulit untuk digunakan dalam sehari – hari. Apalagi jika kondisi tempat kerja cukup panas. Hal tersebut membuat kualitas cincin akan menurun apabila saat bekerja dengan mengenakan cincin. Untuk menghindari cincin palladium mempunyai katahanan berkurang, sebaiknya tidak menggunakan cincin ketika bekerja.

Sedangkan bagi yang bekerja sebagai staff, tidak perlu khawatir. Sebab ruangan kerja pasti akan selalu terhindar dari kondisi panas.

Selain ada hal pemakaian cincin palladium yang harus diperhatikan, yaitu saat memasak. Pacaran / radiasi api sangat berbahaya bagi cincin palladium. Oleh karena itu, saat memasak sebaiknya lepaskan cincin dan simpan terlebih dahulu.

Jika tidak berniat untuk melepas cincin, ada tips yang harus dilakukan supaya kualitas cincin palladium terjaga dengan baik. Saat memasak, sebaiknya siapkan pula air es. Tips yang satu ini mungkin konyol, tetapi sangat efektif untuk menjaga kualitas ketahanan dari cincin palladium.

Fungsi dari air es tersebut untuk mencuci tangan. Setelah cincin terkena radiasi api kompor, cuci tangan segera dengan air es. Air es dapat berguna untuk menetralisir suhu cincin setelah terkena radiasi api kompor.

Tips tersebut bagi yang tidak meletakan AC di dapur. Sebab suhu AC dapat mengurangi pengaruh radiasi api terhadap cincin.

Sehingga tekstur dan ketahanan cincin palladium pun akan kuat kembali. Kondisi cincin palladium juga dapat terjaga dengan baik. Jadi tidak perlu takut / khawatir jika tiba – tiba tekstur dan bentuk cincin sedikit berubah. Karena hal itu tidak akan terjadi, apabila cincin digunakan di ruang / suhu rendah.

Dengan menyimpan dan memakan cincin palladium dengan tepat, maka kualitas logam palladium akan terjaga dengan sangat baik. Tekstur logam akan tetap kuat dan bentuknya tidak mudah berubah. Sehingga tidak perlu lagi melakukan perawatan cincin secara intensif. Hanya saja sebaiknya kebersihan cincin harus dijaga dengan baik. Supaya cincin tidak menjadikan sarang bakteri.

Chat Whatsapp