Cara Cuci Cincin Kawin yang Mudah dan Dijamin Awet

Cincin kawin bagi setiap orang merupakan barang berharga yang akan selalu disayang oleh pemiliknya. Terkadang pemiliknya pun rela mengeluarkan ongkos lebih demi merawat cincin yang ia miliki. Bagi Anda yang telah memiliki cincin kawin, tak ada salahnya Anda mencoba merawat barang tersebut dengan cara mencucinya.

Apakah sebelumnya Anda pernah membayangkan apabila cincin kawin yang Anda kenakan ternyata bisa juga dicuci dan bagaimana cara mencucinya? Apakah sama dengan mencuci baju ataukah cukup direndam lalu diambil? Tentu Anda menjadi penasaran bukan? Berikut adalah cara mencuci cincin kawin yang tepat dan aman, agar cincin yang Anda miliki tak lantas berubah warna menjadi hitam dan mengalami kelunturan.

Mencuci Cincin Kawin dengan Buah dan Bahan Kimia

Pertama, Anda dapat menggunakan buah lemon sebagai bahan mencuci cincin kawin. Gosok secara perlahan pada cicin kawin Anda, cicin Anda pun akan berkilau. Kandungan yang ada pada buah yang memiliki cita rasa asam ini mampu membersihkan kotoran dari cincin dan paling baik digunakan untuk cincin yang berbahan dasar perak. Agar hasilnya maksimal, tambahkan bubuk soda kue yang dicampur dengan perasan air lemon, atau Anda  juga dapat melakukan perendaman perasan lemon yang dicampur dengan garam selama satu hari satu malam.

Kedua, Anda dapat menggunakan zat kimia yakni ammonia. Ada baiknya Anda mengaplikasikannya  dengan hati-hati pada cincin kawin Anda saat menggunakan ammonia. Baunya yang cukup menyengat, ammonia ini pun dapat membuat mata Anda terasa perih saat terlalu lama melihat cairan tersebut. Cara mengaplikasikan ammonia dapat dicampur dengan segelas air (cukup beri sedkit saja cairan amonianya), lalu Anda celukan cincin kawin Anda selama satu menit, kemudian lekas Anda angkat.

Setelah melalui proses tersebut, bilas dengan air mengalir. Kemudian keringkan dengan kain berbahan lembut. Menggunakan ammonia memang cukup efektif untuk cincin kawin yang memiliki tingkat kekotoran yang tinggi. Namun yang peelu menjadi perhatian, karena ammonia memiliki sifat korosif, baiknya Anda dapat menggunakan cara lain, terkecuali kondisi cincin Anda sudah tak sedap lagi dipandang.

Alternatif ketiga Anda dapat menggunakan alkohol sebagai bahan untuk membersihkan cincin kawin. Bagi Anda yang sering melakukan aktifitas membersihkan makanan yang berlemak hingga menempel pada cincin Anda, tak ada salahnya jika Anda mencoba membersihkan lemak dengan mengoleskan alkohol menggunakan cotton bud pada cincin Anda yang berbahan dasar emas untuk bagian yang sulit dijangkau. Namun, Anda pun boleh merendam cincin secara keseluruhan asalkan berbahan dasar emas.

Semakin Awet Mencuci Cincin Kawin dengan Bahan Rumah Tangga

Mencuci cincin kawin menggunakan bahan  campuran detergen dan soda kemudian merendamnya selama  10 hingga 20 menit mampu membawa kotoran yang ada pada cincin. Setelah itu, Anda dapat menyikat cincin dengan sikat yang berbahan lembut. Hingga pada proses pengeringan pun, Anda disarankan untuk menggunakan kain yang berbahan lembut pula.

Bagi perempuan maupun laki-laki yang mengenakan cincin kawin dan akrab dengan sabun cuci piring, cara ini dirasa efektif untuk membersikan cincin. Cukup campurkan sabun dengan air hangat, lalu rendam selama lima menit dan Anda pun sudah dapat melihat hasilnya secara langsung. Dan pada proses akhir, gunakan lap kering nan lembut untuk membersihkan air yang menempel. Dalam hal ini disarankan tidak menggunakan air panas untuk mencuci, karena dapat mengurangi fungsi daya rekat lem yang menempel pada permata cincin.

Yang terakhir, Anda dapat menggunakan baking soda untuk membersihkan kotoran pada permukaan cincin kawin Anda. Cukup campurkan bubuk baking soda dengan air hangat, rendam selama dua menit, angkat dan keringkan. Selanjutnya lakukan penggosokan cincin dengan kain yang telah ditetesi cuka agar terlihat lebih kemilau, dan bilas dengan air. Penggunaan cuka dan baking soda pada bagaian pemukaan permatan tidak disarankan untuk menghindari kelonggaran batu permata yang ada pada cincin kawin.

Chat Whatsapp