Cara Mengukur Ukuran Jari Cincin Kawin Secara Tepat dan Cepat

Meskipun memilih bahan cincin kawin merupakan pertimbangan yang paling utama saat membuatnya, namun jangan lupa bahwa ukurannya juga harus sesuai dengan jari pasangan Anda. Tidak peduli betapa mahalnya cincin yang Anda hadiahkan untuk pasangan, semua itu sia-sia saja jika ukurannya tidak pas dengan pemakainya.

Saat membeli cincin ke toko emas biasanya Anda diberikan pilihan ukuran cincin mulai dari nomor 10 hingga 18. Anda bisa mencoba beberapa ukuran tersebut dan menyebutkan nomor yang paling pas dengan cincin Anda. Barulah kemudian pesanan cincin akan diproses. Akan tetapi untuk mempercepat proses pembelian, Anda bisa mengukur jari Anda sendiri di rumah sehingga Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu di toko emas hanya untuk mencoba beberapa ukuran.

Cara Jitu Mengukur Jari Anda

  • Ukur Jari di Malam Hari

Kenapa harus malam hari? Karena di waktu lain ukuran jari Anda mungkin berbeda, bisa jadi lebih besar atau lebih kecil. Saat malam hari ukuran jari terbilang lebih akurat. Pastikan untuk mengukur jari tepat pada bagian yang ingin dipakaikan cincin. Jari manis sebelah kanan adalah tempat pemakaian cincin yang paling banyak dipilih. Anda harus mengukur jari di tangan yang sama, tidak boleh menggunakan tangan kiri karena meskipun tampak sama, sebenarnya ukuran jari di kedua tangan memiliki perbedaan. Salah mengukur akan berakhir pada salah mendapatkan ukuran.

Gunakan pita atau kertas untuk mulai mengukur. Lingkarkan pada jari Anda dan pastikan posisinya sudah pas, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Gunakan ukuran yang membuat jari Anda terasa nyaman. Selanjutnya ukurlah lingkaran jari tersebut dimana kedua ujung pita atau kertas bertemu. Ukuran inilah yang akan menjadi patokan. Tulis ukuran dalam satuan millimeter atau inchi karena tabel ukuran biasanya menggunakan satuan tersebut.

Carilah tabel ukuran di internet dan dapatkan nomor cincin Anda sesuai dengan data yang sudah dicatat sebelumnya. Dari tabel tersebut Anda akan menemukan nomor cincin sesuai pengukuran jari. Bisa saja Anda mendapat dua nomor cincin dari ukuran jari Anda, jika hal ini terjadi pilihlah nomor yang lebih besar.

  • Gunakan Bagan Lingkaran

Selain tabel ukuran, Anda juga bisa menggunakan bagan lingkaran yang ada di internet untuk mengukur jari Anda. Bagan ini lebih mudah dipakai karena Anda bisa mencetak dan menggunakan lingkaran yang ada di sana untuk mengukur jari. Ada banyak ukuran bagan yang bisa dicoba dan Anda bisa langsung menemukan nomor cincinnya tanpa harus mengukur dan mencatat hasilnya.

Selain memotong bagan yang sudah dicetak, Anda juga bisa menggunakan kawat untuk melingkari jari lalu mencocokkan lingkaran jari tersebut pada bagan untuk mendapatkan ukuran yang tepat. Apabila Anda menemukan dua lingkaran yang sama ukurannya dengan kawat, maka pilihlah yang paling besar nomornya.

Tujuan Mengukur Cincin Pernikahan

Sebagai perhiasan yang dipakai sehari-hari, cincin pernikahan sangat dianjurkan memilih ukuran yang comfort fit. Mengapa demikian? Comfort fit adalah ukuran yang dibuat senyaman mungkin mengikuti jari agar pemakai cincin merasa nyaman saat memakainya. Hal ini harus diinformasikan sejak awal saat Anda membeli cincin ke toko perhiasan.

Dengan memberitahu penjual bahwa Anda Bertujuan menggunakan cincin untuk pernikahan, maka penjual setidaknya akan mempertimbangkan ukuran cincin yang comfort fit. Tentu saja harus tetap diikuti dengan pengukuran jari terlebih dahulu agar cincin pas dan sesuai dengan jari pemakai.

Mengukur cincin sangatlah penting karena seiring berjalannya waktu jari seseorang bisa berubah. Pengukuran cincin tidak boleh terlalu sempit agar bisa mengakomodasi perubahan yang mungkin terjadi di kemudian hari, namun juga tidak terlalu longgar agar cincin tidak jatuh.

Dengan melakukan pengukuran cincin, Anda bisa memberikan hadiah cincin pernikahan terindah untuk pasangan yang bisa dipakai setiap waktu dan sepanjang masa.

Chat Whatsapp