Cara Mudah Untuk Membedakan Cincin Perak Dengan Cincin Palladium

Bagi pasangan yang ingin menikah tentunya mereka memerlukan sepasang cincin untuk menandakan jika mereka sudah sah menjadi suami istri. Berbagai macam bahan logam dapat dijadikan sebuah cincin yang nantinya bisa dipakai oleh pasangan pengantin.

Mulai dari cincin emas, cincin perak, cincin platinum hingga cincin palladium yang kini mulai diminati. Cincin dengan bahan Palladium dan juga perak memiliki kesamaan yakni berwarna silver. Meskipun memiliki warna yang sama, cincin berbahan palladium ternyata lebih bernilai ketimbang yang perak.

Sebaiknya anda terlebih dahulu mencari tahu info-info tentang cincin berbahan palladium ini. Karena untuk mengurangi resiko terjadinya penipuan saat membelinya.

Disini kami akan membahas tentang bagaimana cara untuk membedakan cincin palladium dengan cincin perak.

 1. Cincin Berbahan Palladium Berkilau Lebih Bagus

Cincin palladium dapat dibedakan dengan mudah dari kilauan-nya saat disandingkan dengan cincin perak. Sebab cincin berbahan palladium nampak lebih berkilauan daripada yang berbahan perak.

Logam palladium juga sering dijadikan campuran dengan emas putih agar terlihat lebih berkilau. Paduan kedua bahan tersebut akan menghasilkan perhiasan yang bagus tentunya saat dilihat.

 2. Perbedaan Warna Saat Berkilauan

Saat kita melihat perhiasan yang berkilau, tentunya anda akan terpesona dengan hal tersebut. Namun tahu kah anda kalau kilauan pada perhiasan memiliki warna yang berbeda?

Ketika membandingkan cincin berbahan palladium dengan perak, keduanya memiliki warna kilauan yang tidak sama. Untuk cincin palladium, warnanya agak kehitam-hitaman. Sedangkan cincin perak memiliki warna putih namun sedikit keruh.

 3. Cincin Dengan Bahan Palladium Warnanya Lebih Awet Daripada Perak

Perbedaan selanjutnya dari cincin palladium dengan cincin perak adalah dari daya tahannya. Hal ini bisa diperhatikan lewat warnanya dari waktu ke waktu.

Cincin berbahan palladium memiliki warna yang tidak akan berubah sebab logam ini murni berwarna putih. Sedangkan untuk cincin berbahan perak, warnanya akan semakin pudar meskipun dirawat sebaik apapun. Namun cincin perak masih bisa dibuat seperti baru dengan cara dipoles ulang oleh tukang perhiasan.

 4. Palladium Lebih Keras Dan Kuat Dibandingkan Perak

Dan yang terakhir yaitu dapat dilihat dari kekuatan logam yang ada dalam cincin tersebut. Cincin palladium memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi ketimbang cincin perak.

Karena memiliki tingkat kekerasan yang lebih kuat, palladium jelas lebih awet dari perak. Karena jika dibenturkan dengan logam lain, logam palladium akan lebih sulit digores ketimbang perak.

Cincin dengan bahan palladium maupun perak memang memiliki kelebihan ataupun kekurangannya masing-masing. Jika dibandingkan dari informasi singkat diatas, tentunya logam palladium lebih bagus daripada perak.

Namun bagi masyarakat Indonesia, cincin berbahan perak nampaknya lebih laris di pasaran daripada palladium. Sebab harganya yang jauh lebih murah ketimbang harus membeli cincin berbahan palladium yang harganya lebih dari lima juta rupiah.

Sebaliknya bagi para pengoleksi perhiasan, jelas mereka akan memilih cincin berbahan palladium karena lebih bernilai ketimbang perak. Sebab bisa saja harga palladium akan meningkat untuk 5-10 tahun nanti.

Bagi para pengantin pria dengan adanya palladium ini tentunya mereka bisa menggunakan cincin nikahnya kapan saja. Sebab bahan ini bisa menjadi alternatif selain emas yang bisa dijadikan perhiasan setelah menikah.

Dan untuk perawatan sudah dijelaskan sebelumnya bahwa palladium jauh lebih awet ketimbang perak. Sebab logam palladium memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada logam perak saat dijadikan perhiasan.

Demikian informasi mengenai cara untuk membedakan cincin perak dengan cincin Palladiumdengan mudah. Semoga anda bisa mempertimbangkan kualitas antara kedua cincin tersebut dari informasi yang kami sajikan.

Chat Whatsapp