Cara Terbaik Melihat Cincin Kawin Emas Asli dan Palsu

Bukan rahasia lagi, cincin kawin merupakan simbol ikatan suci pernikahan. Oleh karena itu, banyak orang meyakini tidak lengkap jika dalam upacara pernikahan tidak ada cincin kawin. Umumnya, cincin kawin ini terbuat dari emas dan emas putih. Saat ini, cincin kawin dari emas menjadi tren.

Cincin kawin emas banyak diminati oleh para pasangan pengantin. Itu karena harganya yang terjangkau dibandingkan emas putih. Selain itu, cincin kawin dari emas juga terlihat lebih elegan dan mewah. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam membeli cincin emas karena ada cincin emas palsu.

Untuk melihat cincin emas itu asli dan palsu ada cara terbaik Penasaran bagaimana caranya? Mari, simak penjelasan cara terbaik melihat cincin kawin dari emas asli dan palsu berikut ini.

Lebih Dekat dengan Cincin Kawin Emas

Sebelum mengetahui cara terbaik melihat cincin emas asli dan palsu, ada baiknya Anda mengetahui tentang cincin kawin dari emas asli. Cincin kawin emas merupakan cincin kawin yang terbuat dari logam transisi yang kuning, berat, lunak, tidak bereaksi dengan zat kimia lainnya tetapi akan terganggu dengan zat kimia tertentu, seperti: aqua regia, fluorin dan klorin.

Perlu Anda ketahui, emas asli dapat mencair pada suhu sekitar 1000 derajat Celsius. Selain itu, emas asli memiliki kekerasan sekitar 2,5 sampai dengan 3 Mohs. Adapun berat jenis emas asli tergantung dari berapa karat emas tersebut karena kadar karat emas menentukan berapa bagian kandungan jenis logam lainnya.

Jadi, jika cincin kawin Anda terbuat dari emas 18 karat, artinya cincin kawin tersebut mengandung 75% emas murni dan 25% logam lainnya. Oleh karena itu, mengetahui cincin emas itu asli dan palsu merupakan suatu hal yang penting.

Cara Terbaik Melihat Cincin Kawin Emas yang Asli dan Palsu

Pastinya, Anda tidak ingin rugi dan tertipu saat membeli cincin emas. Itu karena banyak cincin emas palsu yang beredar di pasaran. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara melihat cincin kawin emas yang asli dan palsu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

  • Perhatikan Warna Cincin Emas dengan Saksama

Anda pasti mengetahui warna emas adalah kuning. Nah, warna emas ini merupakan cara terbaik untuk mengecek cincin emas itu asli atau palsu. Adapun caranya dengan menggosok-gosokkan badan cincin emas ke jari tangan.

Jika setelah digosok-gosokkan warna cincin emas berubah maka cincin emas itu palsu. Hal itu karena cincin emas yang asli tidak akan mengalami perubahan warna setelah digosok-gosokkan di jari tangan.

  • Identifikasi Berat Cincin Emas

Cara termudah lainnya untuk mengetahui cincin emas asli dan palsu adalah dengan identifikasi berat cincin. Jika Anda membeli cincin emas 18 karat dengan berat 4 gram, pastinya terasa berat. Namun, jika timbangan cincin emas itu ringan tidak sesuai dengan kadar karat dan beratnya maka cincin emas itu palsu.

  • Coba Gigit Cincin Emas Anda

Satu lagi cara mudah untuk mengecek cincin kawin emas asli atau palsu adalah dengan cara menggigitnya. Jika cincin emas saat digigit terasa lunak maka emas itu asli. Namun, sebaliknya jika digigit terasa keras, artinya palsu.

  • Gunakan Magnet

Emas merupakan jenis logam mulia yang bersifat non magnetis atau tidak terpengaruh sama sekali dengan medan magnet. Nah, magnet ini dapat dijadikan uji cincin emas. Caranya dengan mendekatkan cincin emas ke magnet. Jika hasilnya cincin emas tidak menempel maka cincin tersebut asli. Namun, Anda tetap berhati-hati, bisa jadi cincin emas tidak menempel karena ada campuran logam lain non magnetis di dalamnya.

  • Goreskan di Keramik

Cara terbaik lainnya untuk mengetahui cincin emas asli atau palsu dengan menggoreskan cincin emas pada permukaan keramik. Jika di permukaan keramik ada bekas goresan warna hitam, maka cincin emas itu palsu. Namun, jika tidak meninggalkan goresan sama sekali cincin emas itu asli.

Itulah 5 cara terbaik untuk melihat keaslian cincin emas untuk pernikahan Anda. Selain 5 cara tersebut, Anda juga dapat mengecek sertifikat keaslian perhiasan emas. Umumnya, perhiasan dari emas asli memiliki surat resmi atau sertifikat dari lembaga resmi pemerintah. Jadi, sangat disarankan untuk teliti dan berhati-hati saat membeli cincin kawin emas.

Chat Whatsapp