Cara Wujudkan Cincin Kawin Custom

Jika Anda bosan dengan model dan desain cincin kawin yang ada di pasaran saat ini, maka membeli cincin custom adalah solusi terbaik. Cincin custom dibuat secara eksklusif sesuai dengan permintaan Anda. Dengan membuat cincin custom Anda bisa memiliki sebuah cincin yang hanya ada satu di dunia karena Anda lah yang menciptakan desainnya.

Meskipun demikian membuat desain untuk cincin custom tidak semudah yang dibayangkan. Ada kalanya Anda merasa tidak memiliki ide dan inspirasi model yang sesuai serta tidak tahu bagaimana cara memulainya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan sebuah cincin custom eksklusif untuk pasangan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memesan Cincin Custom

  • Rencanakan Desainnya

Saat membuat sebuah cincin custom, Anda lah yang akan menjadi desainernya. Jadi pikirkan baik-baik desain seperti apa yang diinginkan. Dalam kasus ini, Anda sedang ingin membuat sebuah cincin dimana ini berarti jenis perhiasan dan bentuknya sudah sangat jelas karena semua cincin itu pasti bulat.

Tidak seperti perhiasan lain, anting misalnya, dimana Anda masih harus menentukan rangka dari perhiasan tersebut karena anting memiliki banyak bentuk. Membuat desain cincin lebih mudah karena rangka dasarnya sudah Anda dan Anda hanya perlu memikirkan ornament apa yang akan ditambahkan.

Anda bisa menentukan detail seperti apa yang diinginkan pada cincin, apakah itu sebuah berlian sebagai hiasan atau motif tertentu yang dipahat dan dibentuk pada band cincin.

  • Menentukan Jenis Logam

Selanjutnya tentukan logam mulia apa yang akan digunakan untuk membuat cincin dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Anda bisa memilih emas, perak, titanium, rose gold atau palladium sebagai bahan dasar cincin. Jenis batu permata pun harus ditentukan apabila Anda ingin menggunakannya sebagai hiasan.

  • Konsultasi dengan Penjual

Apabila Anda merasa bingung dalam membuat desainnya, cobalah berkonsultasi dengan penjual untuk mendapatkan beberapa masukan desain. Anda bisa melihat beberapa contoh desain cincin yang ada untuk memperoleh ide yang pas.

Ceritakan semua kebutuhan dan selera Anda pada penjual agar mereka bisa membantu Anda memilih desain seperti apa yang pas dan bisa menggambarkan keinginan Anda tersebut. Dengan berkonsultasi dengan penjual Anda pun bisa mendapatkan gambaran kisaran harga dari desain cincin yang Anda buat.

  • Menyerahkan Desain

Setelah memberikan gambaran mengenai desain cincin yang ingin dibuat, selanjutnya desain Anda akan ditransformasikan menjadi sebuah sketsa yang dibuat melalui CAD, tablet atau bahkan digambar secara manual diatas kertas.

Setelah direalisasikan, mungkin saja ada beberapa bagian pada desain yang kurang sesuai sehingga perlu direvisi. Dalam hal ini jangan menolah dengan masukan dari penjual apabila hal tersebut memang membuat desainnya menjadi lebih baik. Penjual mungkin lebih tahu mengenai seluk beluk desain cincin serta perkiraan harganya sehingga mereka mengusulkan beberapa perubahan atau revisi.

Cincin Custom Membutuhkan Proses

Tidak seperti cincin lain, cincin custom membutuhkan proses yang mungkin saja agak lama sebelum sampai di tangan Anda. Pembuatan cincin custom biasanya berkisar antara 6 hingga 8 minggu tergantung dari kerumitan desainnya.

Harga cincin custom juga cenderung lebih mahal karena desain yang Anda inginkan tidak ada di pasaran serta membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu untuk membuat satu cincin yang berbeda dari yang lain. Oleh karena itu selalu siapkan budget dan kesabaran yang cukup saat membeli cincin custom karena cincin Anda sangat special dan tidak akan ada orang lain yang memiliki cincin yang sama.

Chat Whatsapp