Cincin Kawin Lebih Baik Emas atau Palladium?

Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan istilah logam mulia paladium. Apakah benar-benar lebih baik memiliki cincin kawin emas atau cincin kawin paladium? Apa bedanya? Kami akan memberi Anda informasi tentang perbedaan antara cincin emas dan cincin paladium.

Apa perbedaan antara emas dan paladium?

Salah satu logam mulia yang paling terkenal adalah emas. Bahan ini biasanya dibuat menjadi perhiasan dengan berbagai desain atau dijual dalam bentuk strip. Tapi tahukah Anda bahwa ada logam mulia lain yang disebut paladium? Jika belum banyak yang tahu, alasan keberadaan paladium cukup langka.

Apa itu cincin paladium?

Palladium adalah logam mulia dengan warna putih mirip dengan perak. Disebut logam mulia karena paladium terkandung dalam logam-logam golongan platina atau logam-logam golongan platina. Lima elemen lainnya adalah rutenium, rodium, osmium, iridium, dan platinum.

Warna Palladium putih alami, tidak mudah pudar. Warna alami ini dapat mengubah kuning emas menjadi putih. Kekerasan logam mulia ini lebih tinggi daripada emas dan perak. Dalam kisaran logam mulia, emas dan perak terbentuk dari rhodium.

Di masa lalu, paladium tidak dikenal banyak orang. Namun kini, paladium sudah mulai menjadi pengganti platinum terbaik. Hal ini menyebabkan harga paladium meroket. Ketersediaannya di alam tidak begitu melimpah. Dibutuhkan waktu lama untuk mengekstrak paladium.

Meskipun harganya lebih murah dari platinum, daya tahan tali palladium tidak kalah dengan platinum.

Tidak hanya itu, paladium adalah logam hypoallergenic, bagi sebagian orang yang alergi terhadap logam tertentu, itu adalah logam yang aman.

Pengertian Cincin Emas

Pasangan Cincin kawin platinum memiliki berbagai macam karat untuk dipilih, dan karat cincin akan menentukan harga cincin kawin Anda.

Dari segi harga, platinum masih lebih mahal dari paladium. Emas putih 18 karat adalah campuran dari 75% emas murni dan 25% logam putih lainnya (seperti nikel). Kombinasi emas dan logam putih lainnya (seperti nikel) umumnya membuat orang alergi terhadap logam nikel.

Setelah, sebagian besar platina akan berlapis rhodium, yang akan membuat warna putih lebih tahan lama dan lebih cerah. Saat Anda dan pasangan memilih emas putih, sebaiknya lakukan perawatan rutin agar cincin kawin tetap putih.

Apakah Cincin Kawin Lebih Baik Dari Emas Atau Palladium?

Jika Anda dan pasangan menginginkan cincin kawin yang bentuknya hampir mirip dengan platinum atau emas putih, maka cincin palladium mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat, cincinnya relatif murah.

Keunggulan Cincin Palladium
  1. Mudah dibersihkan di bawah air mengalir, dan kainnya lembut.
  2. Tidak diperlukan perawatan khusus.
  3. Warna dan kilaunya sangat tahan lama dan tidak akan berubah dengan cara apa pun bahkan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Lingkungan tahan korosi.
  5. Tidak menyebabkan alergi sehingga aman kontak langsung dengan kulit sensitif.
  6. Tidak mudah rusak, karena ketahanannya sangat baik.
  7. Harga paladium lebih terjangkau daripada platinum, tetapi tergantung pada bentuk akhir paladium.
  8. Ini adalah logam mulia yang langka, jadi tidak semua orang bisa memilikinya. Tidak heran orang yang memakai paladium dianggap memiliki status sosial yang tinggi.
Kekurangan Ring Palladium
  1. Nilai jual kembali tidak tinggi. Pasalnya, tidak banyak orang yang tahu tentang paladium. Sangat sedikit orang yang mengetahui fungsinya. Juga, tidak semua toko perhiasan akan menerima paladium yang Anda jual.
  2. Agak sulit untuk dicetak berdasarkan desain yang rumit.
  3. Dibandingkan dengan perak, harganya lebih mahal.
  4. Sulit untuk menemukan paladium yang benar-benar murni karena umumnya dicampur dengan perak.
  5. Persediaan Anda di pasar tidak sebesar emas dan perak karena langka.

Mengingat semakin populernya paladium, sangat penting untuk memahami paladium. Khusus bagi Anda yang sedang mencari alternatif perhiasan emas, Anda bisa memilih paladium yang memiliki banyak keunggulan, mulai dari non-oxidizing, warna tahan lama, hypoallergenic hingga perawatan yang mudah.

Chat Whatsapp