Cincin Kawin Rose Gold yang Terkenal

Sama seperti trend fashion yang sering berubah seiring berjalannya waktu, trend dalam cincin nikah pun terus bermunculan salah satunya yang menjadi trend adalah cincin Rose Gold. Melambungnya poplaritas Rose Gold salah satunya disebabkan karena hasil warna unik yang dihasilkan oleh cincin. Warna Rose Gold berbeda dengan cincin kawin pada umumnya yang berwarna kuning dan putih sehingga cincin ini pun sangat diminati.

Mengenal Lebih Jauh Cincin Rose Gold

Dinamakan Rose Gold karena cincin ini memiliki warna emas kemerahan yang dihasilkan dari perpaduan antara emas dan perunggu. Meskipun baru populer selama kurang lebih sejak lima tahun yang lalu hingga sekarang, Rose Gold sebenarnya sudah ada sejak tahun 1800an di Rusia.

Perhiasan Rose Gold hilang dan redup sejak terjadinya perang dunia kedua dan mulai dikenal kembali di tahun 2000-an. Cincin Rose Gold pertama kali dikenal di Rusia sehingga beberapa kalangan ada yang menyebutnya dengan Emas Rusia.

Karena dibuat dari campuran emas dan perunggu, Rose Gold biasanya tidak bisa dibuat dengan kadar emas 24 karat. Untuk menghasilkan warna Rose Gold paling tidak dibutuhkan 75% emas dan 25% logam campuran. Warna kemerahan pada perhiasan Rose Gold sangat bervariasi tergantung dari presentase emas yang digunakan, ada yang kekuningan dan aja juga yang cenderung berwarna pucat.

Kelebihan Cincin Rose Gold

  • Tahan Lama

Cincin Rose Gold terbilang lebih kuat terhadap goresan dibandingkan dengan cincin emas kuning dan emas putih karena terdapat lapisan perunggu yang melindungi permukaannya. Bahan yang digunakan pada Rose Gold membuat cincin ini tidak mudah kusam atau luntur warnanya. Jika pada emas putih lapisan Rhodium hanya mampu bertahan sekitar satu tahun sebagai pelindung dari goresan, lapisan Rose Gold dapat bertahan lebih lama dari itu.

  • Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Warna Rose Gold sangat cocok dipakai baik untuk wanita yang berkulit putih maupun sawo matang sehingga bisa dipakai oleh siapa saja. Akan tetapi pria sebaiknya tidak memakai perhiasan ini karena terdapat kandungan emas di dalamnya.

  • Harganya Bervariasi

Salah satu kelebihan Rose Gold yang menguntungkan bagi semua kalangan adalah harganya yang bervariasi. Harga cincin Rose Gold bergantung pada jumlah atau kadar emas yang terkandung di dalamnya. Semakin banyak emas maka semakin mahal.

Akan tetapi seperti yang sudah dibahas sebelumnya, standar pembuatan cincin Rose Gold adalah dengan perbandingan emas dan logam lain sebanyak 75:25. Jika Anda menginginkan cincin yang harganya lebih murah maka perbandingan tersebut bisa diubah menjadi 50:50. Semakin sedikit emas yang digunakan maka cincin akan berwarna lebih kemerahan. Tentunya warna tersebut akan membuat hasil akhir semakin cantik.

Semakin banyak emas yang dipakai maka warna cincin akan lebih kekuningan sehingga penambahan emas memang tidak bisa dibuat terlalu dominan. Bahkan jika Anda ingin menambahkan 90% emas dan 10% logam lain, gramasi cincin harus dibuat lebih besar agar menghasilkan warna kemerahan. Jadi meski Rose Gold tidak bisa dibuat dengan kadar emas 24 karat

Keindahan warna Rose Gold memang menjadi daya tarik sendiri pada cincin ini. Dengan warna emas yang kemerahan, cincin Rose Gold seakan mematahkan stigma bahwa perhiasan umumnya berwarna kuning dan putih. Tidak heran jika Rose Gold semakin dikenal dan diminati sejak lima tahun yang lalu dan tetap menjadi primadona hingga saat ini.

Chat Whatsapp