Cincin Palladium Bisa Jadi Alternatif Cincin Kawin Murah

Ada aneka macam logam mulia yang biasa dipakai untuk membuat cincin. Misalnya emas, perak, platinum, berlian sampai yang saat ini ramai dibicarakan adalah palladium. Cincin palladium harga dan desainnya banyak diminati sejumlah kalangan, karena pesonanya tidak kalah menggunakan emas dan logam mulia lainnya, harganya pun relatif terjangkau.

Cincin yang terbuat berdasarkan palladium bisa sebagai cara lain  untuk Anda yang sedang mencari cincin kawin. Meski harganya lebih murah berdasarkan cincin emas. Nyatanya, palladium sebagai salah satu logam mulia yang berkualitas. Bahkan beberapa pihak menyebutkan bahwa kualitas cincin palladum hampir sama dengan cincin emas.

Sekilas Tentang Logam Mulia Palladium

Perlu diketahui bahwa palladium merupakan jenis logam mulia yang berwarna putih layaknya perak. Palladium dianggap logam mulia karena masuk pada jenis Platinum Group Logam beserta Rhodium, Ruthenium, Osmium, Iridium dan Platina.

Selain berwarna putih, karakteristik spesial   dari palladium merupakan tingkat kekerasannya yang lebih tinggi berdasarkan emas dan juga perak. Kemudian untuk warna putih dari palladium juga lebih awet dan tidak mudah memudar.

Mengingat ciri utamanya ini, tidak heran apabila perhiasan yang terbuat dari palladium banyak diminati oleh aneka macam kalangan, khususnya dipakai buat cincin. Bahkan, saat ini terdapat banyak pasangan yang memilih cincin palladium menjadi pilihan yang lebih terjangkau untuk cincin kawin.

Sejarah Cincin Palladium

Palladium memiliki sejarah dan perkembangan yang cukup panjang. Cincin palladium pertama kali dibentuk dalam bulan Juli 1803. William Hyde Wollaston merupakan penemu berdasarkan logam mulia palladium pada tahun 1803.

Pada awalnya, palladium lebih dikenal dengan logam putih yang berkilau dan langka. Wollaston menamai logam mulia tersebut menggunakan kata Asteroid Pallas, yang diambil berdasarkan mitologi Yunani, yakni kisah Athena yang berhasil membunuh Pallas.

Berdasarkan catatan sejarah, Wollaston menemukan Asteroid Pallas pada sela-sela biji logam platina. Kemudian beliau mengekstraknya memakai bahan kimia, untuk menghasilkan logam mulia berwarna putih.

Meski ditemukan pada awal abad ke-18, butuh saat kurang lebih dua abad buat mengembangkan palladium. Kemudian pada awal abad ke-20. Logam mulia berwarna putih ini mulai terkenal diseluruh dunia dan banyak dilirik sebagai material yang dipakai buat menciptakan aneka macam perhiasan.

Dulunya cincin palladium lebih sering digunakan sebagai komponen untuk mengadakan program pernikahan low cost. Hal ini tidak lain karena harga cincin yang terbuat berdasarkan palladium lebih terjangkau dibandingkan dengan cincin berlian dan cincin emas.

Ketika popularitas cincin palladium mulai naik, cincin ini dibentuk dengan bahan palladium murni tanpa memakai campuran logam mulia lainnya. Namun, seiring perkembangan zaman. Pembuatan cincin palladium sudah memakai material lainnya seperti emas. Dengan adanya adonan berdasarkan emas dalam cincin palladium, akan membuat warnanya lebih mengkilap.

Keunggulan Cincin Palladium

Dengan banyaknya peminat cincin yang terbuat dari bahan palladium. Hal ini tidak lain karena logam mulia memiliki aneka macam keunggulan. Adapun keunggulan bahan palladium yang dipakai untuk menciptakan cincin perhiasan.

  • Ketahanan yang Tinggi

Keunggulan primer yang dimiliki palladium merupakan daya tahannya yang cukup tinggi. misalnya halnya platinum dan emas, palladium masuk kategori logam mulia yang tahan terhadap korosi dan oksidasi. Sifat inilah yang membuat palladium tidak mudah berkarat.

Dengan begitu, cincin palladium mampu lebih awet dan tidak mudah berkarat. Dalam hal sangat berbanding terbalik dengan cincin yang terbuat dari bahan perak yang lebih mudah berkarat dan warnanya mudah memudar.

Berkat inilah cincin palladium dilirik, karena harganya lebih murah menggunakan kualitas yang hampir sama dari cincin emas.

  • Harga Terjangkau

Keunggulan yang ke 2 dari cincin palladium merupakan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan cincin emas atau berlian. Selain itu, cincin palladium sering digunakan sebagai cincin kawin karena desainnya yang lebih mudah tetapi tetap menampilkan kesan elegan.

Meskipun cincin palladium memiliki harga yang lebih mahal dari cincin perak. Namun, dari segi kualitas, cincin palladium jauh lebih cantik dibandingkan dengan cincin perak yang mudah berkarat dan warnanya mudah memudar.

  • Praktis Dibersihkan

Mengingat sifatnya yang tidak mudah berkarat. Cara membersihkan cincin palladium juga sangat mudah. Anda tidak memerlukan perawatan spesifik yang rumit dan ribet untuk membersihkannya. Sebab, Anda mampu membersihkan dengan cara mengelapnya sehabis memasukkan cincin ke pada air hangat yg dicampur dengan sabun.

Akan tetapi, jika Anda ingin memperoleh hasil yang lebih baik, Anda bisa memakai indera pembersih khusus yang ditujukan untuk membersihkan logam palladium. Dengan melakukan cara membersihkan logam palladium yang sangat mudah itu, kemilau berdasarkan cincin palladium akan tetap terjaga.

Chat Whatsapp