Cincin Simbol Abadi Pernikahan, Beginilah Tips Memilih Sesuai Budget

Mengatur pernikahan itu sulit, mengingat pernikahan adalah acara sakral yang jarang diadakan untuk setiap pasangan. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan susah payah. Pakaian pernikahan, make up dan katering, namun juga menyiapkan gambar pernikahan, khususnya cincin kawin.

Masing-masing memiliki harapan agar cincin kawin dapat dipakai selamanya dan dapat menjaga kehormatan dan kesuksesan keluarga. Apapun alasannya, cincin kawin adalah hal yang penting dalam sebuah pernikahan.

Dalam memilih cincin kawin tidak bisa terlalu memaksakan diri. Jelas, setiap wanita jam dan suami harus memiliki cincin kawin yang benar dan nyaman dipakai untuk waktu yang lama. Namun, sampai saat ini masih banyak wanita yang bingung memilih cincin kawin yang seperti apa.

Baca juga: Mengenal Anting Berlian dan Manfaatnya

Tentukan Anggaran Cincin Nikah

Cobalah untuk tidak membatasi diri Anda untuk membeli cincin kawin yang mewah, karena ini akan sulit bagi Anda. Kami menyarankan Anda memutuskan rencana keuangan untuk cincin kawin.

Misalnya Rp 3 juta untuk setiap cincin atau Rp 5 juta untuk pasangan. Dengan mengetahui rencana keuangan yang siap untuk cincin kawin, maka akan semakin memudahkan diri sendiri maupun pasangan Anda dalam memilih jenis dan bahan cincin yang akan dipetik.

Ketahui Material Dasar Cincin dan Kisaran Harga

Pilih bahan dasar cincin sesuai keinginan dan tentunya tidak melebihi rencana keuangan yang telah disusun sebelumnya. Pada umumnya, calon pengantin memilih cincin nikah dengan bahan dasar emas kuning atau putih.

Sebenarnya, cincin kawin memiliki bahan dasar logam lainnya, yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Mengutip dari situs Metal Mulia Jewelry, berikut beberapa cincin kawin dengan berbagai macam bahan dasar metal lainnya dan kisaran harga yang ingin Anda ketahui:

  • Cincin Emas Kuning

Emas kuning adalah keputusan adat untuk cincin kawin. Obstruksi sintetis dan karakteristiknya yang tidak merusak menjadikannya bahan dasar yang optimal untuk cincin kawin.

Kisaran harga emas kuning:

  • Rp 750 ribu per gram (emas 23 karat, kadar 70%)
  • Rp 970 ribu per gram (emas 24 karat, grade 96%)
  • Cincin Emas Putih

Cincin emas putih adalah logam berharga yang paling disukai saat ini. Cincin emas putih biasanya dilapisi dengan rhodium sehingga awet dan kuat.

Kisaran harga cincin emas putih:

  • Rp 361 ribu per gram (setengah zat)
  • Rp 628 ribu per gram (zat 75%)
  • Cincin Perak

Cincin perak telah menjadi terkenal untuk cincin kawin, terutama di kalangan pria Muslim. Namun biasanya, cincin perak yang bagus adalah S925 karena dilapisi dengan rhodium sehingga lebih tahan terhadap noda dan goresan.

Meski demikian, terlihat jelas bahwa bahan perak ini efektif mengubah warna menjadi kusam.

Kisaran harga cincin perak:

  • Rp 250 ribu – Rp 400 ribu per ring
  • Cincin Palladium

Palladium adalah pilihan bagi anda yang membutuhkan cincin kawin yang terbuat dari logam mulia yang berkilau dan putih cemerlang dan memiliki sifat yang tahan lama dan tak mudah berubah warna.

Di toko kami, memiliki biaya alternatif untuk paladium. Untuk menggambarkan, berikut adalah kisaran harga untuk cincin paladium:

  • Tarif 10%: Rp 2,9 juta (termasuk biaya pembuatan cincin)
  • Cincin Platinum

Cincin platinum yang layak adalah 95% murni, yang berarti itu berat dan kokoh. Saat ini, cincin berbahan dasar platinum adalah pilihan utama untuk digunakan dalam perhiasan karena tahan aus dan korosi, serta tidak menimbulkan alergi.

Kisaran harga cincin platinum:

  • Rp 280 ribu – Rp 400 ribu (tergantung kadar bahan platina)

Baca juga: Selain Cincin, Beli Anting Emas yang Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

  • Cincin Titanium

Cincin titanium lebih kontemporer dan bukan logam mulia. Titanium mungkin adalah logam yang paling keras dan dikenal dengan nada yang lebih kabur dan lebih ringan.

Kisaran harga cincin titanium:

  • Mulai dari Rp 120 ribu per ring
  • Cincin Emas Rose

Emas rose digunakan dalam cincin berbayang untuk mengimbangi emas putih atau kuning yang lebih umum. Emas gold terbuat dari campuran emas dan tembaga yang luar biasa. Sebenarnya, emas rose berbeda dari emas lainnya karena mengandung berbagai kadar tembaga.

Kisaran harga cincin emas mawar:

  • Rp964 ribu per gram (zat 75%)
Chat Whatsapp