Cincin yang Tepat Untuk Acara Tunangan Anda, Inilah Caranya

Jika hubungan Anda dengan kekasih benar-benar serius, maka tunangan adalah salah satu tahapan yang harus Anda lalui.

Mulai dari memilih cincin tunangan yang sederhana atau mewah, sesaji, mempersiapkan acara pertunangan itu sendiri, dan tentunya mempersiapkan keluarga, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk momen pertunangan.

Kisah cinta sepasang kekasih menjadi lebih sempurna jika didukung oleh seluruh anggota keluarga. Sehingga benar-benar dapat membawa warna baru bagi keluarga dan berkontribusi pada kebahagiaan bersama keluarga setiap saat.

Lantas apa saja persiapan pertunangan, apa saja tips pertunangan, dan bagaimana cara memilih cincin tunangan sederhana yang tetap terasa mewah?

Baca juga: Cocok Mana Cincin Kawin Palladium atau Emas?

Mempersiapkan Tunangan Sederhana

Ketahui sebelumnya apa yang harus dipersiapkan untuk acara pertunangan. Persiapan ini akan memastikan tunangan berjalan lancar dan pasti lebih mengesankan. Nah, berikut ini adalah persiapan yang perlu Anda lakukan untuk berkomitmen.

  • Persiapkan Kiriman Anda

Metode pengiriman ini hanya opsional. Namun, umumnya, pria membawa persembahan tunangan mereka, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil daripada di pesta pernikahan.

Tawaran ini juga sebagai bentuk penghormatan terhadap pasangan. Karena tawaran ini mempererat tali silaturahmi antar keluarga.

  • Sesuaikan Kebiasaan Masing-Masing Pasangan

Setiap daerah memiliki adatnya masing-masing terkait dengan acara pertunangan. Pada umumnya adat komitmen ini disesuaikan dengan adat wanita. Karena pada dasarnya akad nikah berlangsung di rumah keluarga pihak wanita.

Kaitannya dengan tradisi tradisional ini mirip dengan budaya Jawa yang mengharuskan laki-laki untuk memberikan sesaji kepada keluarga perempuan, yang disebut dengan Peningsetan. Contoh lain adalah budaya Sunda, di mana pria menyiapkan ikat pinggang untuk wanita.

Ada banyak tradisi lain di antara berbagai suku di Indonesia. Anda perlu mengetahuinya dan mendiskusikannya dengan pasangan Anda.

  • Bawa Keluarga Inti

Acara pertunangan tidak hanya untuk Anda dan pasangan. Jadwal ini juga menjadi waktu bagi kedua keluarga untuk berkumpul. Hubungan yang baik antar keluarga akan menjadi unsur yang dapat meningkatkan kebahagiaan.

Dalam tren saat ini, keluarga biasanya memakai pakaian seragam. Anda bisa menggunakan batik, kebaya dan lain-lain dengan pola yang sama.

  • Siapkan Cincin Pertunangan Sederhana

Pertukaran cincin adalah program utama dari acara pertunangan. Ganti cincin ini merupakan bentuk komitmen Anda dan pasangan untuk tetap bersama hingga pernikahan.

Dalam beberapa tradisi, perubahan cincin dapat diberikan kepada pria dan wanita. Namun, ada beberapa tradisi lain yang hanya melekat pada jari manis.

Cincin pertunangan itu sendiri dipilih bersama dengan pasangan. Anda dan pasangan harus bekerja sama untuk menemukan cincin yang tepat untuk dikenakan di jari masing-masing.

  • Permintaan Kehadiran Pemuka Agama

Kehadiran para pemuka agama ini akan membawa berkah di saat yang dijanjikan. Para pemuka agama biasanya diminta untuk mendoakan pasangannya agar hubungan mereka dengan pasangannya semakin dekat dan lancar pada saat mereka menikah.

Sekarang setelah Anda memahami persiapan yang perlu dilakukan untuk pertunangan, Anda juga harus memiliki gambaran tentang bagaimana mempersiapkan acara pertunangan.

Buat acara sesederhana mungkin dan tetap membuat kesan yang kuat. Nah, berikut ini beberapa tips membuat jadwal pertunangan sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Baca juga: Inikah Taksiran Harga Cincin Emas Asli

Tips untuk Jadwal Komitmen yang Mudah

  • Lakukan di Rumah

Anda tidak perlu melihat terlalu jauh. Rumah Anda sendiri bisa menjadi tempat yang istimewa. Buatlah acara partisipasi ini sesederhana mungkin, namun Anda tetap perlu memikirkan matang-matang sebelum mempersiapkannya.

  • Membuat Dekorasi Mudah

Membuat dekorasi sendiri tidak terlalu sulit. Anda bisa meminta bantuan teman Anda untuk menata dekorasi yang sederhana namun menarik. Bahan dekorasi yang bisa Anda buat seperti bunga, balon, banner lettering, dan dekorasi sederhana lainnya.

  • Siapkan Masakan Keluarga

Biasanya, hanya keluarga ini yang menghadiri acara pertunangan ini. Anda tidak perlu memesan jasa catering karena masakan khas keluarga terasa istimewa. Menyajikan menu spesial keluarga juga menjadi salah satu cara perkenalan antara keluarga dan pasangan. Ini akan memudahkan Anda berdua untuk bertukar cerita.

  • Pakai Kebayamu Sendiri

Busana kebaya sangat identik di acara pertunangan ini. Anda tidak perlu repot mencari kebaya yang bagus, cukup bawa saja di lemari Anda. Upacara pertunangan yang sederhana bisa membuat ritual ini semakin berkesan.

  • Dokumentasi Meminta Bantuan Teman

Dokumentasi tidak boleh dilupakan. Jangan lewatkan momen spesial ini karena akan dikenang selamanya. Tidak perlu meminta jasa fotografi profesional. Minta bantuan teman. Apalagi sekarang banyak sekali kamera-kamera mewah yang tentunya bisa mendokumentasikan momen pertunangan dengan baik.

  • Ajak Teman Terdekatmu

Kalender pertunangan khusus untuk teman dan keluarga terdekat Anda. Jadi tidak perlu mengundang banyak orang. Namun, kehadiran orang terdekat dalam ikatan tunangan itu akan membuat acara semakin spesial.

  • Ambil Momen Foto Prewedding

Momen tunangan bisa menjadi latar belakang yang unik untuk sebuah prewedding. Banyak yang bisa digunakan, hal. Misalnya B. dekorasi sederhana, halaman rumah, kamar, dll. Dengan memanfaatkan dorongan ini, Anda dapat menghemat jutaan rupee untuk pernikahan, yang tentu saja lebih mahal.

Chat Whatsapp