Dana Minim, Gunakan Tips Memilih Cincin Berikut Ini

Membeli cincin pernikahan bukanlah sebuah keharusan ataupun kewajiban. Jika Anda mampu maka lakukanlah. Bila tidak mampu maka jangan dipaksakan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membeli cincin pernikahan meskipun dana minim.

  • Memilih Jenis Logam Mulia

Logam mulia sangat berpengaruh terhadap harga sebuah cincin kawin. Jika Anda ingin menghemat uang, cobalah membeli cincin dengan bahan Moissanite atau Zirkonia Rubik. Keduanya merupakan batu buatan namun memiliki tampilan yang sangat mirip dengan berlian. Dengan begitu, Anda bisa membeli cincin yang mirip berlian tapi harganya tidak semahal itu.

  • Mempertimbangkan Fluktuasi Harga

Jika Anda ingin membeli emas, cobalah untuk membelinya saat harga emas sedang turun. Tidak stabilnya harga emas bisa menjadi keuntungan bagi Anda sehingga Anda dapat membeli sebuah cincin emas tanpa harus merogoh kocek dalam.

  • Memilih Cincin dengan Logam Mulia Kecil

Kadar logam mulia pada cincin berbeda-beda. Semakin kecil kadarnya maka akan semakin murah. Anda bisa membeli sebuah cincin emas yang murah dengan kandungan emas yang tidak terlalu banyak.

  • Mendiskusikan Jumlah Karat

Salah satu keunikan dalam menentukan harga cincin emas atau berlian adalah perbedaan harga yang cukup mencolok. Berlian dengan ukuran 2 karat harganya sangat tinggi dan jauh berbeda dengan berlian dengan ukuran 1.7 karat. Jika dilihat perbedaan karat pada keduanya sedikit namun harganya jauh berbeda. Hal ini karena pembeli lebih berminat dengan jumlah karat yang bulat dan cenderung fokus pada angka di depan saja.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan membeli yang karatnya lebih rendah namun hanya selisih sedikit. Dengan begitu Anda tetap bisa mendapatkan cincin berlian berkualitas.

  • Memilih Toko yang Tepat

Pilihlah toko biasa saat membeli cincin agar harganya lebih murah. Toko besar yang sudah dikenal serta menyediakan perhiasan branded biasanya memiliki bandrol harga mahal. Anda mungkin bisa mencoba membelinya di toko emas yang ada di pasar tradisional dekat tempat tinggal Anda.

  • Melakukan Penawaran

Salah satu keuntungan membeli cincin di toko biasa adalah kemungkinan dilakukannya penawaran harga. Tawarlah cincin yang ingin dibeli agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Membandingkan Harga

Sebelum melakukan penawaran cobalah memandingkan dan mencari tahu harga pasaran cincin yang ingin dibeli di internet. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan harga yang pas dan tidak mudah dijebak oleh penjual tidak bertanggung jawab.

  • Memilih Desain Sederhana

Semakin rumit model cincin akan semakin mahal harganya. Terlebih jika Anda membeli cincin custom dengan desain yang belum pernah ada sebelumnya, Anda bisa mendapatkan bandrol harga yang lebih mahal. Usahakan memilih desain yang sederhana agar harga cincin Anda bisa lebih murah.

  • Membeli Cincin Bekas

Tidak selalu memalukan, cincin bekas bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki dana minim. Masih banyak cincin bekas diluar sana yang memiliki penampilan menarik layaknya cincin baru sehingga Anda tidak perlu malu memakainya.

  • Menghilangkan Tradisi Tunangan

Menikah tidak harus dilakukan dengan cincin. Cincin adalah bentuk mahar yang bisa diganti dengan yang lain sesuai dengan kemampuan. Hilangkan tradisi tunangan yang seringkali mencekik ini karena harus mengeluarkan biaya yang mahal. Menikahlah dengan sederhana sesuai dengan tuntunan agama.

Anda tidak perlu merasa kesulitan atau tertekan saat membeli cincin. Selalu ada solusi yang bisa ditemukan dan Anda pun tidak berkewajiban membelikan cincin. Jadi sesuaikanlah dengan kemampuan.

Chat Whatsapp