Fakta Boleh Tidaknya Gunakan Cincin Tunangan di Jari Tengah

Sebelum pernikahan, beberapa pasangan biasanya melakukan upacara pertunangan terlebih dahulu, tujuannya untuk mencegah hati wanita berpindah ke hati yang lain. Tukar cincin pertunangan. Jadi di mana cincin pertunangan yang bagus? Apakah cincin pertunangan dikenakan di jari tengah?

Pertunangan adalah komitmen pasangan untuk mengambil langkah yang lebih serius, yaitu menikah. Pada saat pasangan sudah bertunangan, itu artinya mereka tidak lagi diperbolehkan untuk “terbuka” atau menjalin hubungan dengan orang lain.

Acara pertunangan sering ditandai dengan perhiasan, seperti cincin pertunangan. Hal ini dikarenakan akan ada waktu ganti cincin nantinya, dan pria akan memasangkan cincin tunangan di jari manis wanita dan sebaliknya.

Dengan perkembangan zaman, perayaan tunangan seperti pesta hajatan, dan sekaligus berperan dalam deklarasi kepada publik.

Sejarah Cincin Pertunangan Lingkaran di Jari

Tradisi pertunangan telah ada sejak zaman kerajaan dunia. Mengenai upacara pertunangan dan makna simbolis yang dikandungnya, setiap negara memiliki adat dan budayanya masing-masing.

Misalnya, dalam budaya Cina, ketika anggota keluarga memberikan hadiah seperti pakaian, kue, emas, dan uang kepada keluarga wanita, kata janji disebut sangjit. Adat Jawa kurang lebih seperti ini, tetapi bentuk sesajinya berbeda, seperti kebaya dan batik.

Kemudian dalam bahasa Arab, tunangan juga disebut khitbah, mengikuti tata cara agama Islam. Mengenakan cincin pertunangan ini terkait erat dengan sejarah dan tradisi. Menurut tradisi masyarakat Romawi kuno, kebanyakan orang menempatkan cincin pertunangan mereka di jari manis tangan kiri. Kemudian orang-orang di negara itu percaya bahwa jari manis memiliki pembuluh darah yang langsung menuju ke jantung.

Vena ini disebut Vena Amoris atau “Vena Cinta”. Karena itu, sepasang kekasih harus mengenakan sesuatu yang melambangkan cinta dan kesetiaan di jari manis.

Cincin pertunangan populer di jari manis tangan kiri, tetapi beberapa orang memakainya di jari manis tangan kanan. Tradisi memakai cincin pertunangan sangat populer di negara-negara seperti Rusia, Yunani, dan Kolombia.

Akan tetapi saat mengenakan cincin pertunangan di tangan kanan tidak serta merta mencerminkan budaya negara tersebut. Pemilihan jari ini juga bisa berdasarkan referensi dan kenyamanan pribadi.

Bisakah Kami Memakai Cincin Pertunangan di Jari Tengah?

Meskipun secara tradisional mengajarkan Anda untuk memakai cincin pertunangan di jari manis Anda, baik ke kiri atau ke kanan, Anda bisa memakainya di jari mana pun. Baik jari telunjuk, jari tengah atau jari lainnya, tergantung kenyamanan Anda dan pasangan. Bab

Apakah Hanya Satu Wanita yang Mengenakan Cincin Pertunangan?

Cincin dapat digunakan sebagai simbol janji pernikahan antara dua pasangan. Dalam beberapa tradisi, kedua belah pihak diajarkan untuk memakai cincin pertunangan tertentu saat bertukar cincin pertunangan.

Namun, ada tradisi di mana hanya wanita yang boleh memakai cincin pertunangan. Tradisi ini meyakini bahwa memakai cincin tunangan merupakan simbol diterimanya seorang wanita atas lamaran pernikahan dari pasangannya. Oleh karena itu, hanya wanita yang menggunakan cincin pertunangan yang disediakan oleh pasangannya yang dapat menggunakannya.

Jika kita mengikuti tradisi umum memakai cincin pertunangan di jari manis kiri. Saat akan menikah, pindahkan cincin tunangan ke jari manis tangan kanan Anda. Anda dapat mengikuti tradisi atau Anda dapat menyesuaikan keinginan dan kenyamanan Anda.

Tidak jarang pasangan memakai cincin yang sama saat menikah dan bertunangan. Jika demikian halnya, cincin tunangan akan berganti jari saat menikah, yaitu jari manis tangan kanan.

Namun, jika Anda memakai dua cincin yang berbeda, ada tradisi untuk meletakkan cincin kawin di cincin pertunangan. Baik di jari mana pun. Oleh karena itu, pasangan ini memakai dua cincin di satu jari manis. Selain memakai cincin tunangan sebagai cincin kawin, Anda juga bisa mengenakan cincin tunangan di jari Anda.

Meskipun tradisi mengajarkan cara memakai cincin pertunangan di jari manis kiri atau kanan, sebenarnya cincin itu bisa dipakai di jari mana saja. Jari telunjuk, jari tengah atau jari lainnya, tergantung kenyamanan Anda dan pasangan. Anda dan pasangan bebas menentukan di mana cincin pertunangan itu dan akan digunakan untuk apa cincin itu.

Bahkan beberapa pasangan tidak memakai cincin di jari, tetapi mengubahnya menjadi kalung liontin. Oleh karena itu, mereka menggunakannya sebagai kalung liontin. Hal ini tidak menarik? Selama didasarkan pada referensi dan kenyamanan pribadi, jari atau kalung apa pun bisa dipakai.

Chat Whatsapp