Fakta Kenapa Cincin Kawin Ada di Jari Manis

Cincin kawin merupakan suatu simbol jika pihak pria dan pihak wanita akan selalu berkomitmen tentang hubungannya, selain itu cincin kawin juga simbol kesetiaan satu sama lain.

Pada umumnya cincin kawin digunakan pada jari manis, akan tetapi banyak orang sendiri belum mengetahui mengenai fakta kenapa cincin kawin ada di jari manis. Beberapa orang sendiri beranggapan bahwa cincin kawin wajib berada di jari manis.

Dengan mengetahui fakta-fakta tentang cincin kawin yang berada di jari manis akan menambah pengetahuan Anda dan pasangan, selain itu dengan adanya fakta ini akan meyakinkan setiap pasangan mengenai simbol cincin kawin itu sendiri.

Fakta Kenapa Cincin Kawin Ada di Jari Manis yang Pertama

Fakta pertama dari pertanyaan setiap pasangan mengenai cincin kawin di jari manis yaitu jari manis merupakan jari dengan kekuatan terlemah, dengan menggunakan cincin kawin pada jari manis maka pihak pria dan wanita akan saling menguatkan satu sama lain.

Dengan adanya fakta tersebut membuat cincin kawin sebagai simbol bahwa pihak wanita akan selalu menguatkan pasangannya jika mengalami kesulitan, begitu pula sebaliknya jika sang wanita mengalami kesulitan maka pihak pria akan selalu menguatkannya.

Fakta pertama ini menunjukkan betapa pentingnya penempatan sebuat cincin kawin pada jari-jari, walau menyematkan cincin pada jari lainnya bukan tindakan yang salah. Selain itu fakta pertama juga akan selalu mengingatkan Anda serta pasangan untuk selalu menjaga satu sama lain.

Fakta kedua

Fakta kenapa cincin kawin ada di jari manis kedua adalah  sejarah dari penempatan cincin pada jari manis, menurut sejarah sendiri bangsa romawi serta yunani meyakini bahwa pembuluh darah pada jari manis menuju langsung pada bagian jantung manusia.

Selain itu bangsa romawi mempunyai sebutan bagi pembuluh darah ini, bangsa romawi sendiri menyebut pembuluh darah dari jari manis ke jantung dengan sebutan vena amoris atau bisa juga disebut pembuluh darah cinta.

Dengan adanya keyakinan tersebut membuat penduduk bangsa romawi atau yunani yakin bahwa dengan menempatkan cincin pada jari manis membuat pihak pria dan pihak wanita akan terus mencintai hingga akhir hayatnya.

Menurut penelitian sendiri anggapan tersebut salah dan tidak benar, anggapan tersebut hanya dibuat agar pihak pria dan pihak wanita selalu setia dalam berbagai keadaan serta membuat cinta para pasangan semakin kuat.

Sedangkan menurut pendapat orang barat sendiri terdapat alasan kenapa cincin digunakan pada jari manis di tangan kiri, menurut anggapan tersebut penempatan cincin pada jari manis tangan kiri mempunyai tujuan untuk menjaga cincin kawin dari kerusakan.

Pada umumnya sendiri banyak orang beraktivitas menggunakan tangan bagian kanan, jika cincin kawin digunakan pada jari manis tangan kanan maka akan membuat cincin kawin mudah rusak karena tergores benda lainnya.

Fakta Ketiga

Fakta berikutnya mengenai cincin di jari manis yaitu memiliki peraturan berbeda pada setiap agama dan negara, perlu diingat bahwa aturan ini bukan aturan yang wajib untuk digunakan tetapi aturan tersebut dibuat sebagai salah satu simbol pernikahan.

Jika pada fakta kedua orang barat menggunakan cincin kawin pada jari manis pada tangan sebelah kiri, sedangkan penduduk Indonesia sendiri menggunakan cincin kawin di jari manis tangan sebelah kanan.

Tujuan digunakannya cincin pada bagian sebelah kanan yaitu sebagai simbol kokohnya rumah tangga, selain itu dengan digunakan pada bagian kanan maka pihak pria dan wanita akan selalu ingat satu sama lain ketika menjalankan setiap aktivitasnya.

Fakta kenapa cincin kawin ada di jari manis membantu setiap pasangan untuk mengingat pentingnya menjaga hubungannya, selain itu penempatan cincin kawin tidak memiliki aturan pasti sehingga setiap pasangan dapat menggunakannya sesuai keinginannya.

Chat Whatsapp