Fakta Seputar Cincin Pertunangan

Bertunangan adalah suatu moment yang dilakukan ketika sepasang kekasih berniat untuk lebih serius dalam menjalani sebuah hubungan sebelum mereka menikah. Keseriusan mereka dalam berkomitmen untuk tetap saling setia hingga hari pernikahan tiba biasanya dilambangkan dengan sebuah cincin yang diberikan sang pria kepada kekasih wanitanya. Meskipun ada juga orang yang berpendapat hal itu hanya sebuah tradisi hingga tidak merasa perlu melakukannya. 

Buat anda akan bertunangan atau malah yang sudah memakai cincin tunangan, tahukah anda apa makna dari cincin pertunangan? Mengapa harus disemat di jari manis kiri? Ketika menikah nanti apakah boleh memakai cincin yang sama? atau Bagaimana ketika cincin pertunangan itu hilang sebelum menikah ? menarik bukan, berikut kami coba rangkum fakta menarik tentang cincin pertunangan yang mungkin anda sendiri belum mengetahuinya

Mengapa Harus Dilambangkan Dengan Cincin?

Mas kawin pernikahan, pertunangan, atau ungkapan rasa sayang kepada pasangan biasanya ditandai oleh sebuah cincin. Cincin melambangkan sesuatu yang berbentuk melingkar bulat sempurna, tak berujung, kuat hingga tidak mudah patah hal itu  merupakan simbol cinta yang tanpa akhir, kuat kokoh dan tidak mudah hancur.

Ketika Acara Pernikahan Apakah Boleh Memakai Cincin Petunangan?

Biasanya pasangan yang melakukan pertunangan , akan memakai cincin yang sama saat mereka menikah, tetapi perlu digarisbawahi hai itu  tergantung kemampuan masinhg-masing pasangan, namun secara hakekatnya, cincin pertunangan dan cincin pernikahan itu berbeda makna dan jumlahna, cincin pertunangan adalah cincin yang diberikan sang pria kepada pasangan wanitanya, sedangkan cincin pernikahan biasana harus sepasang sebagai bukti “kepemilikan” suami istri yang sudah sah.

Bolehkah Kita Menyematkan Cincin Pertunangan Di Tangan Kanan?

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk hal ini . di beberapa negara barat cincin pertunangan mereka sematkan di jari manis tangan kanan , namum ketika mereka menikah mereka sematkan di jari manis tangan kiri. Ada pula yang beranggapan cincin pertunangan dan cincin pernikahan sebaiknya di sematkan di jari manis sebelah kiri karena di situ terdapat pembuluh vena yang berhubungan langsung dengan jantung/hati.

Cincin Pertunangan Haruskah Berupa Berlian?

Cincin yang diberikan sang pria kepada kekasih wanitanya saat bertunangan melambangkan kemapanan dari sang pria, pun membuktikan kesanggupan financial sang pria setelah mereka menikah nanti. Sedangkan pendapat orang bahwa cincin pertunangan sebaiknya memakai batu mulia berlian, hal itu karena mereka berharap hubungan yang mereka jalani akan seperti berlian yang selain tampak agung, mewah, namun juga merupakan batu mulia kuat yang tak mudah hancur , tapi itu pun kembali kepada presepsi masing-masing pasangan. Selain Berlian banyak juga orang yang memilih emas, platinum, palladium sebagai bahan penggantinya.

Jika Pertunangan Gagal Apa Yang Harus Dilakukan Dengan Cincin Pertunangan?

Di Amerika, sang wanita akan mengembalikan cincin pertunangannya jika ternyata pertunangan mereka gagal sebelum sampai ke pelaminan, di Inggris apapun yang terjadi cincin pertunangan adalah milik mutlak sang wanita dan tidak boleh diminta kembali, tapi ada juga yang beranggapan untuk apa kita harus menyimpan barang dari seorang mantan yang “jahat”? semua kembali kepada hati setiap individunya.

Cincin Pertunangan Hilang Pertanda Burukkah?

Sebenarnya jangan terlalu khawatir, hal tersebut hanyalah mitos saja, dan katanya sesuatu mitos akan benar terjadi hanya pada mereka yang mempercayainya saja. Kita ambil sisi positif dari hal ini, artinya kita harus menjaga cincin tunangan kita seperti kita menjaga hubungan kita dengan pasangan, dan agar tidak hilang  pakailah cincin pertunangan itu setiap hari, hal itu bisa jadi pengingat untuk kita bahwa kita sudah “terikat” dan kita punya sebuah komitmen yang wajib kita jaga. Setuju kan?

Untuk Anda yang ingin memiliki cincin tunangan yang klasik atau mewah maka bisa memesan dan berkonsultasi di Wijaya Jewelry.

Chat Whatsapp