Hukum Dari Memakai Cincin Emas Dan Palladium Bagi Pria

Di dalam agama Islam, terdapat suatu aturan khusus bagi para pria. Pria dilarang keras memakai jenis perhiasan apapun yang terbuat dari emas. Selain perhiasan dari emas, kaum pria juga dilarang mengenakan pakaian yang terbuat dari kain sutra.

Hukum Memakai Cincin Emas Dan Palladium

Sebelum membahas hukum dari perhiasan yang terbuat dari emas dan palladium, ada suatu kisah yang cukup mengecewakan dari sebuah cincin emas putih. Pada suatu hari ada seorang ibu hendak membeli cincin emas putih untuk calon menantu.

Beberapa lama kemudian, cincin emas putih yang dia belikan berubah warna menjadi kuning. Ternyata cincin yang telah dia beli bukanlah cincin emas putih asli. Melainkan sebuah cincin emas kuning yang warnanya telah disepuh menjadikan putih. Sehingga nampak seperti emas putih asli.

Atas peristiwa itu sang ibu sangat kecewa dan merasa sangat tertipu. Karena dia meinginkan cincin emas yang terbuat dari platinum asli. Dari kisah tersebut dapat disimpulkan tentang perbedaan antara logam emas, palladium dan logam lainnya.

Ada sebuah ketentuan tentang jenis emas yang diharamkan bagi kaum pria. Logam emas yang dimak yaitu logam emas kuning. Logam emas kuning tersebut telah dicampur dengan logam lainnya seperti palladium dan nikel. Sehingga warna asli dari emas kuning berubah menjadi putih.

Sedangkan untuk ketentuan dalam Islam semua jenis logam emas adalah haram. Sebab pada proses penyepuhannya tidak menghilangkan unsur logam emas.

Bahkan ada sebuah hadist yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW melarang keras bagi para pria yang mengenalkan perhiasan emas. Serta mencengkam keras bagi para pria yang menggunakan emas. Bahkan untuk para pria yang meninggal dengan keadaan mengenakan perhiasan emas, dia tidal akan diterima di Surga.

Fakta Cincin Emas Putih Dan Emas Kuning

Selain harus mengetahui tentang hukum emas bagi pria, sebaiknya ketahui terlebih dalam tentang fakta perhiasan emas yang ada di pasaran. Hampir sebagian besar orang pasti telah mengetahui warna asli emas yaitu metalic yellow. Namun belum banyak orang yang mengetahui secara pasti emas kuning.

Sebelum mengenal lebih dalam tentang emas kuning dan emas putih. Sebaiknya kenali terlebih dahulu tentang karakter emas itu sendiri. Logam emas memiliki sifat ketahanan yang sangat rendah dan mudah dileburkan, tetapi memiliki warna berkilauan. Tekstur logam emas juga sangat lunak, jadi sangat tidak memungkinkan logam emas dijadikan sebagai bahan utama pembuatan perhiasan seutuhnya.

Untuk jenis emas kuning yang berbedar di pasaran, pada dasarnya adalah logam jenis tembaga dan bukan logam emas. Logam emas pada emas kuning hanya sebagai campuran logam tembaga, supaya terlihat lebih mengkilau dan mempunyai tekstur lebih halus.

Sementara untuk jenis emas putih yang ada di pasaran merupakan logam palladium. Jadi pembuatan emas putih, sebagaian besar merupakan material palladium. Sedangkan warna asli dari palladium yaitu putih keperakan.

Sementara itu untuk campuran emas putih untuk memanfaatkan logam emas dan rhodium, supaya logam palladium lebih berkilauan dan tekstur lebih halus. Sebab logam emas yang lunak dan mudah untuk dihaluskan.

Dari fakta tentang emas putih dan emas kuning tersebut, sangat bertolak belakang dengan ketentuan ajaran Islam. Mungkin khusus untuk emas kuning biasanya memang mempunyai kadar logam emas yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk emas putih hanya berupa logam palladium dan dicampur dengan logam lainnya. Dari semua kandungan logam pada emas putih, karakter palladium yang paling kuat. Mulai dari warna, tingkat kepadatan dan berbagi sifat palladium lainnya.

Chat Whatsapp