Ingat, Cincin Nikah Pria Wajib Pakai Bahan Ini

Cincin nikah merupakan benda penting yang mempunyai simbol pengikat antara pihak pria dan pihak wanita, pemilihan cincin sendiri tidak dapat dilakukan sembarangan terdapat beberapa tahapan dalam memilih cincin.

Beberapa tahapan tersebut meliputi proses penentuan bahan, meskipun terlihat mudah tahap memilih bahan juga bisa menjadi hal susah bagi beberapa pasangan. Banyaknya jenis bahan membuat setiap pasangan bingung untuk menentukan salah satunya.

Untuk para pria sendiri terdapat beberapa bahan yang tidak boleh digunakan sebagai cincin nikah, misalnya dalam agama Islam seorang pria tidak boleh menggunakan perhiasan berbahan emas. Pada jaman modern ini banyak sekali pilihan bahan cincin selain menggunakan emas.

Bahan Palladium

Bahan ini pasti sudah banyak didengar oleh para pasangan, bahan palladium memang ramai digunakan sebagai cincin terutama bagi pasangan muda. Bahan palladium memiliki kelebihan yang membuat siapapun tertarik untuk menggunakannya.

Kelebihan pertama adalah harganya yang murah, harga cincin berbahan palladium tidak bisa dibilang terlalu murah tetapi juga tidak terlalu mahal. Bahan ini sendiri menjadi pilihan para pasangan karena tergiur akan harganya.

Meskipun mempunyai harga murah kualitas cincin berbahan palladium tidak bisa dianggap remeh, cincin palladium mempunyai daya tahan jauh lebih kuat dibandingkan cincin berbahan emas.

Kelebihan kedua adalah tidak menimbulkan reaksi alergi bagi penggunanya, bagi beberapa orang mempunyai alergi dengan bahan tertentu misalnya dengan bahan emas. Cincin berbahan palldium hanya memiliki kemungkinan kecil untuk menyebabkan alegi terhadap penggunanya.

Meskipun mempunyai berbagai kelebihan cincin palladium memiliki berbagai kekurangan yang tetap harus diperhatikan sebelum membelinya, kekurangan pertama adalah tidak semua toko emas menerima penjualan cincin palladium.

Kelemahan kedua adalah susah dibentuk, cincin berbahan palladium tidak mudah dibentuk seperti cincin berbahan emas. Hal tersebut karena sifat dari palladium itu sendiri, karena susah untuk  dibentuk kebanyakan cincin palladium hanya mempunyai model biasa.

Bahan Perak Sebagai Cincin Nikah

Bahan berikutnya adalah perak. Perak sendiri merupakan bahan lama yang dari dulu digunakan para pria Muslim sebagai cincin untuk acara pernikahan. Cincin perak mempunyai beberapa kelebihan serta kekurangan, jadi para pasangan harus mempertimbangkannya.

Kelebihan pertama adalah harganya yang murah, cincin ini cocok dipilih bagi pasangan yang mempunyai budget minim tetapi tetap ingin memiliki cincin dengan bahan berkelas. Cincin perak sendiri mempunyai hasil bagus layaknya cincin berbahan emas.

Kelebihan kedua adalah mudah dibentuk, dengan sifat perak yang  mudah dibentuk menjadikan cincin perak sangat laku dipasaran. Para pasangan dapat memilih berbagai desain tanpa harus khawatir cincin susah dibentuk.

Dibalik kelebihannya yang menarik cincin perak tetap memiliki kelemahan, kelemahan tersebut harus dijadikan bahan pertimbangan para pasangan dalam menggunakan cincin berbahan ini.

Kelemahan pertama adalah daya tahan yang kurang bagus, meskipun memiliki kualitas yang  bagus cincin berbahan perak tidak memiliki daya tahan sebagus emas. Dengan daya tahan seperti itu membuat cincin perak gampang sekali rusak.

Kelemahan kedua adalah lapisan akhir mudah hilang, hal ini memang umum dirasakan para pengguna bahan perak. Meskipun perak sendiri cocok untuk dilapisi dengan lapisan apapun sayangnya lapisan tersebut tidak akan bertahan lama.

Bahan Titanium

Bahan berikutnya adalah Titanium, bahan ini juga kerap digunakan oleh pihak pria dalam membuat cincin. Bahan titanium sendiri terkenal karena tidak menimbulkan reaksi alelrgi ketika digunakan selain itu juga bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Kelemahan dari titaium sendiri tidak dapat ditambah hiasan seperti ukiran ataupun berlian, hal itu karena sifat titanium yang tidak tahan dengan panas sehingga akan membuat kerusakan pada cincin titanium.

Cincin nikah mempunyai berbagai jenis bahan, mulai dari emas hingga palladium. Akan tetapi khusus pria terdapat bebepa bahan khusus dalam pembuatan cincin seperti perak, titanium dan juga palladium.

Chat Whatsapp