Ingin Cincin Kawin Berlian Simple, Gunakan Informasi dari Kami

Ketika hendak membeli cincin kawin berlian dengan model yang simple, mungkin kerap kali kamu merasa khawatir dan ragu. Memang, membeli cincin kawin berlian tak hanya melihat dari satu faktor saja. Harus ada banyak hal yang kamu perhatikan ketika akan membeli cicnin kawin berlian.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang informasi seputar cincin kawin berlian yang simple. Dimulai dari mengetahui apa saja faktor yang harus diperhatikan.

Faktor Pendukung Dalamm Menentukan Berlian Pilihan

  • Kejernihan Berlian

Seperti batu mulia lainnya, berlian pastinya tidak akan lepas atau lolos dari kecacatan atau noda-noda lainnya. Hal ini juga akan berpengaruh pada kejernihan berlian nantinya. Biasanya, cacat tersebut berbentuk gelembung air / goresan. Tingkat kejernihan sebuah berlian biasanya dilihat dari besar kecilnya cacat pada berlian itu sendiri.

Semakin turun harga berlian, berarti kemungkinan cacatnya semakin besar. Tingkat paling tinggi pada kejernihan sebuah berlian adalah FL atau yang disebut dengan Flawless. Dalam tingkatan paling atas inilah dimana cacat tidak ditemukan sama sekali pada berlian.

Level dibawahnya adalah Internally Flawless atau IF. Kemudian VVS atau Very Very Sightly Include, dan yang terakhir adalah level terendah yaitu Include.

  • Mengecek Warna

Selain kejernihan berlian, warna pada berlian juga sangat menentukan dalam pemilihan cincin berlian. Hal yang perlu untuk kamu ketahui adalah bahwa berlian pada dasarnhya muncul dari sebuah karbon yang telah mengalami proses pemampatan sehingga akhirnya mengeras.

Proses tersebut akan menghasilkan bebatuan berlian yang berwarna bening di dalamnya. Seiring berjalannya waktu, ada beberapa zt lain yang kemudian muncul dan menghasilkan warna lain selain warna bening pada batu berlian tersebut. Maka tak heran apabila batu tersebut memiliki banyak warna tergantung pada zat yang muncul pada batu tersebut.

Saat ini, berlian yang benar-benar sangat bersih adalah hal yang langka untuk didapatkan. Semakin banyak warna yang timbul pada berlian, maka dapat dipastikan baha kualitasnya akan menurun. Jadi, mengecek warna batu berlian juga sangat penting untuk kamu lakukan, ya.

  • Mengecek Potongan Berlian

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk kamu cek ketika memilih cincin berlian adalah potongan berlian itu sendiri. Sebuah potongan berlian akan menentukan bagaimana batu berlian tersebut dapat memantulkan cahayanya, sehingga bisa menimbulkan kesan elegan dengan tingkat kecemerlangan masing-masing.

Meskipun dua hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu warna dan kejernihan tidak terlalu bagus, namun apabila potongan berlian yang bagus juga akan membuat berlian tersebut telihat bagus pula.GIA sudah menentukan standar pemotonan pada batu berlian.

Jadi, bukan hanya warna dan kejernihan, potongan berlian juga memerankan peran penting dalam pemilihan batu berlian.

  • Kandungan dalam Berlian

Setelah mengecek tiga hal penting di atas, kamu juga harus mengecek tingkat atau kandungan yang ada di dalam berlian itu sendiri. Untuk metode penghitungannya, kamu tidak hanya bisa mengukur dengan berdasarkan berat dan volume saja, namun ada hal lain yang juga tak kalah penting.

Mirip seperti alat pengukur kandungan emas, berlian juga memiliki alat pengukur kandungan karat untuk mengetahui kandungan dalam berlian tersebut.

Itulah beberapa infomasi seputar cincin akwin berlian yang simple. Tentunya kamu memerlukan banyak faktor pendukung untuk memenentukan keputusan dalam membelinya. Jadi, kamu tidak hanya asal membeli cincin kawin berlian tanpa memperhatikan faktor lain.

Chat Whatsapp