Ingin Cincin Tunangan Anda Berkesan, Gunakan Tips Kami

Tukar cincin sebelum acara pernikahan biasa disebut sebagai acara pertunangan, yang mana pihak pria dan wanita akan saling memakaikan cincin ke pasangan masing-masing. Sehingga cincin tunangan merupakan salah satu barang yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus pada saat pemilihan desainnya.

Walaupun hanya dipakai pada jangka pendek tidak ada salahnya untuk memilih cincin terbaik dengan desain dan bahan yang berkualitas. Umumnya cincin pertunangan ini dipakaikan oleh setiap pasangan setelah acara pertunangan hingga hari pernikahan tiba. Penempatan cincin di jari manis pun berbeda, cincin tunangan ditempatkan pada jari manis kiri, sementara cincin nikah di jari manis kanan. 

Tips Memilih Bahan Logam Mulia Cincin 

Tidak hanya desain yang perlu dipertimbangkan, material pada cincin tunangan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan agar mendapatkan cincin yang tepat dan dapat bertahan lama. Anda juga bisa memilih bahan utama cincin dengan menyesuaikannya pada budget yang Anda miliki. 

Pilihan bahan cincin yang utama untuk acara pertunangan adalah emas putih, yang mana terlihat lebih berkilau dan lebih kuat. Emas putih merupakan bahan logam mulia yang berasal dari emas kuning yang telah dicampur dengan palladium dan logam lainnya hingga menjadi putih. Menggunakan cincin emas putih saat tunangan terlihat lebih modern dan banyak diminati. 

Cincin dari emas kuning, emas dengan warna kuning memang sangat populer selain itu memiliki kesan yang nampak elegan. Emas ini biasanya memiliki kandungan emas yang murni, sehingga dalam perawatannya membutuhkan perhatian lebih, terutama jika karatnya sangat tinggi. Anda juga bisa memilih emas berwarna rose gold yang juga banyak diminati. 

Emas rose gold atau merah muda ini memiliki warna yang berbeda dari jenis emas lainnya karena terdapat campuran tembaga dalam pembuatannya. Sehingga terlihat unik saat dikenakan, pilihan emas ini banyak digunakan untuk pertunangan karena memiliki sifat yang dapat bertahan lama. Perawatan pada bahan logam mulia ini juga cenderung lebih mudah dan tidak mudah tergores. 

Selain bahan logam mulia emas, perak juga bisa dijadikan pilihan yang tepat sebagai material cincin tunangan. Cincin yang berasal dari perak murni memiliki daya tarik yang tidak kalah dari emas, namun sifatnya yang cenderung mudah pudar. Namun saat ini perak memiliki campuran palladium yang membuat warnanya tidak mudah pudar, dan dapat bertahan lama. 

Tips Memilih Desain dan Cincin Tunangan 

Jika Anda sudah menentukan pilihan bahan yang tepat untuk membuat cincin tunangan maka masih banyak hal yang perlu Anda ketahui. Salah satunya adalah menentukan desain cincin yang akan Anda gunakan saat bertunangan dengan kekasih. Ada banyak desain unik dan cantik yang bisa dipilih, namun Anda juga perlu mengetahui beberapa hal sebelum memilih desain. 

  • Kenali Bahan Pada Pembuatan Cincin

Hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas dari cincin yang nantinya Anda pilih, salah dalam memilih desain akan menimbulkan penyesalan. Ketahui dengan jelas struktur dan tingkat kekuatan dari bahan yang dipilih sehingga cincin tidak mudah rusak. Perhatikan juga campuran pada cincin, beberapa orang memiliki alergi pada campuran tertentu yang menyebabkan alergi.

  • Desain Sesuai Selera dan Budget

Ada banyak desain yang bisa dipilih sesuai selera, selain itu Anda juga bisa memilih batu permata yang sesuai dengan karakter Anda. Bentuk dan hiasan pada cincin pun perlu diperhatikan dengan baik, karena setiap desain tentu memiliki arti khusus. Sebaiknya pilih cincin dengan desain dan bahan yang mudah dibersihkan. Sesuaikan desain dan bahan yang sesuai dan cocok dengan dengan perhitungan budget Anda. 

Memang cincin tunangan bisa memberikan kesan terbaik, selama memilhnya juga benar. Sebaiknya untuk cincin tunangan, gunakan saja jasa pembuatan cincin dari wijaya jewelry.

Chat Whatsapp