Ingin Memiliki Cincin Nikah dengan Berlian Eropa, Inilah Rekomendasinya

Dari sekian banyaknya model dan desain cincin berlian, salah satu yang paling populer adalah cincin berlian Eropa. Tidak diragukan lagi bahwa cincin berlian memiliki nilai tersendiri tidak hanya karena harganya yang malah namun juga penampilannya yang elegan.

Dinamakan berlian Eropa karena desain cincin berlian tersebut memang berasal dari Eropa, tepatnya pada abad ke 17 di era Raja George. Orang Eropa sadar bahwa bentuk berlian asli saat belum dipoles seperti sekarang sangatlah indah. Mereka pun membuat potongan yang dipatenkan dan diberi nama Old Mine Diamond dimana potongan berlian ini menjadi gaya potong pertama di Eropa. Dari gaya potongan tersebut lah berbagai jenis desain cincin berlian Eropa pun dibuat.

Berbagai Desain Cincin Berlian Eropa

  • Old Mine Diamond Cut

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, potongan Old Mine merupaka gaya potongan berlian pertama di Eropa dimana berlian yang digunakan masih dalam keadaan mentah dan belum dipoles sehingga warnanya cenderung lebih keruh jika dibandingkan dengan jenis berlian yang ada saat ini.

Berlian ini dipotong dan dipoles secara manual sehingga bentuknya tidak simetris. Ada potongan yang berbentuk bulat dan ada juga yang persegi serta permukaannya pun masih kasar. Namun disitulah letak keunikan berlian Old Mine Cut dimana sisi berliannya memantulkan cahaya yang beragam.

  • Old European Diamond Cut

Ketika Eropa mulai memasuki era industri di abad ke 18 pada masa pemerintahan Raja Edward, potongan berlian pun mulai berubah. Dari semula yang masih mentah dan kasar kini berlian sudah sedikit dipoles dan permukaannya tidak sekasar Old Mine.

Dengan masuknya teknologi industri, potongan berlian Oled European memiliki bagian bawah yang rata dan tidak runcing seperti Old Mine. Permukaan berlian pun cenderung lebih bulat namun warnanya masih keruh dan tidak seputih berlian yang populer saat ini.

  • European Diamond Cut

Potongan European Diamond cut memiliki desain yang lebih baik dari sebelumnya karena potongan ini mulai ditemukan di abad ke 19 dimana pada saat itu industri dan teknologi sudah semakin maju. Saat itu berlian kebanyakan dibuat dengan model bulat karena banyak diminati.

Alasan Di Balik Pentingnya Potongan Berlian

Jika dilihat dari sejarah perkembangan potongan berlian di Eropa, maka mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bentuk dan potongan berlian begitu penting? Salah satu faktor yang membuat potongan berlian sangat penting dan mempengaruhi kualitasnya adalah karena berlian dapat memantulkan cahaya yang cemerlang pada jenis potongan tertentu.

Bahkan berlian yang memiliki warna bagus dan jernih pun akan terlihat kurang menarik jika potongannya buruk. Sebaliknya, berlian yang kurang jernih akan tampak cantik jika potongannya sesuai karena adanya pantulan cahaya dari permukaannya.

Bahkan karena pentingnya potongan dalam berlian, GIA memiliki standar tersendiri dalam hal tersebut dimana potongan-potongan berlian diberi tingkatan mulai dari level Poor hingga Excellent. Tentunya level tersebut dapat mempengaruhi nilai dan harga dari berlian itu sendiri.

Cincin berlian Eropa terutama yang masih klasik seperti potongan Old Mine mungkin sudah tidak ada lagi yang original, namun Anda masih bisa menemukan berbagai desain cincin berlian Eropa yang lebih modern.

Untuk membelinya tentunya terlebih dahulu Anda harus menyiapkan dana yang cukup mengingat harga sebuah cincin berlian, apapun itu jenisnya, pasti tinggi. Anda juga bisa memilih cincin dengan berlian yang kecil karena memiliki karat yang sedikit sehingga harganya lebih terjangkau.

Chat Whatsapp