Inikah Taksiran Harga Cincin Emas Asli

Harga cincin emas umumnya tidak sama dengan harga emas batangan yang lebih tinggi nilainya. Cincin sendiri sering kali digunakan untuk menikah atau hanya untuk perhiasan semata. Harga emas sendiri ditentukan berdasarkan kadar karat pada kandungan emas tersebut, semakin tinggi karat maka harganya semakin mahal. 

Jika saat ini Anda sedang merencanakan sebuah pernikahan, maka salah satu hal yang patut dipertimbangkan adalah cincin nikah. Cincin memiliki simbol yang kuat dan menjadi lambang kasih sayang yang akan mengikat pasangan selamanya umumnya cincin yang digunakan untuk pernikahan adalah emas dengan kandungan kadar karat yang berbeda-beda. 

Terdapat banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli cincin emas, terutama untuk Anda yang ingin membeli cincin pernikahan. Selain menentukan desain cincin, Anda juga perlu menentukan kandungan emas  pada cincin tersebut. Kadar emas akan menentukan tingkat keaslian dari emas yang Anda beli.

Harga Cincin Emas Asli Sesuai Variasi

Harga emas selalu mengalami perubahan setiap waktunya, sehingga Anda perlu mencari tahu lebih dulu perkiraan harga emas tersebut. Harga emas juga ditentukan dari kadar emas yang dinyatakan dalam karat, emas asli adalah 24 karat. Sementara kandungan emas lainnya ada yang bernilai 18 karat, 22 karat dan lainnya. Berikut ini adalah perkiraan harga cincin emas. 

Cincin Emas Kadar 18 Karat 

Cincin dengan kandungan emasnya yang berjumlah 18 karat biasanya sangat sering digunakan dalam acara pernikahan atau pertunangan. Hal ini karena bentuknya yang lebih kokoh dan kuat, sehingga tidak mudah tergores, bentuk cincinnya juga tidak mudah berubah. Umumnya cincin ini memiliki harga yang berkisar Rp. 599.000 untuk harga per gram.

Cincin Emas 22 Karat 

Kandungan emas murni yang ada pada cincin emas 22 karat ini lebih tinggi dari kadar emas 18 karat. Adapun jumlah persenan pada emas murni 22 karat yang terkandung adalah sekitar 90,60% dengan campuran yang berupa perak dan sebagainya. Jika Anda membelinya sebanyak 5 gram maka jumlah emas murni pada cincin tersebut adalah 4,58 gram.

Cincin Emas Kadar 23 Karat

Cincin ini memiliki emas dengan kandungan yang cukup besar yaitu 95,8% untuk emas murni yang ada di dalamnya. Sehingga tidak heran jika karatnya juga lebih besar, campuran bahan pada cincin emas ini yang umum digunakan adalah perak atau nikel. Terlebih jika emas tersebut adalah emas kuning, maka paduannya adalah perak. 

Sementara harga umum yang dimiliki oleh cincin emas 23 karat memiliki kisaran yang lebih tinggi yaitu Rp. 851.544 per gram. Bahkan bisa lebih tinggi atau murah karena harga emas yang memang selalu naik turun. Cincin dengan kandungan emas dengan karat sebanyak 22 karat ini banyak dijadikan sebagai perhiasan bisa juga untuk pernikahan. 

Cincin Nikah 24 Karat 

Pada kadar emas murni yang terkandung dalam cincin emas 24 karat, tidak memiliki campuran apapun. Maka kandungan emasnya sangat murni, sehingga tidak heran jika harganya juga lebih tinggi yaitu kisaran Rp 1.083.000. Umumnya emas 24 karat ini sering dijadikan sebagai investasi, emas 24 karat juga lebih mudah tergores.

Hal ini tentu berbeda dengan kadar emas yang dibawah karat 24 yang bisa mempertahankan bentuknya. Perlu diketahui bahwa harga emas bisa berubah-ubah bisa naik atau turun, sehingga jika Anda ingin membelinya sebaiknya cari tahu lebih dahulu. Sehingga Anda bisa mencari harga emas yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Chat Whatsapp