Inilah Alasan Seserahan Wajib Ada dalam Pernikahan

Saat ini ada banyak proses yang harus dilalui oleh setiap pasangan bersama keluarganya masing-masing sebelum resmi memasuki dunia pernikahan. Salah satu prosesi tersebut menjadi salah satu lamaran dan hadiah seserahan pernikahan.

Di dalam lamaran kedua belah pihak keluarga bertemu untuk berkenalan, membicarakan rencana pernikahan dan memutuskan banyak hal penting yang lainnya terkait hari H pernikahan. Karena, memang seperti yang sudah banyak disadari oleh masyarakat terutama di Indonesia.

Saat ini menikah bukan hanya persoalan dua orang kekasih saja, namun juga soal dari dua keluarga yang harus disatukan atau menyatu.

Memberikan Seserahan Memiliki Sisi Baik dan Bermanfaat

Dalam lamaran pernikahan, Anda mungkin sudah mengenal adanya konsep seserahan. Seserahan menjadi salah satu istilah untuk berbagai jenis barang dari calon dan keluarga mempelai laki-laki yang akan diberikan kepada calon mempelai perempuan.

Sama halnya dengan lamaran yang tidak wajib, seserahan juga bukan lagi suatu keharusan baik secara agama maupun hukum. Namun bukan berarti lamaran dan seserahan itu dilarang.

Keduanya sangat diperbolehkan dengan catatan harus dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing pasangan beserta keluarganya. Kemudian di sisi lain, sebenarnya ada beberapa alasan baik yang membuat keberadaan seserahan lamaran menjadi sesuatu yang paling penting dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Menjadi Suatu Bentuk Perhatian

Seserahan pada lamaran umumnya berisi sesuatu yang dibutuhkan oleh pihak calon mempelai perempuan maupun keluarganya. Dengan memberikan apa yang dibutuhkan, artinya seorang calon mempelai sedang memperlihatkan bahwa dirinya peduli dan memperhatikan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasangannya bahkan sebelum pernikahan.

  • Dengan Menunjukkan Bentuk Tanggung Jawab

Sebelum cincin pernikahan atau cincin kawin emasi Anda sematkan di jari manis atau sebelum hubungan perkawinan sah di mata agama dan hukum, untuk memberikan seserahan lamaran juga bisa jadi salah saty simbol bahwa calon kepala keluarga memiliki niat baik untuk bertanggung jawab pada pasangannya.

Di dalam kehidupan pernikahan yang sesungguhnya, tanggung jawab yang dibutuhkan tidak hanya mencakup kebutuhan fisik saja, namun kebutugan mental juga. Namuan dalam hal ini seserahan menjadi salah satu simbol kebutuhan fisik maupun jasmani.

  • Memberikan Dukungan Pada Keluarga Pihak Perempuan

Di sebagian budaya suku di Indonesia keluarga pihak perempuan biasanya mengambil peran yang lebih besar dalam menyelenggarakan prosesi pernikahan. Baik itu dalam ha ekonomi juga keterlibatan secara langsung, untuk melalui seserahan lamaran pihak calon mempelai lelaki dapat dikatakan membantu dan terlibat dalam memenuhi kebutuhan pernikahan tersebut.

Seperti saat memberikan seserahan berupa perhiasan emas wanita yang dapat dipakai di hari H pernikahan nantinya contohnya kalung emas, anting emas, gelang emas atau Anda bisa memberikan satu set perhiasan berlian.

  • Memberikan Isi Seserahan Bisa Dipakai Saat Hari H

Selain perhiasan emas wanita, isi seserahan yang lainnya yang dapat Anda pakai kembali di hari H adalah perlengkapan penampilan misalnya parfum, sepatu, hiasan rambut sampai skincar dan makeup.

Namun berbeda dengan seserahan yang berisi perhiasan wanita yang sifatnya lebih opsional, cincin pernikahan bisa dikatakan wajib. Persamaannya cincin pernikahan yang dimaksud juga bisa Anda gunakan sebelumnya sebagai cincin tunangan atau lamaran.

Sama halnya dengan cincin berlian wanita dalam pertunangan maupun pernikahan, seserahan menjadi salah satu syarat tidak wajib yang memiliki sejumlah manfaat dalam proses menuju pernikahan.

Apabila Anda mempertimbangkan perhiasan sebagai salah satu isi seserahan lamaran, maka Anda dapat menghemat waktu serta tenaga dengan membelinya di toko yang sama dengan tempat Anda mendapatkan cincin berlian wanita untuk tunangan.

Perhiasan Wanita Sebagai Seserahan

Anda bisa memilih cincin berlian wanita atau cincin kawin emas, sepasang anting berlian dan perhiasan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan baik secara offline dengan cara mengunjungi toko secara langsung.