Intip Keistimewaan Cincin Palladium Ternyata Tak Banyak Orang Tahu

Cincin emas palladium telah menjadi salah satu material perhiasan favorit. Penyebabnya yaitu cincin in mempunyai warna putih yang sangat elegan. Warna dari cincin juga nampak berkilauan.

Disamping dari keistimewaan tersebut, ada beberapa keistimewaan lain dari palladium yang harus diketahui. Keistimewaan ini merupakan salah satu karakter dari logam palladium itu sendiri. Ada beberapa karakter yang mungkin belum banyak di ketahui oleh orang banyak. Hal itu menjadi sisi lain dari material favorit untuk cincin.

Inilah karakter / sisi lain dari cincin paladium

Palladium merupakan logam yang paling berkilau

Karakteristik dari cincin logam palladium ini memang tidak dapat diragukan lagi. Dari semua jenis logam yang ada, logam palladiumlah yang paling berkilau.

Hal ini dapat mematahkan berbagai macam presepsi atas jenis logam yang berkilau. Hampir semua orang beranggapan bahwa jenis logam mulia yang meru logam yang paling berkilau. Hal ini menjadi anggap yang salah.

Semua logam mulia yang ada di pasaran tidak murni sepenuhnya terbuat dari logam mulia. Salah satu campuran yang paling sering digunakan yaitu logam palladium ini. Logam inilah yang berhasil membuat logam mulia terlihat sangat berkilauan. Pacaran kilau yang dari logam ini identik dengan warna putih perak / white silver. Jadi terlihat sangat elegan.

Belerang adalah musuh terbesar logam palladium

Untuk keistimewaan yang satu mungkin menjadi salah satu kelemahan dari logam ini. Sebagain logam yang masih terlogong ke dalam platina / metal, membuat logam ini memiliki warna yang cukup istimewa dan tidak dapat memudar. Hal ini juga merupakan salah satu sifat dari logam jenis platina /metal.

Namun tetap saja logam ini mempunyai kelemahan. Salah satu kelemahan dari logam palladium yaitu belerang. Belerang dapat membuat warna paladium memudar begitu saja.

Sehingga saat liburan di sumber air panas / kawah ataupun area puncak gunung, sebaiknya tidak membawa cincin palladium ini. Apalagi di daerah tersebut mempunyai kandungan belerang yang sangat tinggi. Selain itu bersihkan rumah dari semua benda yang mengandung belerang.

Cairan asam nitrat dapat meleburkan cincin palladium

Selain berkilau dan warna tidak mudah memudar, palladium memiliki keistimewaan lain. Keistimewaan tersebut terletak pada tingkat kepadatan palladium yang tinggi. Hal ini membuat cincin dan perhiasan lain yang terbuat dari palladium tidak mudah terkena korosi.

Sayangnya, palladium mempunyai kelemahan terdapat salah satu cairan. Cairan tersebut yaitu nitric acid / asam nitrat. Hanya cairan ini yang dapat membuat logam palladium terkena korosi. Bahkan dapat melebur secara perlahan – lahan.

Asam nitrat sendiri memang dikenal sebagai larutan kimia yang mempunyai sifat paling tajam diantara cairan lainnya. Bahkan cairan ini dapat dengan mudah meleburkan benda – benda keras. Termasuk logam palladium dan berbagai macam jenis logam lainnya.

Bukan hanya sekedar logam, namun cairan ini sangat berbahaya bagi manusia. Jika menyentuh cairan ini secara langsung, dapat membuat kulit menjadi terbakar. Menyentuh asam nitrat dengan tangan kosong sama dengan menyentuh air / minyak yang mendidih.

Logam palladium dapat mengembang seperti spons / balon

Khusus keistimewaan yang satu ini menjadi karakteristik yang paling unik dari jenis logam. Karena sangat tidak mungkin sebuah logam dapat mengembang begitu saja seperti balon / spons. Namun untuk logam yang satu ini memang sangat nyata dan memang dapat mengembang.

Palladium mempunyai tingkat serap pada hidrogen yang sangat tinggi. Bahkan dapat mengembang sebesar 900x dari volume hidrogen itu sendiri. Jadi akan nampak terlihat seperti balon / spons yang sedang mengembang. Oleh karena itu, logam palladium sering dimanfaatkan untuk memurnikan hidrogen.

Itulah beberapa karakter dari palladium yang unik dan istimewa. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai refensi bagi yang hendak membeli / mempunyai cincin palladium.

Chat Whatsapp