Jenis Cincin Kawin yang Disukai Banyak Wanita

Seiring berkembangnya zaman, model cincin terus mengalami perubahan dan inovasi. Trend pada cincin nikah pun juga mengalami perubahan sehingga banyak model yang dulu disukai namun saat ini kurang diminati. Akan tetapi ada beberapa model yang sekarang ini sedang menjadi idaman para wanita dan Anda bisa memilih salah satunya sebagai cincin nikah Anda nantinya.

Beberapa Pilihan Model Cincin Populer

Beberapa pilihan model cincin dibawah ini merupakan desain yang sedang populer dan diminati oleh banyak wanita. Dengan berbagai model yang elegan dan cantik, cincin-cincin berikut ini bisa dijadikan referensi untuk membeli cincin nikah.

  • Three Stone

Three Stone merupakan desain cincin yang memiliki tiga batu permata sebagai hiasannya. Cincin ini pernah menjadi trend dan kembali naik daun lagi sekarang ini. Hiasan tiga batu yang biasanya digunakan adalah batu berlian, namun jenis batu lain juga dipakai sebagai variasi. Hiasan tiga batu pun bisa dibuat dengan ukuran yang berbeda, misalnya batu besar di tengah dan batu lebih kecil di pinggir.

  • Solitaire

Tak lekang oleh waktu, cincin dengan model solitaire selalu menjadi idaman para wanita dari dulu hingga sekarang. Bahkan model cincin dengan satu batu permata sebagai hiasannya ini bisa dibilang timeless dan akan selalu menjadi trend di setiap tahunnya. Tidak heran jika cincin model solitaire selalu menjadi favorit banyak wanita.

  • Two Tone

Desain cincin dengan dua warna atau two tone memang tengah digemari saat ini. Biasanya aksen dua warna didapatkan dengan menggabungkan emas putih dan kuning atau rose gold dan emas putih sebagai band nya. Tampilan dua warna yang kontras nan berkilau pada cincin membuat cincin dengan desain two tone terlihat elegan dan feminine.

  • Rose Gold

Kombinasi antara tembaga dan emas kuning menghasilkan warna cincin kuning kemerah-merahan yang dinamakan dengan rose gold. Campuran kedua logam tersebut memberikan warna merah muda yang unik dan tidak ditemukan pada logam lainnya.

  • Batu Permata

Cincin nikah dengan hiasan batu permata memang selalu menjadi idola. Berlian merupakan batu permata yang paling sering digunakan karena keindahannya, namun ada beberapa pilihan batu lain seperti safir dan ruby. Perpaduan antara batu permata dan emas memang menghadirkan sebuah kilauan yang indah.

Mengenal Jenis Logam yang Digunakan Pada Cincin Wanita

Berbicara mengenai jenis logam yang biasa dipakai untuk membuat cincin wanita tentu tidak akan lepas dari logam emas kuning yang paling banyak diminati baik dulu maupun sekarang. Emas putih biasanya dicampur dengan tembaga dan perak untuk dibuat sebagai perhiasan seperti cincin. Presentase kadar emas dalam sebuah cincin sangat bervariasi, mulai dari 58% yang dikenal dengan istilah 14K hingga 75% yang disebut dalam jumlah 18K.

Selain emas kuning, emas putih juga menjadi primadona. Emas putih dihasilkan dari emas kuning yang dicampur dengan logam bewarna putih lainnya yaitu nikel, perak dan seng. Hasil akhir perpaduan tersebut masih berwarna kuning sehingga memerlukan lapisan rhodium yang membuat cincin menjadi berwarna putih dan disebut dengan emas putih.

Jika Anda menginginkan warna putih alami dengan harga lebih murah, maka perak lah jawabannya. Meskipun murah, perak tergolong bahan yang kuat, tahan gores dan tidak mudah menjadi kusam karena perhiasan perak biasanya dilapisi dengan rhodium.

Selain perak, cincin warna putih juga bisa ditemukan dari bahan platinum. Logam langka ini harganya cukup mahal namun kualitas dan kekokohannya memang tidak diragukan. Terakhir ada logam palladium yang mirip dengan platinum namun harganya lebih murah. Meskipun demikian, palladium juga kokoh dan tahan terhadap goresan.

Dari berbagai macam model dan jenis logam untuk cincin nikah diatas, Anda bisa memutuskan mana yang akan menjadi model cincin nikah Anda dan tentunya semuanya harus disesuaikan dengan budget yang ada.

Chat Whatsapp