Kenali Letak Cincin Kawin dari Berbagai Kepercayaan

Setelah melangsungkan pernikahan, mungkin ada beberapa pasangan yang belum tahu dimanakah seharusnya menyematkan cincin pernikahan. Sehingga harus mencari tahu dari orang lain, bisa orangtua, saudraa terdekat atau pun teman-teman. Dan ternyata memang jawaban yang diperoleh berbeda-beda. Berikut ini akan diulas mengenai letak cincin kawin dari berbagai kepercayaan.

Letak Cincin Nikah Menurut Kebudayaan Romawi Kuno

Sebenarnya sama saja meletakan cincin nikah di jari yang mana, karena tidak ada perbedaannya. Menurut kebudayaan romawi kuno terutama di era caesar, cincin nikah disematkan di jari manis sebelah kiri.

Hal ini memiliki makna dan sangat dipercayai bahwa hal ini akan meningkatkan rasa cinta dari masing-masing pasangan. Selain itu ada kepercayaan bahwa dewi cinta akan menyetujui hubungan seseorang jika cincin nikah disematkan  di jari manis tangan kiri. Dipercaya pula bahwa kekuatan dewa cinta mampu memusnahkan roh-roh jahat yang mengganggu keharmonisan suatu hubungan sirna seketika.

Masih menurut kepercayaan mereka, di jari manis tangan kiri ini terdapat pembuluh darah vena yang langsung terkoneksi ke jantung, dan diprediksi mampu menambah rasa kecintaan seseorang terhadap pasangannya.

Letak Cincin Nikah Menurut Agama Islam

Berbeda dengan agama Islam, sebenarnya tidak ada hadist atau ayat alquran yang menyatakan dimana seharusnya cincin nikas diletakan.Yang ada yaitu hanya hadist yang menggambarkan posisi jari Rasululah menggunakan cincin.

Menurut imam Hambali, Syafii dan Maliki, mereka menyatakan bahwa cincin disematkan pada jari kelingking tangan bagian kiri. Namun ada imam lain yang menyatakan sebaiknya menggunakan cincin kawin di tangan sebelah kanan. Namun bagi kamu penganut agam islam sebenarnya boleh saja menggunakan cincin kawin di jari kanan maupun kiri.

Letak Cincin Nikah Menurut Agama Katolik

Berdasarkan data yang didapat dari berbagai sumber. Agama katolik menyarankan menggunakan cincin kawin di jari manis bagian kanan. Hal ini dipercayai bahwa  jika meletakan cincin nikah di jari tangan kanan, Tuhan akan selalu memberkati pasangan itu. Selain itu, tangan bagian kanan biasanya menyimbolkan kekuatan.

Letak Cincin Nikah Dalam Ilmu Psikologi

Dalam ilmu psikologi, posisi letak cincin nikah, mengandung makna karakter dari orang yang memakainya. Simaklah ulasan berikut.

  • Cincin yang ditempatkan di ibu jari

Orang yang senang meletakan cincin di ibu jari, memiliki karakter yang keras kepala, sangat mencintai kebebasan dan sulit diatur. Namun Ia adalah sosok yang  gampang berbaur, dan gila akan kehormatan.

  • Cincin yang ditempatkan di jari telunjuk.

Jika suka menyematkan cincin kawin di telunjuk, maka kamu mempunyai kemampuan untuk memimpin orang, selain itu juga kamu mempunyai rasa kepercayaan yang tinggi, dan penuh ambisi akan memperoleh kekuasaan sangat tinggi.

  • Cincin yang ditempatkan di jari tengah

Cincin yang diletakan dijari tengah bermakna bahwa orang tersebut memiliki kepercayaan tinggi dan  suka pamer dan suka dipuji semua orang.

  • Cincin yang ditempatkan di jari manis

Orang yang meletakan cincin di jari manis suka akan keteraturan. Mereka juga suka dengan  kedamaian, ketenangan. Oleh sebab itu orang ini  suka menghindari perselisihan. Serta, orang ini biasanya mempunyai keahlian dalam menggambar, menulis, ataupuin berkomunikasi dengan orang banyak.

  • Cincin yang ditempatkan di jari kelingking

Orang yang meletakan cincin di jari ini dikenal berkarakter manja, suka dipuji sama orang, sangat suka diperhatikan, Namun orang ini sangat suka dengan kegiatan olahraga ekstrim

Bagaimanakah dengan kamu, dimana kamu akan meletakan cincin nikah kamu? Dan apakah makna nya sudah sesuai dengan kamu. Artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang memerlukan.

Chat Whatsapp