Ketahui Bahan Cincin Nikah Yang Terkenal dan Cara Merawatnya


Cincin kawin kini telah menjadi suatu tradisi yang dijalankan sejak zaman dahulu kala bahkan hingga kini masih terus berjalan. Cincin kawin dijadikan suatu simbol dan tanda dalam sebuah ikatan yang sakral yaitu adalah suatu pernikahan yang suci. Oleh sebab itu, kamu tentunya akan membutuhkan referensi yang tepat untuk dapat menentukan suatu pilihan pada cincin kawin tersebut.


Ada banyak hal yang sebaiknya kamu perhatikan dalam memilih cincin terbaik, dan hal yang paling penting yaitu adalah bahannya. Sudah tahukah Kamu bahan apa saja yang biasanya dipergunakan untuk bahan cincin kawin yang cukup populer di kalangan para pemakai perhiasan? Simaklah ulasan berikut ini.


Emas Kuning


Cincin emas kuning yaitu adalah cincin yang terbuat dari logam mulia emas, yang cukup banyak diminati dan digemari orang, hal ini karena kilau kuning yang mengkilap. Tipenya tentu tak akan habis dimakan zaman, walaupun kini sudah banyak bermunculan beberapa varian misalnya seperti emas putih ataupun rose gold yang sangat cantik dan nampak elegan. Jika kamu cerdas dalam memilih desainnya, maka cincin ini tidak akan nampak berkesan tua, namun kebalikannnya akan tampak modern dan juga berkelas.


Palladium


Cincin dengan bahan ini adalah suatu cincin anti alergi (hypoallergenic) yaitu cincin yang mempunyai suatu kandungan logam palladium murni 99%. Cincin kawin ini memiliki bahan paladium dan cukup disarankan untuk pria muslim sebagai pengganti emas. Cincin dari bahan ini pun sangat terkenal dipakai oleh banyak orang.

Perak


Material perak kini juga sudah banyak bermunculan jauh dari sebelum emas yang sangat terkenal hingga kini, cincin perak terkadang dianggap cepat kotor walaupun cara membersihkannya juga termasuk mudah. Pada zaman ini, cincin perak ini sangat cantik digunakan yaitu saat mempunyai satu berlian yang kecil yang ada di tengahnya, menyerupai dengan model cincin solitaire yang komplit dengan lekukan kecil di bagian lingkaran peraknya.


Emas Putih


Model cincin dengan bahan emas putih pada umumnya akan dihubungkan dengan keromantisan kepada pasangan, kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu pilihan. Mengapa demikian, hal ini karena cincin dari emas putih ini cocok jika dipakai berpasangan. Ada yang menjadi kelebihan dan juga nilai tambah dari cincin ini yaitu adalah lapisan rhodium pada emas tersebut.

Platina atau Platinum


Platinum atau platina ialah bahan logam yang memiliki warna putih yang cukup banyak diminati dan dipilih oleh calon pengantin saat ini. Memiliki warna yang sangat menarik dan juga desain inovasi, cincin platina ini bahkan 30 kali lebih langka daripada emas. Cincin kawin dari platina, mempunyai kualitas yang tidak mudah menurun, walaupun mengalami pengurangan unsur platina sedikit saja. Logam ini juga bersifat anti alergi karena mengandung unsur palladium.
Berlian

Karena cukup banyaknya pemakaian logam pada cincin yang membuat banyak cincin nampak polos, maka mulai muncuk inisiatif untuk menjadikan cincin kawin lebih cantik dan elegan, terutama untuk digunakan oleh para wanita, yaitu dengan menggunakan batu mulia tambahan pada bagian cincin.

Berlian ini cukup terkenal untuk digunakan di cincin kawin. Bahan ini juga banyak diminati dan menjadi pilihan orang, kini banyak juga ide yang muncul bahwa jenis berlian ini dikombinasikan dengan permata lainnya. Perpaduan ini memberikan kesan mewah untuk pemakainya, cincin ini akan lebih pantas digunakan oleh para wanita.

Berlian Hitam


Cincin kawin berlian hitam cukup unik dan juga sangat menarik untuk digunakan oleh sepasang kekasih, bahkan untuk pernikahan. Seakan-akan cincin ini akan mengatakan kesan bahwa pada hidup ini ada hitam dan putih, menyerupai filosofi bukan. Cincin kawin berlian hitam juga adalah salah satu cincin kawin yang sangat terkenal.


Cara Mudah Merawat Cincin Kawin


Selain memilih bahan, pastikanlah bahwa kamu bisa merawatnya agar lebih awet dan juga indah digunakan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa cara merawat cincin kawin. Hindarilah goresan pada cincin kawin kamu, lepaskanlah jika kamu ingin bekerja berat, agar cincin kawin tidak mendapat tekanan berat.


Apakah cincin kamu mulai terlihat kusam? kamu bisa mencucinya menggunakan sabun mandi ataupun pasta gigi. Setelah itu keringkan dengan lembut. Selain itu kamu bisa pula datang ke toko emas untuk meminta perawatan cincin kawin kamu.


Itulah beberapa jenis bahan logam yang bisa dipilih sebagai cincin kawin dan juga cara mudah untuk merawatnya. Sebagai informasi, jika kamu ingin membeli cincin kamu harus memastikan bahwa kamu telah mencari tahu cukup banyak referensi dan juga model yang sesuai dengan selera.

Chat Whatsapp