Ketahui Berat Cincin Nikah yang Tepat

Membeli cincin nikah memang terlihat mudah tetapi bagi beberapa pasangan membeli cincin bisa menjadi hal yang sulit, banyaknya perbedaan anatara pihak pria dan juga pihak wanita membuat pemilihan cincin menjadi tambah sulit.

Memilih cincin untuk acara pernikahan sendiri memang tidak bisa sembarangan, hal tersebut mempunyai alasan karena cincin akan digunakan terus seumur hidup. Cincin pernikahan mempunyai beberapa faktor yang menentukan kenyamanan saat digunakan.

Faktor berat dari cincin merupakan salah satu faktor yang menentukan kenyamaan pengguna, terlihat tidak penting tapi berat cincin harus tetap diperhatikan ketika para pasangan akan membeli cincin.

Berat Cincin Nikah Ideal

Kebanyakan orang masih belum mengetahui berapa berat cincin yang ideal agar nyaman ketika digunakan, untuk faktor ini umumnya cincin mempunyai berat ideal sebesar 3,5 gram atau 4 gram.

Dengan berat seperti itu maka pengguna cincin tidak akan merasa terganggu aktivitas sehari-harinya meskipun menggunakan cincin nikah, jika cincin mempunyai berat lebih dari yang ditentukan maka akan sangat menganggu penggunanya.

Untuk aturan berat cincin sendiri sebenarnya bukan merupakan aturan baku, aturan tersebut dibuat untuk membantu kenyamanan para pengguna. Terdapat juga beberapa pasangan yang menanyakan bagaimana jika berat cincin dibawah aturan ideal.

Jika berat cincin sedikit lebih ringan dari aturan itu bukan menjadi masalah besar, tetapi hanya perlu sedikit penyesuaian saja dalam pemilihan modelnya. Untuk model sendiri terdapat beberapa model yang sesuai jika dengan aturan berat ideal cincin.

Model Cincin

Cincin memiliki beberpa model yang sesuai jika dipadukan dengan berat cincin ideal, dengan model ini juga akan menambah kesan mewah dan elegan cincin. Desain cincin berikut merupakan pilihan dari desain cincin terbaru.

Cincin model pertama adalah cincin gelombang, cincin gelombang adalah cincin yang memiliki bentuk  unik. Cincin jenis ini sendiri banyak digunakan oleh para pasangan muda karena desainnya yang unik.

Cincin gelombang sendiri juga cocok jika dikombinasikan dengan berlian kecil, adanya berlian akan membuat cincin terlihat mewah. Disarankan juga jika ingin menambah berlian pada cincin maka cobalah menggunakan bahan dasar emas putih untuk cincinnya.

Emas putih akan membuat berlian semakin bersinar, hal tersebut terjadi karena warna dari emas putih yang membuat kilauan berlian menjadi lebih terang. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pasangan jika ingin membuat cincin gelombang dengan kombinasi berlian.

Jika bahan dari cincin adalah emas putih dan dipadukan dengan berlian maka pengguna harus memberikan perawatan lebih, selain itu juga tidak boleh sembarangan melakukan ativitas ketika menggunakan cincin karena akan dapat merusak cincin.

Cincin ukir merupakan salah satu desain yang cocok jika para pasangan menginginkan cincin dengan berat ideal, selain beratnya cincin ukir memiliki desain yang lebih unik dibandingkan dengan cincin gelombang.

Adanya ukiran-ukiran pada area cincin membuat cincin terkesan lebih elegan, umumnya cincin ini hanya dibuat jika ada yang memesan. Untuk bentuk ukirannya sendiri para pasangan bebas menentukannya sesuai keinginan.

Meskipun mempunyai kelebihan dari desain, cincin ukir mempunyai beberapa kelemahan yang harus diperhatikan jika para pasangan ingin membeli cincin pernikahan dengan desain seperti ini.

Kelemahan pertama adalah harganya yang mahal, rumitnya membuat ukiran membuat cincin dengan desain seperti ini menjadikan harganya lebih mahal. Mahalnya cincin juga bergantung dari bahan yang digunakan.

Kelemahan kedua adalah perawatan yang tidak mudah, dengan adanya berbagai ukiran pada area cincin membuat banyak kotoran akan menempel pada ukiran tersebut. Jika bahan yang digunakan adalah emas maka perawatannya akan jauh lebih rumit.

Untuk berat cincin nikah tidak ada aturan bakunya, tetapi terdapat saran yang menyebutkan bahwa berat cincin ideal sebesar 3,5 gram sampai 4 gram. Tedapat beberapa rekomendasi desain untuk menghasilkan berat cincin ideal.

Chat Whatsapp