Ketahuilah Platina Pada Cincin Kawin Platinum

Platinum serta emas putih merupakan jenis logam yang cukup difavoritkan untuk dibuat perhiasan. Banyak orang yang menyukai jenis emas karena harganya yang dinilai lebih murah. Walaupun begitu, Anda juga dapat memilih cincin platinum karena dinilai lebih kuat serta warnanya yang tidak cepat memudar, seperti pada emas putih.

Meskipun platinum mempunyai sejumlah keunggulan, ada salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilihnya, yaitu platina. Selanjutnya, Apa yang dimaksud dengan platina Dan bagaimana hal ini bisa berpengaruh terhadap perhiasan platinum ? Pada artikel ini kami akan menjelaskannya.

Apa yang Dimaksud dengan Platina?

Platina merupakan perubahan apanya finishing serta tekstur yang terbentuk dari platinum saat pemakaian rutin. Pada umumnya, platina merupakan lapisan tipis yang kelihatan sedikit buram. Walaupun punya banyak variasi warna dan juga penampilan, secara keseluruhan platina memang bisa menyebabkan kilauan perhiasan berkurang.

Platina Merupakan Goresan?

Goresan dapat terbentuk pada platinum, meskipun jenis ini tahan kerusakan permanen. Walaupun platinum ini lebih kuat dibandingkan emas 18 karat atau kadar 75%, sebenarnya logam tersebut lebih lunak. Sama halnya dengan finishing yang memudar, goresan tersebut dianggap sebagai bagian dari platina. Namun saat tergores, lapisan emas itu hilang.

Sedangkan saat platinum tergores, logam hanya bergerak dari satu bagian ke bagian lainnya. Permukaan yang sudah tergores itu, bisa kembali seperti awal setelah dipoles dahulu. Jadi jangan khawatir apabila terbentuk, karena ada sejumlah cara untuk meminimalisir atau menghilangkannya.

Apakah Platina Pada Platinum Merupakan Tanda Kerusakan Perhiasan?

Mengenai hal tersebut tergantung dari selera masing-masing. Banyak orang yang suka tampilan vintage dan ingin platina pada perhiasan barunya. Namun sebagian lainnya tidak menyukainya karena kelihatan usang dan lebih suka tampilan baru yang dipoles.

Di negara Jepang contohnya, patina platinum merupakan hal yang sangat berharga. Alasannya karena melambangkan perjalanan seseorang sepanjang kehidupannya. Latina dapat menunjukkan simbol pengalaman, kebijaksanaan, serta ketekunan dari orang yang menggunakannya.

Bagaimana Caranya Menghilangkan Platina?

Jika Anda merasa tampilan platina cukup mengganggu ada cara untuk menghilangkannya. Jika kelihatan sedikit bernoda, Anda bisa bersihkan dengan air sabun hangat serta sikat lembut. Selanjutnya, bilas dengan air mengalir serta keringkan dengan kain bertekstur lembut. Lakukan secara berkala dan ini akan membantu perhiasan kelihatan lebih berkilau.

Pengaruhnya Platina Pada Cincin Platinum

Walaupun platina merupakan hal yang umum, tidak menjamin bahwa akan terbentuk pada cincin. Hal tersebut tergantung seberapa sering pemakaian, berat kegiatan sehari-hari dan juga selera. Disamping itu, lapisan platina juga biasanya tidak rata terbentuk di seluruh bagian cincin. Lokasi yang biasanya cepat terbentuk yaitu bagian bawah cincin.

Daya Tarik Pada Platina

Seperti yang sudah kami sebutkan, platina merupakan sesuatu yang menarik dan dicintai oleh para penyuka perhiasan antik. Perhiasan hatimu yang memiliki platina dari masa ke masa, bisa jadi perhiasan yang cukup berharga untuk diwariskan.

Platina yang terbentuk di perhiasan platinum, menyimpulkan makna yang dalam daripada sekedar hanya untuk bergaya saja. Platina menjadi simbol kisah dibalik orang yang membuat perhiasan itu serta siapa saja yang mengenakannya. Jadi, nilai kenangan pada perhiasan tersebut akan jauh lebih berharga.

Kesimpulannya, jika anda mulai khawatir saat melihat platina yang ada pada perhiasan platinum, sekarang tidak perlu lagi. Terbentuk atau tidaknya platina tidak akan mengubah nilai riasan platinum itu. Lebih dalam lagi, platina yang terbentuk akan membuat nilai historis dan sentimennya semakin tinggi.

Chat Whatsapp