Keutamaan Nikah Bulan Syawal, Cincinnya Pakai Wijaya Jewelry

Berdasarkan hadist Rasulullah Saw, menikah merupakan bagian dari menyempurnakan separuh agama. Saat seseorang telah mencapai usia pernikahan dan telah siap berumah tangga, sesungguhnya ia sunnah menikah. Dalam prosesi pernikahan, banyak sekali hal yang harus dipersiapkan, terutama menentukan tanggal pernikahan.

Di antara bulan-bulan yang lain, Syawal sering menjadi bulan yang dipilih untuk melangsungkan akad nikah. Apa saja keutamaan dan persiapan yang perlu dilakukan untuk menikah di bulan ini?

3 Keutamaan Menikah Bulan Syawal

Bulan Syawal adalah bulan yang jatuh setelah Ramadan. Setiap 1 Syawal, umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri. Di bulan ini, juga disunahkan untuk puasa selama 6 hari dengan pahala setara dengan puasa sepanjang hayat. Berikut keutamaan menikah di bulan Syawal.

1.      Rasulullah Menikah di Bulan Syawal

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Sayyidah Aisyah bercerita bahwa Rasulullah menikahinya di Bulan Syawal. Peristiwa itu, menandakan bahwa bulan Syawal adalah bulan yang baik, sekaligus menikah di bulan ini mendapatkan pahala mengikuti sunah rasul.

2.      Menepis Syawal sebagai Bulan Sial

Dahulu, masyarakat jahiliyah Arab memiliki kebiasaan menganggap sial bulan Syawal sehingga sama sekali tidak ada acara pernikahan di bulan ini. Stigma itu terbentuk didasari oleh perilaku unta betina yang cenderung menjauhi unta jantan setiap bulan Syawal.

Masyarakat Jahiliyah pun beranggapan bahwa wanita-wanita akan bertindak sama seperti unta betina itu, tidak mau dinikahkan dengan pria. Maka, di bulan ini mereka tidak melakukan prosesi pernikahan dan menganggapnya bulan sial.

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Dalam Pernikahan

Melakukan pernikahan, tentu tak luput dari beragam persiapan. Jika sudah memantapkan hati untuk menikah di bulan syawal, mari simak persiapannya.

  • Mengurus Dokumen Pernikahan

Pernikahan yang baik memang seharusnya didaftarkan, dan tercatat di bank data negara. Untuk itu, biasanya pernikahan didaftarkan di Kantor Urusan Agama terdekat di mana seseorang tinggal, bisa di pihak perempuan maupun pihak laki-laki tergantung bagaimana kesempatan yang dibuat.

  • Menyewa Jasa Wedding Organizer

Berurusan dengan persiapan logistik pernikahan, memang akan terasa ringan jika menyewa jasa wedding organizer. Umumnya jasa itu menyediakan sewa baju pengantin, memberikan pelayanan tata rias wajah, dekorasi panggung pernikahan untuk resepsi dan dokumentasi pernikahan.

  • Makanan

Acara berkumpulnya banyak orang, tentu tidak ketinggalan soal makanan. Masyarakat yang tinggal di pedesaan biasanya memasak beramai-ramai di bantu oleh tetangga kanan-kiri. Namun, dilingkungan perkotaan yang cenderung masyarakatnya individualis, tidak perlu khawatir karena telah banyak tersedia jasa catering.

  • Mahar

Selain dua mempelai dan wali, mahar menjadi syarat wajib dalam pernikahan. Perempuan yang baik adalah yang meminta mahar yang tidak memberatkan, tetapi pria yang baik adalah yang mampu memberikan sebaik-baiknya mahar.

  • Cincin Pernikahan

Cincin adalah hal yang krusial dalam pernikahan. Pasalnya, benda itu dipercayai sebagai pengikat hubungan dua pasangan. Cincin pernikahan dianggap sangat sakral dan memiliki makna yang dalam.Tentu untuk hal yang sepenting itu, tidak ada seorang pun yang ingin memilih cincin pernikahan secara asal, bukan?

Kini, telah banyak pihak-pihak yang menjual cincin atau jasa pembuatan cincin pernikahan yang bisa memproduksi dalam kurun satu bulan setelah pemesanan.

Itu tadi ulasan keutamaan menikah di bulan Syawal dan segala persiapannya. Hal yang paling penting dalam menikah adalah pasangan. Jika antara pria dan wanita sudah mantap menikah, dalam waktu dekat pun semua persiapan yang terasa berat itu akan mudah terselesaikan. Karena telah banyak jasa-jasa yang menyediakan segala persiapan pernikahan.

Chat Whatsapp