Kriteria Cincin Kawin Palladium yang Layak Digunakan

Belakangan ini banyak pasangan yang memilih cincin palladium untuk pernikahan. Apalagi benda tersebut akan digunakan dalam acara sakral sekali seumur hidup. Jadi, sudah tentu dalam pemilihannya pun tidak boleh asal. Oleh karena itu, simak artikel berikut mengenai kriteria cincin kawin palladium yang layak digunakan.

Cincin Kawin Palladium

Untuk bisa mengetahui kriteria cincin kawin palladium yang layak digunakan, hal pertama tentu dengan mengenali jenis bahan ini. Secara umum di pasaran terdapat banyak macam perhiasan dengan berbagai kualitas. Bahkan kerap kali sulit dibedakan apabila Anda tidak jeli.

Belakangan cincin palladium sangat diminati karena kualitasnya. Harga untuk perhiasan tersebut bahkan bisa sebanding dengan emas. Terlebih jika keduanya digabungkan, maka akan menghasilkan logam berkualitas dengan harga jauh melampaui gabungan nikel dan emas.

Lantas mengapa harus menggunakan palladium? Hal ini karena meskipun sama-sama logam, akan tetapi perhiasan jenis ini selalu memiliki keunikan tersendiri. Bahkan bahannya yang cenderung lunak sehingga lebih mudah untuk didesain dan diukir sedemikian rupa.

Karakteristik Palladium

Supaya lebih jelas mengenai kriteria cincin palladium yang layak digunakan, maka berikut ini adalah beberapa karakteristik yang perlu Anda ketahui:

  1. Mudah Dibentuk

Seperti yang telah diketahui, bahwa setiap jenis logam pasti memiliki kulit elektron. Begitu pula dengan palladium ini. Uniknya material tersebut memiliki sedikit saja bagian terluar yang mengandung elektron sehingga bisa dikatakan lebih lunak daripada bahan lainnya.

Akan tetapi, ketika palladium sudah dingin, maka material tersebut akan menjadi sangat keras. Jadi, tak heran apabila banyak yang memanfaatkannya selain sebagai perhiasan. Misalnya seperti pintu mobil, benda elektronik dan sejenisnya.

  • Fashionabel

Telah disebutkan sebelumnya jika material palladium ini termasuk jenis logam yang lunak ketika terkena panas. Maka dari itu, bahan tersebut mudah sekali dibentuk menjadi berbagai desain perhiasan seperti cincin kawin dan sejenisnya.

Menariknya, palladium juga memiliki sifat anti alergi sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan cincin kawin jenis ini kerap kali dicari oleh para mempelai pria muslim yang menghindari penggunaan logam emas.

  • Tahan Lama

Salah satu karakteristik utama cincin palladium ini adalah tahan lama. Hal ini dikarenakan sifat dasar dari material tersebut yang keras dan kuat sehingga bisa membentuk sebuah cincin kokoh. Bahkan logam ini juga tidak akan mudah tergores hanya karena digunakan untuk mengangkat berbagai beban berat.

Oleh karena itu, material seperti ini akan menguntungkan untuk pasangan suami istri. Sebab, biasanya mereka cenderung terus memakai perhiasan tersebut sebagai tanda telah menikah. Terlebih bahan ini tidak akan mudah turun kualitasnya meskipun sering digunakan.

  • Harga Ramah Dikantong

Pada dasarnya cincin palladium ini termasuk ke dalam anggota platinum. Sehingga secara harga pun juga berada di tengah-tengah, yaitu diantara logam emas dan perak. Hanya saja tergantung dari bahan campurannya yang diminta oleh pasar.

Bahkan tak menutup kemungkinan jika harga cincin palladium ini akan sebanding dengan emas atau bahkan melebihi. Di sisi lain mahal-murahnya perhiasan tersebut  juga berdasarkan tingkat kerumitan desain yang telah dibuat.

Itulah beberapa kriteria cincin palladium yang layak digunakan oleh pasangan mempelai. Terlebih untuk pria muslim biasanya hal ini akan menjadi pilihan paling dicari. Kemudian jika dilihat dari segi kualitas pun juga tidak kalah dengan logam lainnya.

Chat Whatsapp