Lebih Baik Mana Cincin Kawin Dari Emas Putih Atau Emas Kuning?

Cincin emas kuning maupun emas putih merupakan jenis logam yang sering sekali digunakan bahkan paling terkenal dibandingkan logam lainnya. Apabila anda melihat dengan mata langsung, emas kuning dan putih tidak ada perbedaanya, hanya warnanya saja yang berbeda. Jika anda masih bingung perbedaa dari kedua logam emas ini, maka simak ulasan berikut ini.

Proses Pembuatan Cincin Emas Kuning dan Emas Putih

Emas putih sesungguhnya pembuatannya dari emas kuning juga namun dikombinasikan dengan bahan campuran dari jenis logam putih. Mulai dari nikel atau palladium. Pada umumnya, perhiasan yang digynakan dengan emas putih pasti nanti ada lapisan rhodium. Hal ini bertujuan agar pehiasan yang dibuat terlihat berkilau dan jauh lebih putih.

Sedangkan emas kuning sesungguhnya juga dibuat dengan kombinasi campuran logam yang lain. Namun campuran ini bertujuan untuk memberikan sisi tahan lama dan jauh lebih keras, tanpa mengubah dari warna emas kuning tersebut.

Mengetahui Daya Tahan Dari Emas Kuning dan Emas Putih

Untuk cincin yang dibuat langsung dari emas putih terkait daya tahannya jauh lebih lama dibandingkan dengan emas kuning. Hal ini dikarenakan jenis emas kuning sudah berlapis dari logam rhodium yang memberikan sisi tahan lama dibandingkan dari cincin kawin dari emas kuning.

Mengenal Perawatan Emas Kuning Dan Emas Putih

Jika dilihat dari sisi kelembuatan, emas kuning jauh lebih lembut dibandingkan dengan emas putih. Sehingga diperlukan sisi pemeliharaan yang jauh lebih sering dari pada dengan emas putih. Di samping itu, cincin dari emas kuning perlu sistem pemeriksaan yang jauh lebih detail untuk kerusakannya dan diperbaikinya lebih sering dari pada cincin kawin emas putih.

Sedangkan untuk cincin kawin emas putih itu jauh lebih tahan lama dan mudah sekali untuk sistem perawatannya. Sedangkan untuk pudarnya lapisan rhodium itu sangat tergantung dari berapa sering anda itu memakai cincin emas putih tersebut.

Mengetahui Kandungan Nikel dari Cincin Emas Putih dan Emas Kuning

Beberapa pengrajin cincin kawin biasanya memakia campuran nikel bahkan bukan hanya cincin saja. Jika anda memiliki alergi pada logam satu ini, sebaiknya pertimbangkan secara matang mengenai hal ini. Pastikan betul bahwa campuran logam yang dipakai terlebih dahulu kepada pihak toko sebelum pembelian cincin kawin yang nanti anda pakai.

Cincin emas putih sendiri memiliki kandungan nikel yang dilapisi dari rhodium. Akan tetapi saat lapisan rhodiumnya itu memudar, maka kualit anda pun langsung bersentuhan dengan campuran nikel dan emas yang memiliki pengaruh pada reaksi alergi di bagian kulit anda.

Murah Mana Cincin Kawin Emas Kuning dan Emas Putih

Untuk harga emas memang disesuaikan pada sisi karatnya, namun biasanya untuk jenis cincin meas putih akan jauh lebih mahal daripada dengan emas kuning. Bahkan saat anda memilih jenis cincin dengan karat sama. Hal ini dikarenakan dari lapisan rhodium yang menjadi cairan di bagian emas putih.

Dari semua penjelasan di atas, semuanya tergantung dari pilihan anda dan sesuaikan dengan selera saja. Jika anda benar-benar suka dengan cincin kawin baik yang terbuat dari logam emas kuning maupun emas putih, tentukan dulu pilihannya. Setelah itu tinggal membeli saja.

Toko perhiasan terutama cincin nikah yang paling direkomendasikan di tengah pandemi ini adalah Wijaya Jewelry, sebab bisa dipesan secara online dan dijamin terpercaya.

Chat Whatsapp