Makna Cincin Nikah yang Jarang Diketahui

Cincin nikah sering dijadikan sebagai sebuah patokan apakah seseorang sudah menikah atau belum. Mereka yang memakai cincin biasanya dianggap sudah memiliki pasangan sedangkan mereka yang belum dianggap masih lajang. Meskipun tidak selalu benar, namun hal ini berlaku di beberapa kalangan masyarakat.

Makna cincin nikah sebenarnya jauh lebih besar daripada sebuah penanda apakah seseorang sudah menikah atau belum. Berikut beberapa makna mengapa seorang pasangan memberikan cincin nikah, meskipun tidak semuanya berlaku di masyarakat namun salah satunya bisa jadi merupakan pengalaman Anda.

Makna Sebuah Cincin Pernikahan

  • Sebuah Roda Kehidupan

Bentuk cincin yang bulat merupakan sebuah representasi dari sebuah roda dalam kehidupan. Terkadang Anda akan berada diatas dan terkadang Anda juga akan mengalami masa-masa berada di bawah. Hal ini pun berlaku pada sebuah pernikahan. Sebuah hubungan pernikahan tidak selalu dipenuhi dengan kebahagiaan.

Ada beberapa waktu dimana Anda akan merasakan kesedihan dan penderitaan seiring berjalannya waktu yang dihabiskan dengan pasangan. Dengan pemberian sebuah cincin kepada pasangan, Anda setidaknya memberikan sebuah gambaran agar pasangan siap melalui berbagai hal bersama Anda nantinya.

  • Cinta yang Tidak Pernah Putus

Masih mengenai bentuk cincin yang berupa lingkaran dimana tidak ditemukan ujung pada bagian tersebut, sebuah cincin bisa dijadikan sebuah lambang cinta yang tidak pernah putus. Sama seperti lingkaran yang terus berputar dan tidak ada akhirnya, cinta dan kasih sayang antar pasangan yang sudah menikah juga harusnya selalu menyala dan tidak pernah padam sampai kapanpun.

  • Lambang Cinta dan Kasih Sayang

Sebuah cincin pernikahan tidaklah murah. Harga sebuah cincin emas biasa saja bisa mencapai jutaan meskipun bentuknya sangat sederhana. Mahalnya harga sebuah cincin merupakan sebuah tanda perjuangan dari seorang suami yang ingin memberikan hadiah spesial kepada istrinya.

Meskipun sebuah hadiah tidak selalu bisa dinilai dengan uang, namun harga logam mulia dan berlian yang tinggi membuat seorang wanita merasa istimewa karena mereka diberikan sebuah pemberian yang bernilai tinggi. Perasaan seperti itulah yang membuat cincin pernikahan mejadi sebuah lambang cinta antar pasangan.

Perlunya Sebuah Cincin dalam Pernikahan

Sebenarnya apakah setiap pernikahan harus selalu dilengkapi dengan sebuah cincin sebagai pemberian? Jawabannya tentu saja tidak. Cincin hanyalah sebuah hadiah atau dalam islam disebut dengan mas kawin. Mas kawin sendiri tidak harus berbentuk sebuah cincin emas karena jenis mas kawin disesuaikan dengan kemampuan suami.

Mereka yang mampu membeli cincin maka tidak masalah jika cincin dijadikan sebagai hadiah, namun jika tidak mampu Anda tidak perlu memaksakannya karena sebuah pernikahan tetap sah dan berjalan meski tidak ada pemberian cincin. Anda bisa mengganti mas kawin dengan barang lain yang lebih murah, misalnya uang dengan jumlah tertentu atau perlengkapan sholat.

Adanya pandangan yang salah dalam masyarakat bahwa sebuah cincin harus ada dalam sebuah pernikahan merupakan sebuah pendapat yang memberatkan bagi sebagian pihak. Memang memberikan perhiasan itu terlihat lebih bernilai, namun pemberian apapun akan bernilai jika hal itu dilakukan dengan penuh ketulusan dan perjuangan.

Oleh karena itu, apabila Anda mampu membelikan sebuah cincin untuk pasangan, Anda tidak perlu memaksakan diri dengan membeli sebuah berlian. Cincin apapun akan tetap bermakna bagi pasangan Anda karena mereka tahu bahwa Anda memberikannya dengan penuh cinta. Tidak semua cinta bisa diukur dengan sebuah perhiasan, namun pemberian sebuah perhiasan dapat memberikan makna yang dalam.

Chat Whatsapp