Makna Sebenarnya Cincin Tunangan di Jari Anda

Acara pertunangan umumnya disimbolkan menggunakan perhiasan misalnya cincin. Hal ini dikarenakan nantinya akan terdapat momen pertukaran cincin dimana oleh laki-laki akan menyematkan cincin tunangan tadi ke jari perempuan  dan begitu juga sebaliknya. Namun menggunakan cincin tunangan pada jari terdapat pemaknaan tersendiri. Simak artikel dibawah ini.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan buat mewujudkan pertunangan yang bersejarah dan pertunangan yang sempurna. Mulai berdasarkan menyiapkan dekorasi dan juga cincin yang sangat penting buat simbol cinta Anda dan pasangan.

Cincin merupakan benda ukuran kecil namun mempunyai makan yang sangat penting buat pasangan. Cincin menjadi ikatan cinta antara Anda dan beliau yang biasa pada gunakan pada jari masing-masing pasangan. Namun, sebagian berdasarkan Anda pasti masih tak jarang bingung dengan menggunakan cincin tunangan pada jari yang mana.

Umumnya Memakai Cincin Tunangan pada Jari yang Mana?

Pemakaian cincin tunangan ini berkaitan erat menggunakan sejarah dan tradisi. Sebagian besar orang menyematkan cincin tunangan dalam jari manis di tangan kiri, mengikuti tradisi masyarakat Romawi kuno.

Di antara jari jemari kita masih ada sebuah pembuluh darah/nadi yang menurut kepercayaan orang Romawi kuno mempunyai aliran langsung menuju ke jantung. Pembuluh darah ini dikenal dengan nama Vena Amoris atau “Vein of Love”. Karena itu, pasangan kekasih harus mengenakan simbol cinta dan kesetiaannya dalam jari manis.

Namun, mengapa di banyak negara misalnya Spanyol, India, termasuk Indonesia tetap menyematkan cincin pernikahan pada jari manis tangan kanan? Alasannya lantaran tangan kanan adalah tangan dominan. Kebanyakan orang memakai tangan kanannya buat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Hal ini memperlihatkan bahwa tangan kanan lebih kuat, terbukti juga menggunakan ukurannya yang lebih besar. Berdasarkan itulah mengapa cincin nikah dipakai pada tangan kanan. Karena menjadi lambang bahwa pernikahan berdasarkan atas cinta yang kuat dan kokoh, dan dapat bertahan lama.

Namun, apabila mengikuti tradisi barat, letak cincin tunangan terdapat dalam jari manis pada tangan kiri. Lalu ketika menikah, Anda memindahkan cincin tadi ke jari manis pada tangan kanan.

Memang menggunakan cincin tunangan dalam jari kanan juga kiri terdapat pemaknaan tersendiri namun Anda bisa mengikuti tradisi tadi, atau menyesuaikan dengan keinginanmu dan pasangan.

Ada banyak orang-orang yang memakai cincin tunangan pada jari manis tangan kiri dan terdapat juga yang memakainya pada jari manis dalam tangan kanan. Terdapat banyak perbedaan, tradisi pemakaian cincin ini cukup populer pada negara Kolombia, Rusia, dan Yunani.

Mengenakan cincin tunangan pada tangan kanan bukan berarti mencerminkan budaya negara tadi namun pemilihan pemakaian cincin pada jari manapun sesuai dengan keinginan dan kenyamanan Anda sendiri.

Bisa pada Gabungkan Menggunakan Cincin Nikah

Setiap pasangan melakukan pertunangan buat ke jenjang yang lebih serius yaitu sebuah pernikahan. apabila telah melakukan pernikahan maka cincin tunangan akan berpindah ke jari manis pada tangan kanan.

Namun apabila Anda menggunakan cincin yang berbeda, dimana masih ada tradisi yang menyarankan untuk penempatan cincin pernikahan pada atas cincin tunangan. Jadi, Anda dan pasangan bisa menggunakan 2 cincin dalam satu jari manis saja.

Apakah Hanya Perempuan yang Memakai Cincin Tunangan?

Tunangan merupakan sebuah komitmen yang dilakukan sepasang kekasih buat menapaki jenjang yg lebih berfokus lagi, yaitu pernikahan. Ketika sepasang kekasih sudah bertunangan, itu ialah mereka tidak diperbolehkan lagi buat “membuka hati” atau menjalin hubungan dengan orang lain.

Sebagian tradisi mengajarkan apabila pertunangan adalah acara pertukaran cincin yang dimana ke 2 belah pihak pasangan sama-sama memakai cincin. Namun, ada juga tradisi lain yang mengatakan jika hanya perempuan saja yang harus menggunakan cincin tunangan.

Tradisi ini berasal anggapan jika pemakaian cincin tunangan adalah simbol penerimaan wanita   atas lamaran yang diajukan pasangannya. Maka, hanya wanita   yang mengenakan cincin tunangan itu.

Chat Whatsapp