Memahami Jenis Cincin Tunangan Berbahan Perak

Apabila Anda sedang mencari sebuah cincin tunangan dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemui, mungkin cincin tunangan berbahan perak dapat menjadi salah satu alternatif pilihan yang perlu Anda pertimbangkan.

Saat ini banyak orang lebih memilih perak dari pada emas sebagai bahan perhiasan, misalnya cincin. Bukan hanya karena harganya, namun perak dipilih karena memiliki sifat halus serta berkilau saat dipandang.

Sifat itulah yang menjadi alasan mengapa perak menjadi salah satu logam yang paling banyak diminati oleh para pengrajin perhiasan. Saat ini perak banyak dijadikan sebagai perhiasan seperti cincin tunangan, yang paling banyak diincar oleh pria maupun wanita.

Akan tetapi semua itu tidak lepas dari sifat perak yang sangat cocok jika dipadukan dengan berbagai jenis pakaian. Anda dapat mengenakan setelan formal maupun non formal saat menggunakan cincin tunangan berbahan perak ini.

Cincin perak akan memberikan kesan yang menarik dan matching saat dipadukan dengan pakaian apa saja, untuk Anda yang sangat mendambakan emas putih tetapi tidak dapat memilikinya, cincin tunangan dari perak ini dapat menjadi alternatif pilihan.

Selain itu, harga cincin perak juga lebih bersahabat daripada harga emas putih. Cincin perak juga cocok untuk Anda yang tidak memiliki budget yang tinggi namun ingin tampil memukau. Cincin perak ini juga mudah ditemui dimana saja, serta dapat dipadukan dengan aksen batu permata.

Alasan Perak Dijadikan Cincin Tunangan

Saat ini cincin perak sudah sangat populer dan banyak digunakan sebagai cincin tunangan. Hal tersebut tidak lepas dari berbagai alasan. Berikut ini kami akan ulas berbagai alasan mengapa cincin perak sering dijadikan sebagai cincin tunangan.

Anti korosi

Berbeda dengan logam mulia lainnya, perak memiliki bahan yang bersifat anti korosi. Dengan memiliki sifat yang tidak korosif ini, maka wajar jika perhiasan dari perak seperti cincin cenderung lebih awet daripada yang lainnya.

Maka tidak jarang jika para pengrajin perhiasan memiliki perak sebagai bahan utama mereka dalam membuat perhiasan.

Mudah dibentuk

Saat melakukan proses, perak menjadi salah satu bahan yang memiliki sifat paling mudah diubah menjadi berbagai macam bentuk. Hak ini sangat bermanfaat bagi pasangan calon tunangan yang menginginkan bentuk cincin yang tidak biasa atau unik.

Mudah disolder, dipoles dan dilapisi

Perhiasan yang berbahan perak juga mudah untuk disolder, dipoles maupun dilapisi dengan bahan apa saja. hal tersebut berpengaruh oleh warna asli perak yakni campuran abu-abu ke putih yang netral sehingga cocok jika dipadukan dengan warna apa saja.

Tidak hanya tetap cantik saat dipadukan dengan batu mulia dengan berbagai warna, perak juga dapat dilapisi dengan berbagai macam lapisan bahan sehingga cincin tetap akan terlihat unik dan pastinya berbeda dengan yang lainnya.

Harga jauh lebih murah

Perak sangat terkenal dengan harganya yang murah sehingga sudah populer di berbagai kalangan, seperti kalangan atas sampai kalangan bawah. Bahkan bahan perak ini juga jauh lebih murah dan relatif stabil dibandingkan dengan perhiasan yang memiliki bahan emas.

Apabila Anda dan pasangan tidak memiliki cukup budget untuk membeli cincin tunangan yang berbahan emas, mungkin cincin dengan material perak dapat menjadi pilihan yang bisa Anda beli.

Mencegah infeksi, iritasi serta termasuk anti mikroba

Cincin perak dapat dijadikan sebagai perhiasan cincin pada cincin tunangan karena memiliki sifat alami sebagai antimikroba serta anti iritasi. Dengan sifat tersebut, maka cincin tunangan yang terbuat dari perak akan aman saat bersentuhan dengan kulit yang sensitif.

Apabila Anda atau pasangan memiliki alergi saat memakai cincin tunangan yang berbahan logam mulia lain, cincin perak dapat Anda pilih karena aman saat dipakai untuk semua jenis kulit bahkan saat dipakai beraktifitas.

Dapat dijual kembali

Kemudian yang menjadi pertimbangan perak sebagai cincin tunangan adalah karena cincin perak dapat dijual kembali. Berbeda dengan cincin emas yang seiring berjalannya waktu, harga emas semakin murah bahkan tidak bisa dijual, kalau cincin perak justru sebaliknya.

Meski harganya tidak bisa dilawan dengan cincin mahal lainnya, tetapi harga perakyang relatif stabil dapat mencukupi.

Investasi perak memiliki nilai yang tinggi

Untuk harga cincin perak lebih relatif murah, namun banyak orang yang memilih menyimpan cincin perak sebagai sebuah investasi jangka panjang. Sebab cincin perak memiliki harga yang lebih stabil jika dibandingkan dengan harga emas yang lebih cenderung menurun setiap tahun.

Jika suatu hari Anda dan pasangan sedang memiliki kesulitan ekonomi, maka cincin tunangan perak ini dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Berapa Harga Cincin Tunangan Perak?

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa logam ini dapat dijadikan sebagai cincin tunangan, selanjutnya Anda juga harus tahu berapa kisaran harga cincin tunangan perak. Pada umumnya, setiap cincin di dalamnya memiliki kandungan logam yang berbeda-beda.

Kandungan perak dalam sebuah cincin tidak murni sebanyak 100 persen, melainkan terdapat campuran logam lainnya. Campuran logam tersebut bertujuan untuk memberikan kesan yang elegan dan indah pada cincin tunangan tersebut.

Dengan harga yang murah sudah bisa Anda dapatkan di toko cincin tunangan, saat mencari cincin dengan material yang berkualitas yaitu berada pada kisaran harga mulai dari 1,5 juta saja.

Sedangkan kisaran harga lainnya tergantung pada pengaruh lain seperti model, harga jasa, campuran logam yang ada di dalamnya. Namun cincin perak masih menempati posisi harga yang paling murah dari pada cincin tunangan yang memiliki bahan logam lainnya.

Jadi dapat dikatakan bahwa cincin perak sangat cocok untuk Anda dan pasangan yang hendak menghemat budget untuk acara tunangan.

Itulah ulasan singkat mengenai cincin tunangan berbahan perak mulai dari pengertian sampai harga cincin untuk ukuran pria maupun wanita. Perak memang memiliki harga yang relatif murah, tetapi bukan berarti cincin perak harus disepelekan.

Chat Whatsapp