Memakai Cincin Tunangan dari Perak, Bolehkah?

Jika menemui pertanyaan apakah boleh memakai cincin tunangan dari material perak? Maka jawabannya adalah Ya. bahan apapun yang dipakai sebagai cincin tunangan, selama mempunyai nilai estetik maka bisa digunakan. Walaupun begitu, hal yang tidak boleh dilupakan oleh kedua pihak adalah sepakat terlebih dahulu tentang material yang digunakan.

Perak saat ini bisa menjadi salah satu yang paling potensial untuk digunakan saat tunangan. Keahlian dari para perajin untuk membuat karya yang bernilai seni tinggi membuat bahan apapun bisa dipakai untuk cincin perak.

Cara Merawat Cincin Perak

Akan tetapi, dari segi perawatannya, cincin tunangan dengan bahan perak perlu perlakuan berbeda dibandingkan dengan berbahan emas. Jika Anda yang terbiasa menggunakan cincin emas, mungkin akan merasakan perbedaan dari segi perawatan. Berikut ini adalah tips dalam merawat cincin perak supaya tetap cantik walaupun lama dikenakan.

  • Membersihkannya Secara Teratur

Seperti halnya kebanyakan logam lain, perak juga punya daya sensitif terhadap asam. Jika cincin itu sering digunakan, tentu konsentrasi emas bisa terpengaruh oleh keringat yang setiap hari melekat padanya. Bersihkanlah secara teratur supaya tidak terlalu cepat pudar warnanya.

Salah satu bagian yang seringkali ditemukan pudar dengan cepat adalah bagian dalam cincin karena langsung bersentuhan dengan kulit Anda. Jika konsentrasi asam yang terlalu tinggi, maka mungkin saja bagian atasnya juga terpengaruh. Oleh karena itu, lakukanlah pembersihan secara rutin supaya kualitasnya terjaga.

  • Cucilah Dengan Sabun Dengan Konsentrasi Rendah

Cara menurunkan tingkat konsentrasi sabun yaitu dengan mencampurkan air dengan jumlah lebih banyak. Sebaiknya, perbandingan sabun dan air adalah 1:50 Jika Anda ingin membersihkan jenis perhiasan perak. Dengan konsentrasi rendah, asam sudah bisa dibersihkan dari permukaan cincin.

Apabila Anda memakai konsentrasi sabun yang terlalu tinggi, hal itu justru bisa merusak permukaannya. Oleh karenanya, pastikan dengan teliti setidaknya sabun yang dipakai sudah memang cukup encer. Sangat disayangkan jika perhiasan berharga Anda menjadi rusak, hanya karena salah dalam perawatannya.

  • Mencucinya Dengan Air Hangat

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah mencuci cincin perak dengan air hangat, dengan tujuan membersihkan nodanya agar lebih efektif. Dengan penambahan sabun dan air hangat, noda yang menempel kuat bisa diangkat dengan mudah bahkan hingga pada celah terkecilnya.

Anda juga dapat meredam dahulu supaya suhunya jadi dingin dengan alami. Cara tersebut dapat dilakukan jika memang noda sudah ada di celah perhiasan dan sangat sulit dijangkau bahkan dibersihkan dengan cara yang biasa.

  • Menggunakan Sikat Dengan Bulu Halus

Selanjutnya, Jika Anda masih sulit membersihkan noda di cincin perak maka boleh memakai sikat gigi dengan tekstur bulu halus. Hal tersebut harus diperhatikan supaya permukaan perak tidak tergores saat dibersihkan. Jadi, kualitas dari perhiasan itu akan tetap terjaga.

Jangan menyikat permukaan cincin terlalu keras, supaya kondisinya tidak semakin buruk. Usahakan hanya melakukan pengikatan di bagian yang memang terkena kotoran supaya tidak berpengaruh terhadap bagian lainnya juga. Menggunakan sikat hanya dilakukan saat memang benar-benar kesulitan membersihkan noda yang ada.

Kesimpulannya, memakai cincin perhiasan dari perak untuk tunangan sebenarnya sah-sah saja. Hal yang patut diperhatikan adalah bagaimana cara merawat cincin perak tersebut supaya tetap terjaga dan bisa bertahan lama. Jika perawatan dilakukan dengan seksama, maka kedepannya harga cincin mungkin masih tetap tinggi dan tetap menguntungkan Anda jika memang menjualnya di kemudian hari.

Chat Whatsapp