Membeli Cincin Kawin, Gunakan Cara Ini

Membeli cincin kawin bukanlah perkara sederhana. Salah membeli cincin bisa menimbulkan penyesalan yang berujung lama. Oleh karena itu pastikan untuk mempertimbangkan semua hal dengan matang sebelum membeli cincin kawin yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Cincin Kawin?

Waktu yang tepat untuk membeli cincin kawin adalah sebulan sebelum menikah agar Anda tidak terburu-buru dengan waktu. Namun waktu ini bukanlah patokan yang harus diikuti karena waktu yang tepat sebenarnya adalah yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Jika memang budget baru bisa digunakan dua minggu atau satu minggu sebelum hari pernikahan, maka hal itu pun tidak jadi masalah. Akan tetapi, penting sekali bagi Anda untuk merencanakan pembelian cincin sekitar 3 hingga 4 bulan sebelum pernikahan. Karena perencanaan tidak membutuhkan biaya, maka tidak ada salahnya untuk melakukannya lebih awal.

Merencakan cincin kawin yang tepat akan membantu Anda mendapatkan cincin dengan model yang pas dengan budget, ukuran yang sesuai dengan jari bahkan jika diperlukan Anda bisa menanyakan potongan harga dari penjual jika ada.

Pertimbangan Sebelum Membeli Cincin Kawin

  • Budget yang Diperlukan

Harga cincin kawin sangat erat kaitannya dengan jumlah karat yang digunakan pada cincin tersebut. Semakin besar jumlah karatnya maka akan semakin mahal harga cincinnya. Hal ini harus menjadi pertimbangan agar Anda bisa menyesuaikan budget yang ada dengan cincin yang ingin dibeli.

Selain jumlah karat pada emas, desain cincin juga mempengaruhi harga. Semakin rumit desainnya, maka akan semakin mahal harganya. Hal ini bisa menjadi patokan bagi Anda saat membeli cincin kawin agar tidak terperangkan dengan harga yang tidak masuk akal. Pastikan bahwa kualitas cincin serta desain cincin yang Anda beli sesuai dengan harga yang ditawarkan.

  • Desain yang Diinginkan

Meskipun sudah banyak sekali desain cincin yang bisa dipilih, Anda bisa memesan cincin dengan model custom apabila Anda sudah bosan dengan semua model yang ada dan ingin memberikan hadiah yang lebih menarik untuk pasangan.

Berikan detail mengenai model custom yang Anda inginkan dan pastikan untuk menyiapkan budget yang cukup karena cincin custom cenderung lebih mahal. Anda pun harus menunggu lebih lama jika model cincin yang Anda inginkan cukup rumit.

  • Bahan yang Akan Digunakan

Ada berbagai pilihan bahan yang bisa digunakan untuk membuat cincin nikah diantaranya adalah emas kuning, emas putih, rose gold, platinum, palladium dan perak. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa mengenali terlebih dahulu karakteristik masing-masing logam tersebut dan berapa harganya agar Anda bisa menentukan mana yang paling pas untuk cincin nikah Anda.

Haruskah Membeli Cincin Berlian?

Meskipun cincin berlian sangat populer karena keindahannya, Anda tidak perlu memaksakan diri membeli cincin berlian karena memang sesederhana apapun modelnya, cincin berlian tetaplah mahal. Jika Anda mampu membeli cincin berlian, pastikan bahwa berlian tersebut asli.

Tidak semua berlian memiliki sertifikat resmi GIA karena sertifikat tersebut hanya diberikan pada berlian yang berukuran diatas 0.50 ct. Jadi jika berlian yang akan Anda beli tidak bersertifikat tidak berarti bahwa berlian tersebut tidak asli.

Anda bisa mencari tahu mengenai keaslian berlian salah satunya adalah dengan melihat pantulan cahayanya. Apabila Anda ingin membeli cincin berlian dengan harga murah, pilihlah cincin yang kadar emasnya rendah, ukuran berliannya rendah serta warna dan potongannya tidak terlalu bagus agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Chat Whatsapp