Memilih Cincin Pernikahan Sesuai Impian

Cincin pernikahan biasanya dipakai seumur hidup karena dianggap sebagai benda yang sangat berharga. Oleh karena itu, memilih cincin pernikahan tidak bisa sembarangan. Model dan ukurannya harus mampu bertahan melawan perkembangan zaman karena Anda akan bertambah tua setiap harinya. Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan agar Anda bisa mendapatkan cincin pernikahan yang tepat.

Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Cincin

  • Tentukan Budget

Tidak bisa dipungkiri bahwa budget merupakan pertimbangan utama sebelum membeli cincin. Dari budget inilah Anda bisa menentukan cincin seperti apa yang nanti akan Anda beli. Jumlah budget membatasi model cincin yang bisa Anda miliki. Semakin banyak budget yang ada maka semakin banyak pula pilihan cincin yang bisa Anda beli.

  • Pilih Model

Setelah budget ditentukan, Anda kemudian bisa memilih model cincin seperti apa yang diinginkan. Jika budget Anda pas-pasan, maka Anda bisa memilih cincin dengan model yang sederhana karena cincin dengan desain yang rumit biasanya harganya lebih mahal.

Cincin klasik dengan satu band tanpa hiasan apapun adalah model cincin paling sederhana. Cincin ini bisa menjadi lebih mewah jika Anda menggunakan kadar emas yang tinggi.

  • Kenali Bahan

Tidak hanya memilih model, Anda juga harus memilih bahan apa yang akan digunakan pada cincin kawin. Ada tiga jenis bahan utama yang paling sering dipakai pada pembuatan cincin kawin diantaranya adalah emas, palladium dan platinum. Emas merupakan logam mulia yang paling diminati sehingga harganya cenderung lebih mahal dari yang lain. Emas memang memberikan kesan mewah tersendiri dari tampilannya sehingga peminatnya pun terus bertambah.

Platinum merupakan pilihan yang tepat jika kulir Anda sensitif terhadap logam seperti emas. Platinum bersifat anti alergi sehingga tidak menimbulkan rasa gatal pada kulit. Bahan platinum kualitasnya lebih bagus dan lebih kokoh dibandingkan dengan emas.

Palladium memberikan solusi bagi Anda yang ingin membeli cincin kawin dengan harga murah namun tetap tetap memberikan kualitas bagus. Meskipun murah, palladium merupakan logam yang kuat, tahan lama, kokoh dan tidak mudah rusak. Anda tidak perlu khawatir cincin mudah tergores saat menggunakan palladium.

  • Tentukan Ukuran

Jika semua bahan dan model sudah ditentukan, saatnya Anda menentukan ukuran. Ada banyak cara mengukur cincin agar pas dengan jari. Anda bisa menggunakan ukuran yang ada pada toko emas tempat Anda membeli cincin. Anda juga bisa mengukurnya menggunakan bagan yang bisa diunduh melalui internet. Pastikan ukuran cincin tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar agar bisa nyaman dipakai.

Pilih Cincin Nikah Terbaik

Cincin terbaik bukanlah cincin yang paling mahal, namun yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Cincin nikah yang Anda beli selain harus memiliki desain yang Anda sukai juga harus mudah dirawat agar memudahkan Anda dalam menggunakannya. Umumnya, logam mulia harus dirawat dengan beberapa cara khusus agar tetap berkilau dan tidak mudah kusam.

Rasa nyaman saat memakai cincin juga harus diperhatikan karena cincin nikah akan dipakai seumur hidup. Anda kemungkinan besar akan memakainya saat melakukan aktivitas sehari-hari sehingga model cincin harus praktis. Cincin dengan model yang terlalu rumit biasanya kurang nyaman dipakai sehingga Anda mungkin akan lebih sering melepasnya.

Dengan mempertimbangkan beberapa hal, Anda bisa mendapatkan cincin nikah impian yang bisa dengan nyaman dipakai seumur hidup Anda tanpa harus merasa tidak nyaman baik dengan model maupun ukurannya.

Chat Whatsapp