Mengenal Lebih dalam Tentang Cincin Emas Kawin

Emas menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam bentuk perhiasan, seperti cincin kawin. Meski cincin emas kawin terkenal dengan harganya yang cukup mahal, namun kualitas dari cincin kawin tersebut sebanding dengan budget yang harus dikeluarkan.

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan cincin emas kawin simak ulasan di bawah ini.

Lunak dan Mudah Dibentuk

Kelebihan yang paling umum diketahui banyak orang yakni emas menjadi salah satu logam mulia yang memiliki sifat lunak, bahkan lebih lunak daripada perak. Dengan memiliki sifat tertentu emas akan lebih mudah dibentuk dengan berbagai macam bentuk cincin yang unik.

Mudah Ditemukan

Maka tak heran jika di toko perhiasan, rata-rata yang dijual adalag perhiasan dengan bahan dasar emas. Semua didukung oleh fakta bahwa emas memang sangat mudah ditambang dan diolah menjadi perhiasan.

Memilili Beragam Pilihan Jenis

Anda pasti sudah familiar dengan sebutan emas kuning dan emas putih. Kedua jenis tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Tidak hanya lunak dan mudah ditemukan, tetapi cincin kawin emas juga memiliki beragam jenis pilihan yang dapat dipilih.

Aturan Besaran Gram Cincin Kawin

Tidak pernah ada aturan yang mengatakan berapa pasti besar gram pada cincin kawin. Hal ini pasti akan berpengaruh langsung terhadap berapa besarnya berat emas berdasarkan bentuk dari cincin tersebut.

Secara umum, cincin emas kawin memiliki berat sebesar 3,5 gram. Aturan dari cincin kawin sebesar 3,5 gram yang sering dipakai secara umum sudah menjadi besaran angka yang paling tepat. Sebab beratnya yang cukup ringan sehingga tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cincin emas kawin yang memiliki berat 3,5 gram ini bukanlah sebuah patokan yang harus Anda ikuti. Anda dapat memilih cincin emas yang memiliki berat di bawah angka tersebut karena akan tergantung pada budget serta kemampuan masing-masing.

Hubungan Besar Gram dengan Kadar Emas

Banyak orang yang tidak menggubris hal penting yang satu ini saat membeli cincin emas kawin. Kebanyakan mereka hanya melihat cincin dari segi tampilannya yang tampak mewah, elegan maupun glamor. Sehingga mereka tidak menyadari bahwa besarnya kadas emas juga memiliki peranan penting dalam dunia perhiasan.

Kadar emas menjadi suatu jumlah emas yang terkandung di dalam sebuah perhiasan. Kita bisa ambil contoh ada sebuah perhiasan yang dikatakan mengandung 80% emas. Hal tersebut berarti bahwa 80% dari suatu kandungan dalam perhiasan adalah logam muliah berupa emas.

Sedangkan sisanya sebanyak 20% merupakan kandungan bahan lainnya yang sudah menjadi campuran contoh nikel dan tembaga. Emas memiliki tingkatan karat yang berbeda-beda yang meliputi 24 karat, 22 karat, 18 karat hingga 9 karat yang paling kecil.

Selain itu, pertimbangan berupa cocok tidaknya cincin tersebut dipakai dalam kegiatan sehari-hari juga berhubungan dengan kadar karat. Jika Anda memilih membeli cincin kawin emas 24 karat, rasanya bukan menjadi pilihan yang benar, karena akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jadi sebelum Anda membeli cincin emas, ada baiknya Anda pertimbangkan kadar karat dan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki dan pastinya disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Kadar Emas untuk Cincin Kawin

Kadar emas pada cincin kawin juga bukan menjadi patokan yang harus Anda utamakan. Karena kadar emas sudah disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing. Misalnya pada contoh emas 24 karat yang memang tidak cocok untuk Anda pakai di kegiatan sehari-hari.

Dalam hal ini kesimpulannya bahwa tidak pernah ada aturan baku yang mengatakan dengan pasti patokan kadar emas yang dipakai pada cincin kawin. Kadar emas sampai berat yang ada pada cincin kawin sudah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pengantin.

Jenis-jenis Batu Permata Untuk Cincin yang Elegan dan Glamor

Berlian

Batu permata ini paling banyak dijadikan pilihan untuk menghiasi cincin emas milik Anda. Berlian sendiri merupakan mineral yang paling keras di bumi dan kemudian dibentuk sedemikian rupa dan secara alamu memantulkan cahaya di sekitarnya.

Amethyst

Untuk Anda yang lahir pada bulan Februari pasti Anda akan sangat cocok dengan batu permata ini. Sebab memiliki warna yang cantik yaitu ungu dan lebih terkesan lembut membuat batu permata ini tidak kalah populer dengan batu permata yang lainnya.

Terlebih saat mengetahui bahwa warna ungu sangat erat dikaitkan dengan sejarah raja, ratu dan para keluarga kerajaan. Hal ini yang membuat batu permata Amethyst kian digandrungi banyak orang.

Chat Whatsapp