Mengetahui Fakta Unik Cincin Nikah Dalam Sebuah Pernikahan

Sudah ada zaman dahulu kala sampai saat ini cincin nikah selalu disebut sebagai simbol yang paling penting sebagai tanda ikatan dalam suatu pernikahan. Namun apakah anda tahu bahwa cincin tersebut bukan hanya menjadi ciri khas untuk symbol pernikahan saja, namun juga menyimpan berbagai macam fakta yang unik yang ada di dalamnya. Apa saja fakta unik tersebut? Berikut ini sudah kami ringkas secara lengkap.

1. Cincin Nikah Itu Wajib Disemarkan Pada Jari Khusus

Di beberapa negara seperti Kanada, Amerika, Prancis dan Inggris, bahwa cincin nikah itu hanya bisa disematkan pada jari manis bagian kiri saja. Masyarakat di negara tersebut bahwa jati manis kiri baik wanita maupun pria ada syaraf yang hubungannya langsung pada hati. Dengan demikian, selamanya hati yang memiliki jari tersebut hanya bisa dimiliki oleh orang yang menyematkan cincin di jari manisnya tersebut.

Hal sebaliknya juga berbalik di negara Jerman, Norwegia, India. Di sana cincin pernikahan wajib disematkan di bagian jari manis yang ada di sebelah kanan.

2. Cincin Pernikahan Bukan Sekedar Ikatan Antara Pasangan Saja

Apabila anda lebih dalam memaknai cincin pernikahan dan pertunangan sebagai simbol suci pertunangan maupun pernikahan. Ternyata beda sekali. Dulu di pertama kalinya cincin tersebut merupakan simbol suci juga simbol dari status sosial dan kemapanan dari pasangan pria.

3. Cincin Pernikahan Untuk Pengikat Pasangan

Upacara pernikahan dan pertunangan memang populer sejak perang dunia kedua. Setelah bertunangan, maka pihak pria wajib menggunakan cincin setiap saat. Ini memang diwajibkan semenjak pria itu diwajibkan untuk pergi perang. Cincin yang sudah disematkan oleh pasangan pria di jari perempuannya adalah tanda bahwa mereka memiliki komitmen menikah paska pula dari perang nantinya.

4. Cincin Itu Tidak Harus Disematkan Langsung Di Jari Tangan

Apabila pada umumnya suatu acara pernikahan pasangan pria akan menyematkan cincin nikah di jari manis tangan kiri maupun kanan pasangan wanita. Maka hal semacam ini tidak akan anda temukan di upacara pernikahan yang ada di tradisi Hindu. Di tradisi nikah umat hindu, pasangan pria tidak akan menyematkan cincin di jari tangan pasangan perempuannya, namun di jari kakinya.

5. Budaya Tukar Cincin Di Pernikahan Perak

Di negara Rumania, pasangan pria maupun wanita akan kembali tukar cincin di usia nikah yang ke-25. Tukaran cincin ini bertujuan untuk mengenang lagi di masa indah bersatunya mereka di ikatan suci pernikahan di 25 tahun yang lalu. Di prosesi pertukaran cincin tersebut, pasangan pria maupun wanita tukar cincin lagi namun jenis cincin yang digunakan menggunakan bahan perak.

Itulah fakta unik dari cincin nikah di acara pernikahan yang selama ini beredar di dunia. Sebenarnya semua kebudayaan dalam acara pernikahan tergantung anda tinggal di mana. Yang terpenting adalah setiap kali anda akan melaksanakan pernikahan maka persiapkan cincinnya jauh-jauh hari agar nanti bisa mendapatkan jenis cincin yang sesuai keinginan.

Biar anda tak kebingungan dalam mempersiapkan jenis cincin yang cocok dipakai, maka sebelumnya konsultasikan dengan pasangan agar sesuai dan tidak mengecewakan. Lalu anda bisa langsung bertanya atau memesan cincin tersebut pada kami dengan mengunjungi Wijaya Jewelry. Di sana akan menemukan beragam jenis cincin nikah yang bisa anda pilih baik dari bentuk, desain maupun harganya. Di Wijaya Jewelry anda tidak akan menyesal untuk memesan dan membeli cincin di acara pernikahan anda yang sakral.

Chat Whatsapp